Sukses

Kelelahan dengan Peran sebagai Orang Tua? Lakukan Ini!

Menjalankan kewajiban sebagai orang tua membutuhkan banyak tenaga. Jika Anda merasa kelelahan, ini yang mesti dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika merasa kelelahan pada suatu kegiatan, Anda bisa berhenti dan melanjutkannya lain kali. Tetapi, ketika kelelahan dalam peran sebagai orang tua, berhenti bukanlah suatu pilihan. Karena pada dasarnya, orang tua memiliki tugas untuk selalu mengasuh anak agar tidak kehilangan pegangan saat menjalani kehidupan.

Sebagaimana dikatakan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, mengasuh anak merupakan suatu hal yang sangat vital karena turut menentukan karakter anak di masa mendatang.

“Bagaimana cara Anda mengasuh anak menentukan tingkat kepercayaan diri, keberanian, tanggung jawab, interaksi sosial, prestasi akademik, serta dapat memengaruhi tentang bagaimana si Kecil akan bersikap saat mengasuh anaknya sendiri kala berkeluarga nanti,” ujar dr. Reza.

Akan tetapi, pada beberapa kasus, ada pula orang tua yang benar-benar merasa ingin menyerah dengan perannya dalam hidup seorang anak. Mereka yang berisiko berada di posisi ini, adalah:

  • Orang tua tunggal atau orang tua yang merasa tidak memiliki cukup dukungan dari pasangan mereka
  • Orang tua yang mengutamakan kebutuhan anak di atas segalanya
  • Orang tua dari anak dengan kebutuhan khusus
  • Orang tua dengan masalah kesehatan fisik atau mental yang kronis
  • Orang tua dengan kesulitan finansial, hubungan yang tidak stabil, atau dengan tekanan-tekanan lainnya
1 dari 2 halaman

Apa solusinya?

Supaya tidak kelelahan, atau ingin bangkit dari rasa lelah saat menjalani peran sebagai orang tua, beberapa tips yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebutuhan pribadi

Tetap tempatkan kebutuhan pribadi pada prioritas Anda. Ini termasuk dalam hal istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta bersahabat dengan banyak orang.

  1. Mengelola stres

Stres bisa terjadi akibat mengasuh anak, dan semakin bertambah parah jika Anda juga dihimpit oleh tuntutan pekerjaan, sekolah, teman, atau anggota keluarga lainnya.

Cobalah untuk mengatasi persoalan tersebut satu per satu, dan kelola stres yang melanda diri dengan sebaik-baiknya. Untuk hal tersebut, Anda bisa melakukan meditasi, hobi, olahraga, atau berbicara tentang kekhawatiran Anda dengan orang yang paling dipercaya.

  1. Jangan sungkan meminta bantuan

Meminta bantuan bukanlah kelemahan. Tindakan tersebut justru menjadi pertanda bahwa Anda tahu batas kemampuan sendiri. Jangan pernah meremehkan kekuatan dan dukungan yang datang dari orang-orang tersayang!

  1. Bersikap realistis

Selalu ingat bahwa Anda memiliki keterbatasan, sehingga tak mampu melakukan segala hal dengan mudahnya. Cobalah untuk bersikap realistis! Misalnya, Anda berani mengatakan “tidak” jika anak terus-menerus meminta mainan.

  1. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Jangan jadikan orang lain sebagai tolok ukur, apalagi hingga membanding-bandingkan diri sendiri. Hal ini malah akan membuat beban pikiran Anda bertambah, sehingga perasaan lelah sebagai orang tua akan semakin tergugah.

Ilmu untuk menjadi orang tua hanya bisa dipelajari dengan melakukannya sepenuh hati. Oleh karena itu, selalu lakukan yang terbaik dengan perasaan ikhlas dan sabar, agar semuanya berjalan dengan lancar. Mintalah bantuan atau dukungan dari orang-orang sekitar, agar Anda bisa tetap tegar dalam menjalani peran sebagai orang tua.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar