Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanPunya Penyakit GERD, Masih Bolehkah Konsumsi Kafein?
Pencernaan

Punya Penyakit GERD, Masih Bolehkah Konsumsi Kafein?

dr. M. Dejandra Rasnaya, 12 Jul 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyakit GERD merupakan salah satu jenis penyakit lambung. Lalu masih bolehkah penderita sakit lambung konsumsi kafein?

Punya Penyakit GERD, Masih Bolehkah Konsumsi Kafein?

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah salah satu penyakit pada saluran pencernaan. Dalam keadaan normal, makanan seharusnya masuk ke dalam mulut menuju esofagus, lalu masuk ke lambung. Di dalam lambung, makanan umumnya bertahan selama 3-4 jam untuk dicerna dan akan dilanjutkan ke usus.

Banyak yang tidak menyarankan penderita GERD meminum kopi karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Beberapa kalangan beranggapan, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membuat perut perih. Kalau begitu, apakah penderita GERD sama sekali tidak boleh ngopi?

Berkenaan dengan konsumsi kafein, beberapa penelitian masih memberikan hasil yang berbeda terkait dampak kafein terhadap gejala GERD. Ada yang menyatakan bahwa kafein dapat melemahkan katup pembatas tadi sehingga asam lambung jadi lebih mudah naik ke kerongkongan. Namun, penelitian lain ada yang menyatakan tidak adanya hubungan yang bermakna antara GERD dengan konsumsi kafein.

Tips Minum Kopi Aman bagi Lambung

Ini tentu jadi pertanyaan besar bagi pencinta kopi yang memiliki gangguan lambung, seperti mag dan GERD. Penderita penyakit lambung tidak berarti tidak boleh minum kopi sama sekali. Boleh tidaknya Anda minum kopi tergantung pada toleransi lambung masing-masing.

Menurut sebuah penelitian, kafein cukup aman bagi penderita mag. Yang harus diperhatikan adalah campuran dari kopi tersebut, seperti susu, krimer, atau gula. Bisa saja, campuran kopilah yang akan merangsang asam lambung serta menimbulkan mual dan begah.

Selain itu, ada beberapa tips agar minum kopi lebih aman. Berikut tipsnya:

  • Pilihlah kopi dengan tingkat keasamannya paling rendah, contohnya kopi arabika.
  • Campurkan dengan air lebih atau Jika ingin dicampur susu, lebih baik pilih yang rendah lemak. Susu tinggi lemak malah akan dapat menimbulkan gejala lambung.
  • Frekuensi minum disesuaikan dengan individu karena setiap orang mempunyai toleransi yang berbeda terhadap kafein. Jika Anda merasa berdebar saat konsumsi kopi lebih dari 1 cangkir, maka sesuaikan dengan tubuh Anda.
  • Jangan minum kopi pada saat perut kosong. Jika perut Anda kosong, kandungan asamnya relatif lebih tinggi.

Nah, Bagi Anda yang mempunyai riwayat GERD, Anda perlu melihat kondisi Anda masing-masing. Hal ini karena hingga saat ini belum ada rekomendasi dari penelitian besar tentang boleh atau tidaknya konsumsi kafein bagi penderita GERD. Namun, jika gejala GERD Anda semakin parah akibat konsumsi kafein maka sebaiknya hindarilah kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein.

[HNS/RVS]

kafeingangguan lambungkopiAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait