Darah

8 Gejala Anemia yang Tidak Boleh Diabaikan

Krisna Octavianus Dwiputra, 15 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anemia atau kurang darah memiliki gejala yang khas. Berikut ini beberapa gejala anemia yang tak boleh Anda abaikan.

8 Gejala Anemia yang Tidak Boleh Diabaikan

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang biasanya identik dengan rasa lemas berlebihan dan wajah yang pucat. Selain itu, ada banyak gejala anemia yang mesti Anda ketahui.

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, anemia adalah suatu keadaan yang menggambarkan kadar hemoglobin atau jumlah eritrosit dalam darah kurang dari batas normal.

Gejala anemia pun dapat bervariasi, bergantung pada jenis, penyebab, keparahan penyakit dan penyakit lain yang mendasari, seperti adanya perdarahan, luka pada lambung, gangguan haid dan kanker. Berikut ini adalah beberapa gejala dari anemia melansir dari Reader’s Digest:

  1. Sering kehabisan napas atau pusing

Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak dapat memproduksi protein yang disebut hemoglobin guna memungkinkan oksigen untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Akibatnya, gejala anemia yang muncul adalah sulit bernapas dan terkadang oksigen di kepala sangat sedikit, sehingga orang yang mengalami anemia akan merasa pusing.

  1. Mudah lelah

Seperti disebutkan sebelumnya, kelelahan adalah gejala anemia yang paling sering terjadi. Kelelahan disebabkan oleh proses yang sama hingga menyebabkan sesak napas dan pusing.

Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak memiliki cukup hemoglobin, sehingga tidak cukup oksigen untuk metabolisme tubuh.

  1. Kulit terlihat lebih pucat

Jika Anda tidak memiliki sel darah merah yang sehat, metabolisme tubuh tidak dapat berjalan dengan baik. Tak heran, akibatnya kulit pun terlihat lebih pucat karena distribusi sel darah ke kulit tidak merata.

  1. Sakit di dada

Ketika ada lebih sedikit sel darah merah sehat yang beredar, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan Anda mungkin mulai merasakan ketegangan akibat dari nyeri dada tersebut.

Gejala ini sangat berbahaya bagi Anda yang memiliki masalah jantung. The National Heart, Lung, and Blood Institute melaporkan bahwa ketika jantung Anda harus bekerja lebih keras, detak jantung pun menjadi tidak teratur, jantung membesar, atau bahkan gagal jantung.

Selanjutnya

  1. Kehilangan banyak darah

Mengalami anemia akibat kehilangan darah bisa juga terjadi karena alasan yang berbeda, salah satunya bisa karena hamil. Wanita hamil sangat rentan terhadap anemia karena tubuhnya harus memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tanpa cukup zat besi, vitamin B12, atau folat, produksi sel darah merah sehat juga menjadi lebih sedikit. Akibatnya, tubuh menjadi lemas.

  1. Menginginkan es batu dan makanan ringan aneh lainnya

Mungkin salah satu gejala anemia yang paling tidak biasa adalah kecenderungan Anda untuk mendambakan makanan atau camilan yang tidak bergizi seperti es batu dan kue.

Menariknya adalah bahwa dokter dan peneliti masih belum tahu mengapa pasien anemia kadang sangat membutuhkan mengunyah atau mengonsumsi zat makanan yang tidak biasa. Namun, Andrew Artz, MD, salah satu peneliti dari University of Chicago, mengatakan hal ini adalah gejala anemia defisiensi besi yang sangat umum.

  1. Tangan dan kaki terasa dingin

Jika merasa tangan dan kaki lebih dingin dari biasanya, bisa jadi tandanya Anda kekurangan zat besi atau anemia. Sebab, ketika anemia, Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh.

Pada akhirnya, zat besi yang kemudian membantu sel-sel darah ini mengirimkan panas dan nutrisi ke seluruh sel tubuh. Jadi, ketika memiliki kekurangan, Anda lebih rentan merasa kedinginan.

  1. Denyut jantung tidak teratur

Palpitasi jantung atau jantung berdetak lebih cepat dari biasanya adalah tanda anemia defisiensi besi. Menurut Healthline, orang yang anemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, yakni protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Artinya, tanpa hemoglobin yang cukup, jantung harus bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Inilah yang menyebabkan perasaan bahwa jantung Anda berdetak tidak teratur atau lebih cepat.

Demikianlah tanda atau gejala anemia yang tak boleh Anda abaikan. Jika merasakan berbagai kondisi di atas, lebih baik segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan demikian, aktivitas Anda pun tidak akan terganggu.

[NP/ RVS]

kelelahanWanita HamilJantungKurang darahGejala AnemiaSulit BernapasNyeri DadaPusingHamilAnemia