Sukses

Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Naiknya berat badan bisa jadi penyebab munculnya stretch mark. Adakah cara alami menghilangkan stretch mark? Berikut ulasannya.

Salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh wanita dengan kenaikan berat badan drastis atau setelah melahirkan adalah munculnya stretch mark. Kondisi ini bisa mengurangi rasa percaya diri hingga membuat frustrasi. Tak perlu risau, simak cara alami menghilangkan stretch mark secara alami di sini.

Mengenal Stretch Mark

Stretch mark terjadi ketika kulit Anda berubah bentuk dengan cepat karena pertumbuhan atau kenaikan berat badan. Baik pria maupun wanita bisa memiliki stretch mark. Kehamilan dan pubertas adalah dua keadaan paling umum yang bisa menjadi penyebab stretch mark.

Selain stretch mark saat hamil dan masa pubertas, berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan stretch mark:

  • Pertambahan berat badan yang cepat
  • Masa pubertas
  • Gerak badan
  • Menggunakan kortikosteroid selama lebih dari beberapa minggu
  • Kehamilan
  • Sindrom Cushing

Ketika stretch mark pertama kali muncul, mereka disebut striae rubrae. Kondisi ini terjadi ketika tanda peregangan tampak merah dan tegak lurus dengan area kulit yang diregangkan. Setelah stretch mark memudar, mereka disebut striae albae.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mencegah Stretch Mark

Pada awalnya, tanda peregangan rubrae akan muncul sebagai garis merah atau ungu tipis pada kulit Anda, dan teksturnya berbeda dari lapisan kulit di sekitarnya. Lama kelamaan, sebagian besar tanda peregangan memudar dan menghasilkan warna yang lebih terang atau hampir tembus cahaya, dan menjadi mengilap (albae).

1 dari 2 halaman

Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Sebenarnya, menghilangkan stretch mark dengan cara alami tidak mungkin dilakukan. Namun, ada beberapa solusi yang dapat membantu meminimalkan atau memudarkan stretch mark, antara lain:

1. Vitamin A

Kelompok vitamin A yang disebut retinoid dapat membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda. Karena khasiatnya yang baik untuk kulit, vitamin A banyak digunakan sebagai kandungan dalam krim kosmetik topikal yang dijual bebas.

Agar kebutuhan vitamin A tercukupi, Anda dapat melakukan diet yang kaya akan makanan tertentu, seperti wortel dan ubi. Mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan stretch mark.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengidentifikasi semua efek retinoid pada stretch mark.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Ruam dan Gatal Saat Hamil

2. Minyak Kelapa

Cara alami menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah memanfaatkan minyak kelapa. Anda bisa memijat stretch mark sehabis mandi menggunakan minyak kelapa. Selain dapat diserap dengan cepat oleh kulit dan mengeliminasi sel kulit mati, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kulit.

3. Gula Pasir

Gula pasir dipercaya sebagai agen mikrodermabrasi alami. Prosedur mikrodermabrasi yang dilakukan pada klinik kulit dan kecantikan adalah salah satu dari beberapa metode yang terbukti dapat memudarkan stretch mark.

Scrub gula yang dioleskan pada kulit dipercaya akan membantu pengelupasan area tersebut sehingga stretch mark memudar. Anda dapat melakukan hal berikut di rumah:

  • Campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelunak, seperti minyak almond atau minyak kelapa.
  • Gosok campuran pada bagian tubuh yang memiliki stretch mark.
  • Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi, pastikan untuk menggosok campuran selama 8-10 menit.

4. Minyak Zaitun

Cara alami untuk menghilangkan stretch mark berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark.

Artikel Lainnya: Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Saat Hamil

Peregangan kulit stretch mark terkadang dapat menimbulkan sensasi gatal. Nah, ketika Anda mengoleskan minyak zaitun ke kulit, rasa gatal itu akan berkurang. Setelah melakukan pijatan, biarkan selama beberapa saat hingga minyak terserap sempurna ke dalam kulit.

5. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah buaya memiliki bagian dalam yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. Bagian dalam tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Anda bisa memotong lidah buaya, lalu pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Setelahnya, oleskan gel tersebut ke area stretch mark, lalu lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya yang tadi dioleskan terserap sempurna.

6. Kontrol Berat Badan

Semakin tidak stabil berat badan Anda (cepat gemuk, tetapi cepat kurus), semakin besar kemungkinan stretch mark terbentuk. Karena itu, cara alami untuk menghilangkan stretch mark yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengontrol berat badan. Anda bisa menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur.

7. Jangan Biarkan Kulit Anda Kering

Stretch mark biasanya akan sulit timbul di kulit yang kelembapannya terjaga. Jadi, agar kulit terhidrasi dengan baik, perbanyak minum air putih dan jangan pernah lupa mengoleskan pelembap.

Perlu diketahui bahwa stretch mark sebetulnya tak bisa dihilangkan secara instan, apalagi hanya mengandalkan bahan alami. Namun, memudarnya warna stretch mark sangat mungkin terjadi.

Seiring berjalannya waktu, apabila mengikuti cara alami mengatasi stretch mark di atas, kulit yang mengalami stretch mark akan menjadi lebih halus dan lentur. Selain itu, secara bertahap guratan akan berubah menjadi garis yang tersamarkan mendekati warna kulit.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar