Sukses

Ini Dia Tips Menyusui Bayi Kembar

Menyusui bayi kembar bukanlah hal yang mudah, dan cukup menyulitkan bagi sebagian ibu. Ketahui beberapa tipsnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Meski terlihat lucu dan menggemaskan, sebenarnya memiliki bayi kembar bukanlah hal yang mudah. Sebagai ibu, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk mengandung, melahirkan, merawat, serta untuk menyusui mereka. Menyusui bayi kembar bukan hal mudah, dan cukup menyulitkan sebagian ibu. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, menyusui bayi kembar membutuhkan persiapan yang dimulai sejak masa kehamilan.

“Selama mengandung bayi kembar, para ibu sebaiknya mengikuti kelas latihan menyusui, mempelajari cara menyusui bayi kembar dari buku dan sumber lainnya. Anda juga bisa bertanya pengalaman ibu lain yang pernah memiliki dan menyusui bayi kembar.”

Dengan persiapan yang baik sejak masa kehamilan, kata dr. Reza, ibu yang akan memiliki bayi kembar akan lebih mengerti bagaimana cara untuk memulai menyusui bayi kembarnya. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

1. Setiap bayi adalah unik

Ingat, setiap bayi adalah unik, meskipun mereka terlahir kembar. Itu artinya, mereka akan memiliki kebutuhan yang berbeda dan menghadapi tantangan yang berbeda pula dalam hal menyusui. Jadi pastikan Anda memperhatikan kebutuhan keduanya. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memperhatikan kedua bayi Anda saat sedang menyusu.

2. Pilih posisi menyusui

Dikutip dari Babyologist, ada beberapa posisi menyusui pada bayi kembar. Anda dapat memilih posisi menyusui yang paling nyaman dan sesuai bagi Anda dan bayi.

  • Posisi silang (double-cradle hold)

Tempatkan kedua bayi di pangkuan. Bayi yang menyusu di payudara kanan kakinya menghadap ke kiri, sedangkan bayi yang menyusu di payudara kiri kakinya menghadap ke kanan. Dengan begitu kaki kedua bayi menyilang di atas pangkuan.

  • Posisi seperti mengimpit dua tas di ketiak (double-clutch hold)

Tempatkan bantal di kedua sisi tubuh. Tempatkan bayi di atas bantal tersebut; satu di kanan dan lainnya di sebelah kiri. Posisikan kepala mereka di depan payudara, sedangkan badan dan kaki mereka menjulur ke belakang tubuh ibu dengan melewati ketiak. Lalu, kempit lembut badan mereka menggunakan siku seperti sedang mengempit tas pesta di ketiak. Tempatkan telapak tangan di belakang kepala masing-masing bayi untuk menyokongnya dan menjaga kepala mereka sejajar dengan puting.

  • Posisi kombinasi (cradle-clutch hold)

Posisi ini merupakan kombinasi dari kedua posisi di atas. Salah satu bayi dikempit di ketiak, dan yang satunya lagi diposisikan di pangkuan.

3. Memberi ASI dari kedua payudara bergantian

dr. Reza menyarankan untuk memberikan ASI kepada setiap bayi dari kedua payudara secara bergantian. “Anda dapat memberikan masing-masing bayi satu payudara dan menukarnya pada saat menyusui berikutnya, atau memberikan masing-masing bayi satu payudara dan menukar posisinya pada keesokan harinya,” kata dr. Reza.

Pertukaran payudara ketika menyusui bayi, khususnya pada bayi kembar, sangat membantu untuk meningkatkan produksi ASI jika salah satu bayi tidak menyusu terlalu banyak. “Hal ini juga dapat memberikan arah pandangan yang berbeda bagi bayi untuk menstimulasi mata mereka,” dr. Reza menjelaskan.

4. Rajinlah menyusu dan memompa ASI

Jika Anda tidak menghasilkan ASI yang cukup untuk menyusui, tetapi ingin terus menyusui bayi Anda, Gromada mengatakan sangat penting untuk menyusui atau memompa secara efektif setidaknya delapan kali dalam 24 jam. Jarang menyusui atau memompa ASI akan menyebabkan penurunan produksi susu secara bertahap. Oleh karena itu, semangati diri Anda untuk terus menyusui atau memompa, meski tidur nyenyak di malam hari tampaknya sungguh menggoda.

5. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Sangat normal bila Anda merasa kewalahan ketika memiliki lebih dari satu bayi baru lahir. Karena itu pula, tak jarang ibu baru berisiko lebih tinggi untuk mengalami depresi pasca persalinan. Oleh karena itu, terima tawaran bantuan, dan jangan takut untuk meminta pertolongan saat Anda membutuhkannya. Bersabarlah dengan diri Anda sendiri (dan bayi Anda). Beri diri Anda waktu untuk mencari tahu cara menyusui bagi kedua bayi Anda.

Menyusui adalah tahap yang penting, sekaligus berat pada beberapa ibu yang punya bayi kembar. Karena itu, pastikan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung dan memberikan energi positif. Selain itu, Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas agar proses menyusui bayi kembar Anda terasa lebih menyenangkan. Dapatkan juga tips menyusui bayi kembar lainnya dari artikel ini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar