Sukses

8 Ide Bekal Sehat Sebelum Olahraga Lari

Sebelum melakukan olahraga lari, Anda memerlukan asupan yang memadai. Jadi, jangan lupakan bekal sehat untuk menunjang aktivitas lari Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Akhir pekan saat yang tepat untuk berolaharaga, setelah 5 hari sibuk bekerja. Biasanya, orang memilih olahraga lari yang memang mudah dilakukan sekaligus sedang tren saat ini. Sebelum melakukannya, yuk siapkan bekal sehat untuk dikonsumsi! Asupan yang baik berguna untuk menambah stamina Anda saat lari.

Selain mudah dan murah, lari memang memiliki banyak manfaat ketika dilakukan. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter, lari merupakan salah satu macam olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jatung.

Nah, agar manfaat yang Anda peroleh lebih optimal, berikut adalah beberapa makanan yang bagus dikonsumsi sebelum olahraga lari:

  1. Telur

Satu telur memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan protein harian Anda. Protein dalam telur mengandung semua asam amino penting yang dibutuhkan otot tubuh. Pada akhirnya, protein dalam telur bisa membantu pemulihan otot dan membantu otot tidak terlalu lelah setelah olahraga lari.

Soal kolesterol dalam telur, tak perlu Anda khawatirkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemakan telur memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung daripada mereka yang menghindari telur.

  1. Almond

Salah satu manfaat olahraga lari adalah menjaga kesehatan jantung. Namun, manfaatnya bisa lebih terasa bila Anda mengonsumsi kacang almond sebelum memulai lari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang almond beberapa kali dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol, khususnya jenis kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang bisa menyumbat arteri. Atau dalam kata lain, almond cukup efektif dalam membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Sereal gandum utuh dengan protein

Sementara banyak sereal yang terbuat dari biji-bijian olahan dan dicampur dengan gula, pilihlah sereal gandum yang menawarkan setidaknya 5 gram serat dan setidaknya 8 gram protein.

Serat makanan dari biji-bijian membantu mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu fungsi usus yang sehat. Sehingga, pencernaan pun menjadi lebih lancar.

  1. Jeruk

Ini mungkin mengejutkan karena biasanya jeruk dihindari sebelum olahraga karena dipercaya bisa membuat perut perih, terutama jeruk yang asam. Akan tetapi, makan jeruk yang cukup bisa menurunkan risiko nyeri otot setelah olahraga berat seperti berlari.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Roti gandum utuh

Pelari membutuhkan setidaknya 3 hingga 6 porsi biji-bijian sebanyak satu ons dalam sehari, dan makan roti gandum utuh adalah cara mudah untuk menggantikannya. Menariknya lagi, roti gandum membantu pelari menurunkan berat badan.

Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang makan roti gandum memiliki berat badan lebih baik dibanding mereka yang makan roti putih halus.

  1. Ayam

Pelari membutuhkan sekitar 50-75 persen lebih banyak protein daripada orang yang tidak rutin berlari. Sebab, mengonsumsi ayam bisa membantu membangun kembali otot dan meningkatkan pemulihan setelah latihan yang berat seperti lari.

Selain protein, ayam mengandung selenium, sebuah elemen kecil yang membantu melindungi otot dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat terjadi selama lari. Tak hanya itu, ayam mengandung niacin dan vitamin B yang membantu mengatur pembakaran lemak selama berlari.

  1. Yoghurt

Selain menjadi sumber protein dan kalsium yang baik, mengonsumsi yoghurt dapat menambah jumlah bakteri sehat yang dibutuhkan saluran pencernaan Anda agar berfungsi optimal. Bakteri yang baik ini mungkin juga memiliki kekuatan antiinflamasi yang dapat meringankan penderita artritis atau radang sendi.

  1. Cokelat hitam

Cokelat mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian lain menunjukkan bahwa flavonol pada cokelat meredakan peradangan dan membantu mencegah zat darah menjadi lengket, sehingga berbahaya bagi tubuh.

Namun, bukan sembarang cokelat yang bisa digunakan. Pertama, pilih cokelat hitam yang umumnya mengandung lebih banyak flavonol daripada cokelat susu. Selain itu, cara biji kakao diproses juga harus diperhatikan, karena dapat memengaruhi potensi flavonol.

Nah, itu adalah deretan makanan yang bisa Anda bawa sebagai bekal sehat sebelum melakukan olahraga lari. Selain dapat menunjang stamina saat berlari, berbagai menu di atas juga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar