Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumSuka Bawa Bekal? Perhatikan Ini Sebelum Beli Kotak Makan
Kesehatan Umum

Suka Bawa Bekal? Perhatikan Ini Sebelum Beli Kotak Makan

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 13 Apr 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan salah pilih kotak makan, agar bekal yang Anda bawa tetap bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Suka Bawa Bekal? Perhatikan Ini Sebelum Beli Kotak Makan

Di era yang penuh dengan kesibukan, membawa bekal dari rumah adalah solusi paling tepat untuk “menutupi” waktu makan yang terbatas. Sayangnya, membawa bekal juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya kandungan gizi pada menu yang dijadikan bekal. Selain itu, jenis kotak makan juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan, lho!

Ya, kotak makan yang dijadikan wadah untuk membawa bekal tersedia dalam berbagai jenis dan bahan dasar. Misalnya, dua jenis kotak makan yang paling sering dijual adalah yang terbuat dari stainless steel dan plastik.

Kotak makan berbahan stainless steel memiliki bobot sedikit lebih berat dan harganya relatif mahal. Namun, kotak makan berbahan stainless steel mampu menjaga kesegaran makanan dengan lebih baik. Sementara itu, untuk Anda yang menginginkan sesuatu yang ringan dan praktis, kotak makan plastik adalah pilihan yang tepat. Selain tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk, harga kotak makan plastik juga relatif murah.

Sayangnya, untuk kotak makan plastik, Anda perlu benar-benar jeli memperhatikan bahan dasar yang digunakan. Pasalnya, jenis plastik yang layak untuk digunakan sebagai wadah makanan adalah high-density polyethylene (HDPE), low-density polyethylene (LDPE), dan polypropylene (PP). Kotak makan yang terbuat dari jenis plastik tersebut dinilai aman untuk menyimpan makanan berulang kali. Sebaliknya, kotak makan plastik yang terbuat dari bahan polystyrene (PS) atau styrofoam sebaiknya tidak dipilih. Ini karena kotak makan tersebut mengandung komponen styrene, yang berkaitan dengan iritasi kulit, mata, saluran pernapasan, serta beberapa keluhan lainnya.

Tak cukup sampai di situ, Anda juga wajib memperhatikan kebersihan kotak makan yang dipilih. Anda disarankan untuk memilih kotak makan yang mudah dibersihkan sebelum dan setelah digunakan. Apabila kotak makan memiliki banyak wadah yang lebih kecil, pastikan semuanya ikut dibersihkan dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Para pakar menyarankan, kotak makan sebaiknya dibersihkan segera setelah selesai digunakan. Membersihkan kotak makan dapat dilakukan dengan menggunakan kain pembersih, air hangat, dan sabut. Setelahnya, bilaslah dengan air yang mengalir, seka menggunakan kain pembersih hingga benar-benar kering. Setelah itu, simpan kembali kotak makan pada tempatnya.

Membawa bekal ke tempat kerja atau kampus merupakan kebiasaan yang baik. Selain hemat, Anda juga lebih mudah untuk menyusun menu makan siang yang sehat setiap hari. Jangan lupa untuk senantiasa memerhatikan faktor-faktor penting sehubungan dengan kotak makan yang digunakan untuk menyimpan bekal, seperti bahan dasar dan kemudahan untuk membersihkannya, ya!

(NB/ RVS)

makanangizibekalHari Bawa Bekal NasionalKotak Makan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter