Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatTulang8 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang

8 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Ayu Maharani, 12 Apr 2019

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sekadar minum susu, menjaga kesehatan tulang juga bisa dilakukan dengan sederet cara mudah di bawah ini!

8 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Dari kecil, pikiran Anda mungkin sudah terdoktrin bahwa satu-satunya cara untuk memelihara kesehatan tulang adalah dengan rutin minum susu. Padahal, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Nah, dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Perbanyak konsumsi ikan dan tahu

Bukan cuma baik untuk kesehatan otak, makan ikan juga dapat memelihara kesehatan tulang.

Sebab, dalam 3 ons ikan salmon matang mengandung 447 IU. Sedangkan, pada 2 kaleng sarden mengandung 46 IU dan pada 3 ons tuna kalengan mengandung 154 IU. Jadi, berbahagialah bagi Anda para penggemar menu ikan!

Tak cuma ikan, tahu pun dipercaya dapat memelihara kesehatan tulang berkat kandungan senyawa yang disebut isoflavon. Kepada KlikDokter, dr. Citra Roseno mengatakan bahwa isoflavon merupakan bahan kimia dari tanaman yang memiliki efek serupa dengan hormon estrogen manusia. Nah, estrogen itu sendiri dapat membantu melindungi tulang dari osteoporosis.

“Dan isoflavon yang terkandung dalam makanan tidak memberikan efek negatif seperti yang didapat dari suplemen estrogen.” jelas dr. Citra.

Dengan kata lain, ketimbang mengonsumsi suplemen estrogen, lebih baik Anda mengonsumsi olahan kedelai alami, seperti tahu ataupun susu kedelai untuk mencegah osteoporosis.

2. Hindari konsumsi suplemen kalsium yang berlebihan

Mengonsumsi suplemen kalsium untuk mewujudkan tulang kuat memang bisa dijadikan solusi. Namun, bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, bisa terjadi penumpukan kalsium di arteri, sehingga justru memicu penyakit jantung.

Jadi, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 mg kalsium per hari. Bila perlu, konsultasikan dulu kepada dokter seputar dosis kalsium yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

3. Berteman dengan matahari pagi dan sore

Salah satu cara utama tubuh memproduksi vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. “Paparan sinar matahari akan membuat kulit seseorang membentuk vitamin D.” jelas dr. Nadia.

Oleh sebab itu, sebaiknya berjemurlah di bawah sinar matahari demi kebaikan tulang. Tidak perlu berpanas-panasan di siang bolong. Cukup nikmati sinar matahari di pagi ataupun sore saat sinarnya tidak terlalu terik, yaitu sebelum pukul 9 pagi atau setelah pukul 4 sore.

4. Perbanyak asupan sayuran hijauSayuran

hijau juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang kuat. Ditambah lagi, di dalamnya terkandung vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, bila Anda selalu memasukkan sayuran hijau dalam menu makan sehari-hari, pastinya kesehatan tulang dan tubuh secara keseluruhan akan lebih terjaga.

Selanjutnya

5. Batasi obat yang memicu pengeroposan tulang

Beberapa jenis obat yang meningkatkan risiko pengeroposan tulang antara lain steroid, antasida yang mengandung aluminium, dan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRIs). Bila Anda mengkhawatirkan hal tersebut, sebaiknya diskusikan dosis yang tepat kepada dokter.

6. Hindari minum kopi secara berlebihan

Meski kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, tetapi sebaiknya batasi konsumsinya. Sebab, bila Anda minum kopi lebih dari 3 cangkir dalam sehari, penyerapan kalsium dalam tubuh justru akan terganggu.

7. Terapkan olahraga permainan

Olahraga yang paling mudah dilakukan memang lari, Tetapi, bila Anda ingin memelihara kesehatan tulang secara maksimal, olahraga permainan bisa dijadikan pilihan menarik.

Lakukan olahraga seperti tenis, bisbol, atau basket. Tak cuma kaki yang bergerak, olahraga tersebut juga akan membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Sehingga, tak ada bagian tubuh yang luput dari aktivitas fisik yang menyehatkan.

8. Menari dan yoga

Sama seperti olahraga permainan, menari membuat semua bagian tubuh bergerak aktif. Sehingga, aktivitas tersebut dapat meningkatkan kepadatan tulang, sekaligus membuat Anda bahagia.

Bagi Anda pencinta olahraga yoga, lakukan pose kobra selama beberapa waktu untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral pada tulang belakang, pinggul, serta tulang paha. Sehingga, risiko untuk terkena osteoporosis di kemudian hari juga menurun.

Itulah berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Intinya, ada banyak alternatif selain hanya mengandalkan susu untuk mendapatkan asupan kalsium serta vitamin D. Yuk, terapkan berbagai tips di atas, dan tetap imbangi dengan beragam aktivitas fisik. Sehingga, tulang Anda mendapatkan stimulasi, baik dari dalam, maupun luar tubuh.

[NP/ RVS]

pengeroposan tulangKesehatan Tulangvitamin dMinum KopisusuYogatulangOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter