Sukses

Mengapa Bisa Sakit Perut Saat Flu?

Biasanya, gejala flu yang muncul berupa demam, sakit kepala, nyeri tubuh, dan batuk pilek. Bagaimana jika sakit perut yang terjadi saat flu?

Klikdokter.com, Jakarta Di musim pancaroba seperti saat ini, penyakit flu sudah menjadi penyakit langganan yang dengan mudahnya dapat dijumpai pada orang-orang di sekitar Anda. Gejala yang biasa muncul adalah demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan batuk pilek. Namun, bila saat flu Anda mengeluhkan sakit perut, artinya Anda harus lebih waspada.

Belum tentu gejala flu

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, penyebutan “sakit flu” memang umum sekali dilontarkan oleh masyarakat awam untuk menyebut gejala penyakit yang disebabkan oleh virus. Padahal, tak semua gejala tersebut bisa dikatakan sebagai sakit flu.

Ketika Anda terdiagnosis kena sakit flu, maka gejala yang muncul adalah seperti yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan bila Anda terinfeksi virus yang belum tentu merupakan virus flu, gejalanya bisa mirip seperti flu, tetapi ditambah dengan keluhan sakit perut dan mialgia atau nyeri otot.

“Jadi, antara gejala flu dan nyeri perut memang saling berkaitan karena sama-sama berasal dari infeksi virus yang bisa menyebabkan munculnya semua gejala tersebut,” jelas dr. Alvin.

Kendati demikian, dr. Alvin juga mengatakan bahwa sakit perut saat flu bisa jadi permasalahan yang berbeda. Terlepas dari kondisi tubuh yang sedang lemah sehingga terserang virus, sakit perut juga bisa menandakan adanya keluhan lambung yang sedang kumat.

“Perlu dicek juga riwayat lambung si penderitanya, jangan-jangan sakit perutnya disebabkan oleh dispepsia yang kambuh dan tak berkaitan sama sekali dengan infeksi virus.” tutur dr. Alvin.

Dispepsia itu sendiri merupakan gangguan yang terjadi di daerah perut bagian tengah dengan gejala berupa nyeri ulu hati, kembung, mual muntah, dan lain sebagainya. Nyeri tersebut dapat hilang dan timbul, tetapi bisa juga terjadi terus-menerus.

Nah, jika Anda memang memiliki gangguan lambung dan yang kini tengah dirasakan adalah gejala flu disertai sakit perut, ada kemungkinan Anda sedang mengalami 2 penyakit sekaligus, yaitu flu dan dispepsia. Untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut, diperlukan asupan tertentu agar berbagai gejala yang mengganggu lebih cepat mereda.

1 dari 2 halaman

Mengatasi sakit perut saat flu

Mengonsumsi makanan hangat ketika gejala flu melanda memang bisa meredakan gejala tersebut. Tapi, bila makanan hangat yang Anda konsumsi adalah sup-sup super pedas dan asam atau makanan lain yang memicu naiknya asam lambung seperti kol, cokelat, ataupun kopi, maka justru perut Anda yang akan bereaksi.

Selain makanan dan minuman tersebut, kebanyakan mengonsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen dan diklofenak melebihi dosis yang dianjurkan juga dapat mengiritasi dinding lambung.

Saat nyeri otot muncul akibat flu, mengonsumsi obat antinyeri memang dianjurkan. Namun, bila diminum secara terus-menerus dan berlebihan, maka hal itu justru merugikan sistem pencernaan Anda.

Maka dari itu, dr. Alvin menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat antidemam dan antinyeri yang lebih aman, yaitu parasetamol, dengan catatan tidak boleh dikonsumsi lebih dari 3 hari berturut-turut.

“Bila gejala sakit tidak membaik dan pengobatan mandiri tidak mampu meredakan gejala selama 2-3 hari, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Apalagi bila penderitanya sudah susah makan, lemas, dan kesadarannya mulai menurun.” dr. Alvin menegaskan.

Kesimpulannya, sakit perut saat flu memang bisa terjadi dan hal itu bisa disebabkan oleh efek infeksi virus yang sedang menyerang tubuh. Tetapi, bisa jadi sakit perut juga bukan disebabkan oleh infeksi virus, melainkan dispepsia. Sehingga, dalam hal ini, Anda mengalami dua penyakit sekaligus, yakni flu akibat infeksi virus dan dispepsia akibat beberapa faktor.

Selain itu, cermati juga letak nyeri yang sedang Anda rasakan di perut. Sebab, bila sakit perut hanya terasa di bagian-bagian tertentu, menurut dr. Alvin bisa jadi itu merupakan gejala penyakit yang lebih parah. Jadi, jangan abaikan keluhan sakit perut saat flu yang muncul bila sudah berlangsung selama lebih dari 3 hari, agar bisa ditangani secara tepat dan cepat oleh dokter.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar