HomeInfo SehatPernapasanCara Ampuh untuk Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan
Pernapasan

Cara Ampuh untuk Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 18 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dahak dan lendir di tenggorokan harus dikeluarkan. Bagaimana cara mengeluarkan dahak yang ampuh? Ini cara menghilangkan lendir di tenggorokan.

Cara Ampuh untuk Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Dahak merupakan salah satu tanda adanya peradangan dalam saluran pernapasan yang dipicu oleh penyakit lain.

Sebenarnya dahak berfungsi sebagai pertahanan pertama saluran pernapasan agar alergen, bakteri, debu, virus, dan benda asing lain tidak langsung masuk ke dalam saluran pernapasan.

Sayangnya, dahak yang kental dan sulit dikeluarkan ini dapat menyebabkan sumbatan sehingga mengganggu pernapasan. 

Jika Anda merasa dahak sudah mengganggu aktivitas harian, tak ada salahnya mencoba cara menghilangkan lendir di tenggorokan berikut.

1. Minum Cairan Hangat

Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat juga mampu mengatasi penumpukan lendir atau dahak yang ada di dada. Berkat cairan hangat, lendir tersebut akan keluar melalui tenggorokan bersama dengan batuk.

Di samping air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal.

2. Air Garam

Cara menghilangkan dahak berikutnya adalah dengan berkumur air hangat yang dicampurkan garam.

Larutan tersebut dapat bantu menghilangkan lendir yang ada di tenggorokan. Tindakan tersebut juga dapat meredakan gejala-gejala gangguan pernapasan lain.

Aduk air hangan dengan garam hingga benar-benar larut. Lalu, berkumurlah selama beberapa detik. Setelah dirasa cukup, buang air bekas kumur.

3. Uap

Menjaga udara tetap lembap dapat bisa juga jadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan sekaligus mengurangi rasa “mampet” di dada atau paru-paru.

Manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menghirup uap hangat yang berasal dari makanan, minuman, atau alat yang memang diciptakan khusus untuk proses penguapan paru-paru.

Artikel Lainnya: Lebih Baik Menelan Dahak atau Membuangnya?

4. Angkat Kepala

Tidur sering terganggu gara-gara dada atau tenggorokan dipenuhi oleh lendir? Tenang, tak perlu khawatir. Siasati dengan menyangga kepala Anda menggunakan bantal tambahan supaya posisinya lebih tinggi daripada dada.

Dengan cara ini, lendir di tenggorokan ataupun paru-paru tidak menyumbat saluran pernapasan serta mengganggu tidur malam Anda.

5. N-acetylcysteine ​​(NAC)

NAC adalah jenis suplemen yang bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan lendir pada saluran pernapasan sekaligus mengurangi frekuensi dan keparahan batuk. Penggunaan terapi jenis ini harus di bawah pengawasan dokter.

6. Madu

Madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Sebuah studi pada tahun 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang anak-anak.

Dilaporkan, anak yang konsisten minum madu mengalami perbaikan gejala secara signifikan.

Manfaat yang sama bisa Anda rasakan dengan minum madu sebanyak 1 sendok makan setiap 3 atau 4 jam sekali sampai lendir di dada atau paru-paru terasa mereda. Hindari memberikan madu untuk anak di bawah 1 tahun.

7. Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang paling umum digunakan untuk meredakan batuk, pilek, dan penumpukan lendir di dalam dada atau paru-paru adalah bawang putih, jahe, lemon, dan cabai rawit.

8. Fisioterapi

Jangan kira mengeluarkan dahak hanya dilakukan dengan penggunaan obat-obatan. Teknik fisioterapi paru dapat membantu mengeluarkan dahak. 

Dengan teknik khusus dan fisioterapi yang tepat, dahak kental yang membandel dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

Artikel Lainnya: Batuk Berdahak di Pagi Hari, Kenali Kemungkinan Penyebabnya

9. Melakukan Bilas Hidung dengan Cairan Saline

Cara mengencerkan dahak di tenggorokan berikutnya adalah melakukan irigasi hidung dengan cairan saline. Cairan ini dapat membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus.

Carilah semprotan steril yang mengandung natrium klorida 0,9%, lalu bilas kedua lubang hidung Anda secara bergantian.

Tindakan ini dapat membantu mengeluarkan lendir hidung yang membandel.

10. Tidak Merokok dan Menghindari Asap Rokok 

Merokok dan asap rokok menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak dan lendir. Jika Anda ingin lendir tenggorokan berkurang, hindarilah merokok dan asap rokok.

11. Menjaga Alergi Tetap Terkendali

Alergi dapat menyebabkan hidung meler atau tersumbat, serta lendir dan dahak berlebih. Karena itu, pastikan Anda memperhatikan pencetus alergi agar terhindar dari ancaman lendir berlebih.

12. Menghindari Iritasi

Bahan kimia, wewangian, dan polusi dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan saluran udara. Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir.

Jika cara-cara mengencerkan dahak di tenggorokan di atas belum mampu mengatasi penumpukan lendir di dada, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. 

Dokter akan menyarankan cara lain yang paling tepat dan efektif untuk keluhan yang selama ini dirasakan.

Manfaatkan layanan telemedicine untuk langsung konsultasi dokter online.

(HNS/AYU)

Referensi:

  • Medical News Today. Diakses 2022. How to get rid of phlegm and mucus.
Batuk-batukPilekAlergi

Konsultasi Dokter Terkait