Sukses

Lebih Sehat dengan Bawa Bekal ke Kantor

Tak hanya bisa menghemat, membawa bekal ke kantor ternyata dapat membuat tubuh Anda lebih sehat.

Klikdokter.com, Jakarta “Makan siang apa hari ini?” Mungkin itu adalah kalimat yang sering dilontarkan di kantor. Beberapa orang akan memilih membeli di warung makan atau memesan lewat aplikasi. Belum banyak yang terdorong untuk membuat sendiri bekal makan siang. Padahal, dengan membuat bekal sendiri, Anda dapat memastikan kandungan nutrisi dan kualitas bahannya.

Bawa bekal itu menyehatkan

Membuat jadwal makan dan membawa bekal ke kantor adalah salah satu kebiasaan yang dapat menyehatkan. Sebuah survei di Amerika Serikat membuktikan bahwa para pekerja yang jarang membawa bekal dan lebih sering jajan, cenderung memiliki pola makan yang tidak teratur.

Mereka juga cenderung berakhir pada peningkatan berat badan. Para pekerja yang membawa bekal dilaporkan memiliki risiko kelebihan berat badan (obesitas) 20 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak membawa bekal.

Bicara soal nutrisi, mereka yang membawa bekal ke kantor akan cenderung memilih makanan yang sehat. Sebuah penelitian di Prancis menunjukkan, para pekerja yang membuat menu mingguan (meal plan) akan mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi, seperti buah dan sayur.

Penelitian lain yang dimuat di American Journal of Preventive Medicine juga menunjukkan hal yang senada. Semakin banyak waktu yang diluangkan seseorang untuk menyiapkan bekal, semakin banyak kuantitas buah, salad, dan jus buah yang dikonsumsi.

Sebaliknya, mereka yang tidak pernah merencanakan menu makan, biasanya akan sembarangan dalam memilih makanan. Mereka pun cenderung berakhir pada makanan siap saji yang tinggi kalori, tinggi lemak jenuh, tinggi gula dan garam, serta rendah serat.

Dari segi biaya, membawa bekal ke kantor jelas akan lebih hemat. Kebiasaan ini akan memotong pengeluaran untuk membeli makan siang. Ada anggapan menyiapkan makanan rumahan yang sehat akan lebih mahal.

Nyatanya, berbagai studi ilmiah justru membantah hal tersebut. Bahan makanan yang biasa Anda temui di pasar tradisional bila dimasak dengan tepat dapat menjadi menu makanan yang sehat.

Tak hanya dari segi fisik dan ekonomi, membawa bekal ke kantor juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jiwa Anda. Pola makan sehat dengan membawa bekal ke kantor akan menimbulkan rasa bahagia dan dapat menurunkan risiko depresi.

Tips Menyiapkan Bekal ke Kantor

Sejauh ini, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membawa bekal karena segala manfaatnya. Jangan sampai niat baik Anda terhenti karena khawatir tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkannya. Beberapa hal berikut dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya:

  1. Buat jadwal bekal makan siang selama seminggu. Anda dapat menyesuaikannya dengan bahan makanan yang tersedia di lemari pendingin Anda.
  2. Siapkan makanan semalam sebelumnya lalu simpan di freezer. Hal tersebut akan menghemat waktu persiapan di pagi hari. Sebelum dikonsumsi, Anda bisa menghangatkannya di microwave.
  3. Taruh camilan sehat dalam wadah kecil. Camilan tersebut bisa berupa kacang-kacangan, sayuran, atau buah potong segar. Alternatif lain, Anda bisa siapkan salad dalam wadah dan sertakan dressing-nya, seperti mayones, minyak zaitun, atau yoghurt.

Hidup sehat dapat dimulai dari hal sederhana seperti membawa bekal ke kantor. Kalau Anda belum pernah melakukannya, inilah saatnya untuk memulai kebiasaan baik ini. Membawa bekal ke tempat kerja akan membuat tubuh fisik, mental, dan kantong Anda lebih sehat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar