Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatSarafMakanan Super yang Baik untuk Otak Penderita Parkinson
Saraf

Makanan Super yang Baik untuk Otak Penderita Parkinson

Ayu Maharani, 09 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kesehatan otak penderita Parkinson akan lebih terpelihara dengan mengonsumsi makanan super nan alami ini secara rutin. Ada apa saja, ya?

Makanan Super yang Baik untuk Otak Penderita Parkinson

Penderita Parkinson sering mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu dan menggerakkan tubuh mereka. 

Meski demikian, ada beberapa makanan super (superfood) yang bisa dikonsumsi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan otak pasien.

Biasanya obat yang diberikan kepada penderita Parkinson adalah levodopa, yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar dopamin pada otak. 

Namun, ada baiknya pula penderita Parkinson mengonsumsi makanan super berikut ini agar pengobatan yang diberikan oleh dokter dapat berjalan lebih maksimal.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang baik untuk penderita Parkinson

1. Kacang-kacangan

Efektivitas Kacang-kacangan untuk Turunkan Berat Badan (Andrey-Maslakov/123rf)

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kenari dapat memperlambat proses penuaan pada otak, sekaligus meningkatkan daya ingat serta koordinasi motorik. 

Di samping itu, kacang-kacangan yang tidak digoreng kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu memerangi kerusakan otak akibat radikal bebas.

Artikel Lainnya: Awas, Penyakit Parkinson Bisa Berawal dari Perut!

2. Wortel

Bukan cuma bagus untuk memelihara kesehatan mata, kandungan luteolin dalam wortel pun dapat meningkatkan fungsi otak serta mengurangi penurunan daya ingat yang berkaitan dengan usia dan radang otak. 

Selain lewat konsumsi wortel, penderita juga bisa mendapatkan manfaat luteolin dari seledri, paprika, dan minyak zaitun. Cukup beragam, bukan?

3. Berbagai Jenis Buah Beri

Contoh buah-buahan yang dianjurkan untuk penderita penyakit Parkinson adalah aneka beri. Misalnya stroberi atau blueberry. 

Sebab, berbagai jenis buah beri kaya akan antioksidan dan vitamin yang secara alami dapat menjadi penghilang stres, serta membantu memperbaiki sel-sel otak akibat penuaan. 

Buah beri pun disinyalir dapat meningkatkan respons sinyal pada otak.

4. Ikan

Ikan Salmon

Ingat, ‘kan, bahwa ada slogan “jika ingin pintar, perbanyak makan ikan”? Rupanya, ikan memang amat baik bagi otak. Sebab, otak terdiri atas 60 persen lemak dan kolesterol. 

Nah, bila penderita penyakit Parkinson meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dari ikan, khususnya salmon, hal tersebut dapat melindungi otak dari kerusakan.

Beberapa peneliti mengatakan, kombinasi lemak yang tepat akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, ikan menjadi makanan yang direkomendasikan untuk penderita Parkinson.

Artikel Lainnya: Manfaat Senam Tai Chi untuk Penderita Penyakit Parkinson

5. Dark Chocolate 

Penderita Parkinson yang juga merupakan penggemar cokelat boleh bersenang hati. Tapi ingat, yang boleh dikonsumsi adalah dark chocolate, bukan cokelat susu ataupun cokelat putih yang kaya lemak jenuh.

Kakao dalam cokelat hitam mengandung phenylethylamine yang telah terbukti dapat meningkatkan pelepasan dopamin. 

Alhasil, penderita Parkinson yang gemar mengonsumsi dark chocolate memiliki kondisi otak yang tidak terlalu parah berkat adanya tambahan dopamin.

6. Kopi dan Teh

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitiannya, kafein dalam kopi dapat menimbulkan penurunan gejala Alzheimer dan juga Parkinson.  

Kafein dalam kopi bisa menghalau terjadinya degenerasi pada neuron dopaminergik di otak, sehingga dapat mencegah Parkinson.

Bila pasien bukan penggemar kopi, minuman berkafein yang lebih ringan seperti teh juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak. 

Dalam Journal of Nutrition, Health, and Aging, orang yang gemar minum teh dikatakan memiliki daya ingat yang lebih baik ketimbang orang yang jarang minum teh.

7. Gandum

Gandum utuh bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk penderita Parkinson. Produk gandum dikenal akan kandungan serat dan vitamin B1, vitamin D, dan seng. 

Gandum juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik dengan kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan karbohidrat sederhana seperti nasi, roti, dan kue.

Artikel Lainnya: Parkinsonisme Vaskular, Penyakit Saraf yang Incar Lansia

Penyakit Parkinson biasanya dialami oleh lansia yang berusia di atas 60 tahun dan bersifat degeneratif. Artinya, bila tidak segera ditangani dengan baik, maka gejala yang timbul bisa semakin parah. 

Sayangnya, hingga kini belum ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit ini.

Pemberian obat biasanya digunakan untuk mengurangi gejala dan menghambat progresivitas Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin pada otak. 

Karena itu, untuk penderita Parkinson, konsumsi deretan makanan super di atas dapat membantu meredakan keluhan yang muncul. 

Untuk #JagaSehatmu, baca artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. Gratis!

[RS]

penyakit parkinson

Konsultasi Dokter Terkait