Sehat dan Bugar

Kiat Bebas Badan Lemas untuk Petugas Penyelenggara Pemilu

Krisna Octavianus Dwiputra, 17 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Besok petugas penyelenggara Pemilu akan bekerja keras demi suksesnya pencoblosan. Anda termasuk? Ini tips bertugas bebas badan lemas!

Kiat Bebas Badan Lemas untuk Petugas Penyelenggara Pemilu

Besok adalah hari pesta demokrasi Indonesia, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) Pileg dan Pilpres 2019! Hampir seluruh masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong ikut memberikan suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditentukan, demi masa depan Indonesia yang (semoga) lebih baik! Nah, besok Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau petugas penyelenggara pemilu akan bekerja keras. Termasuk Anda? Jika ya, ketahui kiat bebas badan lemas saat dan setelah bertugas.

Sedikit gambaran, meski KPPS sebagai penyelenggara berada di tingkat bawah, tetapi mereka adalah ujung tombak dalam kesuksesan pemilu, lho! Anggota KPPS atau petugas penyelenggara pemilu biasanya adalah orang-orang yang aktif di lingkungan RT atau RW. pada hari H sejak pagi mereka akan melayani warga yang ingin mencoblos, yang juga bekerja sama dengan pengawas dan para saksi dari peserta pemilu. Belum lagi banyaknya segala persiapan yang dipersiapkan beberapa hari sebelumnya, hingga memastikan dari awal pencoblosan sampai penghitungan berjalan lancar.

Dari penjelasan di atas, bisa dibayangkan aktivitas mereka bisa begitu melelahkan. Badan lemas pun rentan terjadi. Oleh karena itu, jika Anda atau orang-orang di sekitar merupakan anggota KPPS atau siapa pun yang bertugas dalam proses pemungutan suara esok, ketahui kiat agar bebas dari badan lemas.

Kiat atasi badan lemas

Supaya tetap fit sampai tugas selesai, lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Istirahat cukup

Kurang istirahat sangat mungkin dialami oleh petugas penyenggara Pemilu. Padahal, untuk mengatasi badan lemas, yang pertama harus dilakukan adalah istirahat yang cukup sekitar 7-8 jam per hari.

“Istirahat yang cukup bisa membantu tubuh kembali segar dan bugar," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Saat istirahat, pastikan tidak ada yang membuat Anda terganggu. Anda bisa meredupkan cahaya, memastikan kamar tidur sunyi, dan atur smartphone ke dalam pengaturan silent, atau jika perlu matikan sekalian.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Keasyikan melayani warga yang mencoblos dan melakukan penghitungan suara, bukan tidak mungkin para petugas KPPS lupa minum sehingga mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani dehidrasi bisa memicu kondisi badan lemas. Untuk mencegahnya, pastikan selalu memperhatikan ketersediaan air minum di lokasi bertugas.

"Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih sekurang-kurangnya 2 liter per hari,” kata dr. Dyan singkat.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi

Mencukupi nutrisi juga menjadi salah satu senjata ampuh bebas badan lemas. Anda yang bertugas disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan nilai gizi lengkap dan seimbang, bukannya makanan cepat saji.

Anda mungkin bisa menambahkan pisang dalam aktivitas makan Anda saat bertugas. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pisang kaya akan kalium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menangkal badan lemas.

4. Olahraga

"Olahraga rutin bisa membuat peredaran darah menjadi lancar dan otomatis badan lemas yang dirasakan bisa berkurang," ujar dr. Dyan. Anda bisa berlari, jalan kaki, atau bersepeda. Menurut para ahli, Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit per hari.

Itulah beberapa kiat bebas badan lemas untuk Anda yang menjadi petugas penyelenggara Pemilu. Meski demikian, Anda juga harus cek apakah keluhan badan lemas yang Anda rasakan. Jika terjadi berkepanjangan, bisa jadi itu merupakan gejala anemia atau kondisi medis lainnya. Untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter.

(RN/ RVS)

tidurNutrisiPemiluBadan LemasAnemia

Konsultasi Dokter Terkait