Sukses

Vitiligo, Bisakah Sembuh?

Vitiligo adalah kelainan kulit yang dapat membuat seseorang minder. Bisakah penderita vitiligo sembuh? Simak penjelasannya di sini.

Sekitar 1 persen penduduk di dunia mengidap vitiligo. Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit atau melanin. Pada vitiligo, sel-sel yang memproduksi melanin berhenti berfungsi sehingga memicu terbentuknya bercak-bercak putih di kulit. Lalu, apakah vitiligo bisa sembuh?

Sering kali penderita bertanya-tanya, apakah vitiligo bisa sembuh dan bagaimana cara menangani kondisi ini. Mari simak selengkapnya di artikel berikut!

Mengenal Penyakit Vitiligo

Sebelum mengetahui apakah vitiligo bisa sembuh atau tidak, Anda perlu mengenal lebih dalam penyakit ini terlebih dulu. Vitiligo adalah suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya zat warna pada kulit. Hal ini menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit di berbagai area tubuh.

Vitiligo dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Umumnya, penyakit ini dialami ketika seseorang berusia 10-30 tahun, dengan puncak usia paling banyak terjadi di usia 20 tahun.

Artikel lainnya: Sulitkah Mengenali Vitiligo pada Orang Berkulit Putih?

Penyebab penyakit vitiligo belum diketahui secara pasti, dan sampai sekarang dianggap sebagai masalah yang kompleks. Terjadinya vitiligo melibatkan faktor genetik dan faktor non genetik, seperti akibat penyakit autoimun atau kondisi lingkungan.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa vitiligo adalah gangguan autoimun dikarenakan tubuh menyerang sel-sel sendiri. Diketahui juga bahwa sekitar 20 persen orang dengan vitiligo juga memiliki kelainan autoimun lainnya.

Tanda dan gejala vitiligo yang khas adalah munculnya bercak putih pada kulit yang disertai dengan hilangnya warna pada jaringan mulut, hidung, bahkan hingga bagian mata. Pada beberapa kasus, mungkin dapat ditemui kondisi yang mirip dengan infeksi jamur, di mana batasnya tegas berwarna merah dan terkadang terasa gatal.

Terdapat dua jenis vitiligo, yaitu tipe segmental dan tipe non segmental. Tipe segmental terjadi pada salah satu bagian tubuh. Biasanya tipe ini menyebar secara cepat dan terjadi secara tiba-tiba.

Artikel lainnya: Mengupas Fakta Vitiligo, si Bercak Putih pada Kulit

Sedangkan pada tipe non segmental, biasanya berhubungan dengan penyakit autoimun. Pada tipe ini bercak putih akan tampak menyebar di seluruh tubuh.

1 dari 3 halaman

Kemungkinan bagi Orang dengan Vitiligo untuk Sembuh

Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah vitiligo bisa sembuh total?

Vitiligo tergolong penyakit yang terjadi seumur hidup atau life long condition. Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang secara pasti dapat menyembuhkan vitiligo secara permanen. Hal inilah yang kadang membuat penderita vitiligo tidak merasa percaya diri.

Meski belum dapat disembuhkan, saat ini sudah tersedia terapi vitiligo untuk memperbaiki atau menyamarkan warna kulit. Vitiligo dapat ditangani dengan pemberian obat, terapi penyinaran, dan pembedahan.

 

2 dari 3 halaman

Yang Bisa Dilakukan Penderita Vitiligo

Vitiligo bisa ditangani dengan berbagai cara, dari pemberian obat-obatan secara topikal, penyinaran, bahkan pembedahan. Namun, keberhasilan pengobatan sangat bergantung pada respons tubuh pasien, seberapa banyak dan luasnya bercak putih.

Terapi penyinaran dianggap menjadi salah satu pengobatan yang memberikan efek baik pada penderita vitiligo, terutama yang ditangani sejak dini.

Artikel lainnya: Pemilik Kulit Gelap Rentan Alami 7 Masalah Kulit Ini

Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu setidaknya 6 bulan, hasil dari terapi ini tidak mengecewakan. Terapi lain yang dapat menjadi pilihan, antara lain terapi laser, penggunaan steroid topikal, dan teknik pembedahan.

Untuk mencegah vitiligo bertambah banyak, pasien dapat menjaga tubuh dengan menggunakan tabir surya sebelum bepergian (terutama menggunakannya di daerah yang sering terpapar sinar matahari).

Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam. Selain menggunakan tabir surya, pasien sebaiknya mengenakan pakaian yang berlengan panjang, kacamata, topi, hingga payung.

Meski belum ada pengobatan yang menjamin vitiligo bisa sembuh permanen, penanganan yang tepat dapat membantu menyamarkan warna kulit pasien. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter apabila muncul bercak putih pada bagian tubuh Anda. Semakin cepat diperiksa, semakin cepat pula Anda mendapatkan terapi yang sesuai.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar vitiligo atau penyakit lainnya, dapat berkonsultasi kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

4 Komentar