Sukses

Mencegah Stretch Mark dengan Bahan-bahan Alami

Stretch mark tidak akan hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa bahan alami ini efektif mencegah datangnya stretch mark.

Klikdokter.com, Jakarta Pada umumnya, Anda mendambakan kulit mulus tanpa ada guratan. Selain tidak elok dipandang,  guratan-guratan paralel pada kulit – atau disebut juga stretch mark – dapat mengurangi rasa percaya diri.

Nah, sebelum stretch mark datang mengganggu penampilan, Anda dapat mencegahnya dengan bahan-bahan alami. Selain relatif lebih murah, menggunakan bahan-bahan alami juga lebih aman bagi tubuh.

Kenali dulu stretch mark

Dikutip dari laman Healthline, stretch mark terjadi secara alami ketika pertumbuhan yang cepat menyebabkan robekan internal. Meskipun kulit pada dasarnya bersifat elastis, jika pertumbuhan terlalu panjang dan dalam waktu singkat, robekan internal dapat terjadi. Robekan ini membentuk bekas luka yang dikenal sebagai stretch mark.

Tak hanya pada wanita, pria pun dapat mengalami stretch mark. Kondisi ini sering terjadi pada situasi berikut:

  • Pertambahan berat badan yang cepat
  • Masa pubertas
  • Gerak badan
  • Menggunakan kortikosteroid selama lebih dari beberapa minggu
  • Kehamilan
  • Sindrom Cushing

Ketika stretch mark pertama kali muncul, mereka disebut striae rubrae. Ini adalah ketika tanda peregangan tampak merah dan tegak lurus dengan area kulit yang diregangkan. Setelah stretch mark memudar, mereka disebut striae albae.

1 dari 2 halaman

Bahan alami untuk samarkan stretch mark

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, ada beberapa bahan alami yang efektif mencegah datangnya stretch mark, yaitu:

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa diserap dengan cepat oleh kulit, dan dapat mengeliminasi sel kulit mati. Bahan alami ini mengandung vitamin E dan asam lemak yang menjaga turut menjaga kesehatan kulit.

Untuk mencegah stretch mark, lakukan pijatan pada kulit dengan minyak kelapa setelah mandi. Pastikan minyak yang Anda oleskan terserap sepenuhnya oleh kulit. Tindakan ini bisa Anda lakukan sebanyak tiga kali sehari.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun (olive oil) mengandung vitamin E, antioksidan, serta komponen lain yang dapat membantu proses penyembuhan. Selain itu, minyak tersebut juga memiliki senyawa yang mampu menekan rasa gatal pada kulit yang meregang akibat stretch mark.

Agar manfaatnya benar-benar terasa, lakukan pijatan dengan minyak zaitun ke area kulit yang memiliki stretch mark. Biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit. Tindakan ini paling tepat dilakukan setelah mandi.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki bagian dalam (gel) yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. Ini karena bagian tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Cara penggunaannya, potong daun lidah buaya dan pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Kemudian, oleskan gel tersebut ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark dan lakukan pijatan secara perlahan. Setelah dipijat, diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya terserap sempurna. Anda dapat melakukan teknik ini dua kali sehari.

Kombinasi cara untuk cegah stretch mark

Ditambahkan oleh dr. Adeline agar kinerja bahan-bahan alami efektif untuk mencegah dan mengatasi stretch mark, penggunaannya harus dikombinasikan dengan tiga hal. Pertama, mengontrol berat badan.

Stretch mark sangat mungkin terjadi jika Anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu signifikan. Dengan mengendalikan berat badan agar tidak signifikan naik atau turun, risiko terjadi stretch mark menjadi semakin kecil.”

Kedua, menjaga kecukupan cairan tubuh. Minumlah air putih dalam jumlah cukup, yakni 8–9 gelas setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. Dengan kulit tetap lembap, stretch mark tidak akan terjadi.

Yang terakhir adalah mengonsumsi makanan sehat. “Jika tidak ingin ada stretch mark di kulit, pastikan menu harian Anda terdiri dari makanan kaya vitamin C, vitamin D, vitamin E, zink, dan protein. Zat gizi tersebut banyak di sayur dan buah-buahan,” kata dr. Adeline.

Tiga bahan alami yang dipaparkan di atas dapat mencegah datangnya stretch mark. Lakukan dengan rutin agar khasiatnya dapat Anda rasakan dengan maksimal. Selain itu, kombinasikan juga dengan tiga cara yang dipaparkan di atas, yaitu mengontrol berat badan, jaga kecukupan cairan, dan mengonsumsi makanan sehat. Baca juga cara mencegah stretch mark dalam artikel ini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar