Sukses

Merawat Kulit dengan Minyak Kutus Kutus, Benarkah Efektif?

Berbagai klaim kesehatan minyak kutus kutus bermunculan, termasuk dalam hal merawat kulit. Dari sisi medis, benarkah seefektif itu?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu essential oil yang sedang naik daun adalah minyak kutus kutus. Anda termasuk pemakainya? Baunya yang khas membuat banyak orang ketagihan, apalagi ditambah dengan berbagai klaim manfaat yang menyertainya. Bagi penggiat herbal, essential oil adalah keharusan, baik preventif maupun kuratif. Nah, salah satu klaim minyak kutus kutus adalah manfaatnya untuk merawat kulit. Dari sisi medis, apakah sesuai dengan klaimnya?

Minyak kutus kutus adalah minyak yang berbahan dasar ekstrak adas, belimbing wuluh, ekstrak bunga kamboja, bunga lawang, daun alpukat, daun asitaba, daun intaran, gaharu, gandarusa, jahe, jintan hitam, kayu putih, minyak bunga matahari, minyak cengkih, minyak kelapa, minyak kemiri, minyak wijen, minyak zaitun, pandan wangi, pulai, purwaceng, serai, dan temu lawak. Jika melihat banyaknya komposisi minyak kutus kutus, tak heran banyak orang yang percaya bahwa minyak ini memiliki segudang manfaat!

Minyak kutus kutus tak hanya digunakan secara rutin oleh orang dewasa, tetapi juga balita dan lansia. Sebetulnya ada banyak sekali klaim manfaat dari minyak kutus kutus. Dari berbagai manfaatnya, banyak orang yang percaya bahwa minyak ini juga bisa diandalkan untuk merawat kulit.

Manfaat minyak kutus kutus untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Di antara grup minyak esensial, memang ada beberapa zat yang punya efek tertentu terhadap kesehatan, misalnya lavender yang diketahui memiliki efek peradangan. Penelitian mengenai lavender sebagai antiperadangan kulit sudah cukup banyak terbukti, yakni untuk mengatasi iritasi dan mengusir kuman.

Essential oil lain yang juga sudah terbukti untuk kulit misalnya balsam untuk mengatasi kemerahan, luka, dan eksem. Minyak berbahan bawang putih juga kerap diandalkan untuk mengatasi infeksi jamur, jerawat, dan antiseptik. Begitu juga dengan rosewood yang sering dipakai untuk mengatasi kerusakan kulit, jerawat, kerutan, dan bekas luka. Minyak berbahan kamomil juga tak jarang digunakan untuk mengatasi jerawat, alergi, gigitan serangga, luka, dan eksem.

Lantas, bagaimana dengan minyak kutus kutus?

Beberapa kandungan minyak kutus kutus seperti minyak bunga matahari, minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak zaitun memiliki efek yang baik terhadap kulit. Adapun serangkaian efeknya antara lain:

  1. Antiperadangan

Adanya luka, infeksi, dan proses penuaan kulit diawali oleh peradangan. Penggunaan secara topikal (dioleskan) minyak tumbuhan ini akan memberi efek antiperadangan secara lokal, hanya pada area yang dioleskan saja. Minyak ini juga bisa digunakan bersama dengan obat oles lainnya.

  1. Penyembuhan luka

Proses penyembuhan luka merupakan proses yang melibatkan beberapa fase, yaitu terganggunya keseimbangan pertahanan tubuh, peradangan, perkembangan sel-sel yang berperan dalam pertahanan tubuh, dan penutupan luka melalui pembentukan keropeng. Minyak-minyak yang berasal dari tumbuhan ini berperan membantu keempat proses tersebut.

  1. Antioksidan

Tingginya radikal bebas di kulit akan menyebabkan peradangan dan penuaan. Minyak tumbuhan ini berperan sebagai antioksidan. Artinya, penggunaan minyak herbal ini akan membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat mencegah peradangan dan penuaan.

  1. Memperbaiki barrier kulit yang rusak

Kerusakan barrier kulit atau pelindung kulit bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya akibat adanya luka, alergi, dan infeksi. Pada alergi, lapisan pelindung kulit memang lebih sedikit dibandingkan kulit yang tidak mengalami alergi. Kondisi ini menyebabkan kulit yang terkena alergi lebih mudah mengalami infeksi dan gatal. Lapisan pelindung yang rusak berupa lapisan minyak yang diproduksi oleh kulit, sehingga minyak herbal seperti kutus kutus yang dioleskan di area yang terdampak dapat membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit yang rusak dengan cara melapisinya.

Jadi, berdasarkan bukti ilmiah, beberapa kandungan yang terdapat dalam minyak kutus kutus sudah terbukti baik dalam hal merawat kulit. Mulai dari proses perbaikan lapisan pelindung kulit, antioksidan, penyembuhan luka, serta antiperadangan. Meski ada manfaat mengatasi alergi, tetapi Anda yang punya riwayat alergi tetap harus berhati-hati, karena bisa saja kulit sensitif atau tidak cocok dengan berbagai campuran minyak kutus kutus.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar