Sukses

Terapi Mandi Lumpur Ampuh Tangkal Artritis?

Pernah dengar terapi mandi lumpur? Katanya, pengobatan alternatif ini ampuh untuk tangkal artritis. Baca ulasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu gangguan kesehatan yang dialami banyak orang adalah artritis atau radang sendi. Artritis bisa menyebabkan penderitanya merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas harian. Seseorang yang mengalami artritis bisa menempuh  beragam cara pengobatan. Mulai dari kunjungan dokter hingga pengobatan alternatif. Salah satu pengobatan alternatif yang dinilai ampuh tangkal artritis adalah terapi mandi lumpur. Pernah mendengarnya?

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter, artritis sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “athro” yang berarti persendian dan “itis” yang berarti peradangan.

"Dari namanya, artritis merupakan suatu kondisi kesehatan yang melibatkan peradangan pada persendian tubuh. Sering kali, terjadinya peradangan sendi merupakan tanda dan gejala dari suatu kondisi yang mendasari, dan oleh sebab itu terdapat banyak penyebab dari artritis. Beberapa penyebabnya yang paling sering adalah artritis gout (asam urat), osteoartritis, artritis rematoid, dan lupus," ujar dr. Nitish.

Efektivitas terapi mandi lumpur dalam menangani artritis

Bicara tentang mandi lumpur, mungkin sebagian dari Anda merasa sedikit risih, bahkan jijik, saat mendengarnya karena terkesan jorok. Namun, nyatanya terapi tradisional dengan bahan alami seperti mandi lumpur (mud bath) atau penggunaan mud pack bisa membantu Anda dengan artritis.

Sudah ada penelitian yang menguji bagaimana terapi mandi lumpur bekerja untuk mengatasi osteroartritis lutut. Para peneliti mengevaluasi 20 penelitian yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu uji klinis acak, atau metaanalisis yang menilai terapi mandi lumpur pada nyeri yang dirasakan, fungsi, dan kualitas hidup partisipan penelitian atau lebih banyak partisipan studi yang terdiagnosis osteoartritis lutut.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Rheumatology” ini menyebutkan, mud pack adalah produk alami yang terdiri dari campuran mineral atau air mineral-obat (termasuk air laut atau air asin dari daun) dengan material organik atau anorganik yang dihasilkan dari proses biologis dan/atau geologis. Metode ini digunakan sebagai perawatan terapi dalam bentuk masker maupun untuk berendam (mud bath).

Kegunaan utama terapi mud pack ini adalah untuk meredakan nyeri muskuloskeletal (berhubungan dengan otot dan tulang). Sementara cara penggunaan mud pack adalah termal (menggunakan suhu panas), tetapi ada juga cara kerja sistemik yang memungkinkannya bekerja pada tingkat molekuler atau kimia dalam kondisi degeneratif, seperti osteroartritis.

Variasi suhu yang digunakan dalam terapi ini dalam studi bisa bervariasi, mulai 42-47 derajat Celcius, dengan durasi terapi selama 15-30 menit. Meski terdapat inkonsistensi metode, tetapi para peneliti mampu menyimpulkan bahwa terapi mud pack efektif untuk nyeri yang dirasakan, fungsi, serta meningkatkan kualitas hidup pada penderita osteoartritis di lutut.

1 dari 2 halaman

Studi mengenai terapi lumpur

Studi dalam jurnal “Rheumatology International” menguji 45 partisipan dengan artritis reumatoid, lalu mengevaluasi terapi mud compress atau kompresi lumpur yang diaplikasikan di tangan. Terapi ini dilakukan sebanyak lima kali seminggu di rumah, selama tiga minggu.

Repons positif dalam studi ini adalah, penurunan sebanyak 30 persen dalam jumlah sendi yang bengkak, dan penurunan sebanyak 20 persen atau lebih atas aktivitas penyakit itu sendiri. Dan 20 persen atau lebih penurunan dalam hal tingkat keparahan nyeri yang dirasakan.

Studi yang tertuang dalam jurnal “Joint Bone Spine” mengevaluasi efek terapi mud bath pada 26 partisipan dengan artritis psoriatik (radang sendi pada penderita psoriasis) yang menerima pengobatan TNF blocker dalam periode enam bulan.  Setengah dari partisipan menerima terapi mandi lumpur dengan melanjutkan pengobatan dengan TNF blocker, sisanya tanpa mandi lumpur. Dari hasil studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa terapi mandi lumpur punya efek yang positif.

Meski belum banyak, di beberapa kota besar di Indonesia sudah menyediakan layanan dengan mengandalkan lumpur. Untuk Anda penderita artritis yang ingin mencoba terapi mandi lumpur, masker, atau kompresi lumpur, tak ada salahnya untuk mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter Anda. Jika Anda tak punya artritis, Anda tetap bisa memanfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar