Sukses

Tanda Tumor Otak Mengintai Anda

Tumor otak memiliki tanda dan gejala yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Mari kenali tanda dan gejala dari penyakit yang cukup mematikan ini.

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Fungsinya sangat krusial, yaitu memproses segala informasi dan memerintah kerja tubuh.

Segala penyakit yang menyerang otak pasti sangat menakutkan. Salah satu penyakit yang dapat menjangkiti otak adalah tumor otak.

Tumor otak terjadi karena adanya massa yang terbentuk di otak akibat pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Pertumbuhan sel-sel tidak normal di dalam otak tersebut akan menyebabkan masalah karena otak dilindungi tengkorak dan ruangannya terbatas. 

Tumor ini dapat menekan otak dan saraf di sekitarnya sehingga akan menyebabkan banyak gejala. Untuk mewaspadainya, kenali berbagai gejala dari tumor otak berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Sakit Kepala yang Menetap

Sakit kepala yang menetap adalah tanda yang paling umum dari tumor otak. Hanya saja, sakit kepala juga dapat menjadi tanda penyakit lainnya sehingga sering kali terabaikan. Hal ini tentu saja akan mempersulit untuk mendiagnosis tumor otak.

Namun, Anda bisa mencermati gejala sakit kepala yang dialami. Sakit kepala pada tumor otak tampaknya tidak akan hilang dan cenderung memburuk dari waktu ke waktu.

2. Kehilangan Penglihatan

Kehilangan penglihatan secara perlahan dapat menjadi gejala tumor otak. Kondisi ini terjadi akibat tumor dalam otak menekan persarafan untuk bagian penglihatan.

Sayangnya, karena dianggap tidak berhubungan, sering kali pasien tidak mengaitkan kehilangan penglihatan dengan adanya tumor otak.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, Ini Orang yang Rentan Mengidap Tumor Otak

3. Pergerakan Motorik Terganggu

Perlu Anda ketahui, terdapat bagian dari otak yang disebut sebagai motor korteks. Fungsi dari motor korteks ini adalah mengendalikan pergerakan otot di seluruh tubuh.

Apabila terdapat tumor pada daerah ini, sinyal-sinyal di dalam otak akan terganggu dan menyebabkan penderitanya kehilangan fungsi kontrol akan pergerakan.

4. Kesulitan Membentuk Kata-kata

Bicara cadel atau gagap yang tidak terjadi sebelumnya adalah tanda lain dari tumor otak.

Masalah bahasa seperti gagap, kesulitan menyebutkan nama benda, atau memahami apa yang dikatakan orang lain merupakan gejala tumor di bagian lobus frontal atau temporal otak, di mana area ini berhubungan dengan fungsi kemampuan bicara dan pemahaman bahasa.

2 dari 3 halaman

5. Perasaan Murung dan Perilaku Berisiko

Ciri-ciri tumor otak dapat diamati dari perilaku yang ditunjukkan pasien. Bila menderita tumor otak, pasien biasanya dapat mengalami depresi, kemarahan, atau kecemasan.

Umumnya kondisi ini tidak ada sebelum terkena tumor. Hal ini baru akan terjadi karena adanya tumor atau kompresi pada bagian otak frontal yang bertanggung jawab pada sifat atau kepribadian seseorang.

6. Kehilangan Pendengaran atau Telinga Berdenging

Gejala lainnya dari tumor otak adalah kehilangan pendengaran atau telinga berdenging yang disebut sebagai tinnitus. Hal ini disebabkan oleh adanya tumor yang menyerang bagian lobus temporal.

Bagian pada otak tersebut bertanggung jawab untuk memproses kemampuan mendengar suara serta memahami bahasa dan percakapan.

Artikel Lainnya: Waspada, Tumor Otak Tak Pandang Usia

7. Infertilitas

Otak mengendalikan hampir semua yang berada dalam tubuh manusia, tidak terkecuali hormon. Oleh sebab itu, tumor otak dapat menyebabkan infertilitas atau gangguan kesuburan.

Biasanya tumor otak yang menyerang kelenjar hipofisis yang menyebabkan gejala ini.

8. Kehilangan Keseimbangan

Keseimbangan yang terganggu adalah ciri adanya tumor ‘di bagian otak kecil yang berfungsi mengatur keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Serupa dengan pasien stroke, penderita tumor otak dapat mengalami mudah terjatuh, terjungkal, tersandung, dan berbagai masalah yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan lainnya.

9. Kejang

Kejang adalah salah satu gejala awal tumor otak, khususnya bila sebelumnya Anda belum pernah mengalaminya. Gejala yang satu ini umum ditemui pada pasien dengan tumor otak.

Kejang terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam otak akibat adanya tumor yang seharusnya tidak ada di dalam otak.

Dengan mengetahui tanda-tanda tumor otak, Anda dapat menjadi lebih waspada jika mengalaminya. Apabila Anda menunjukkan gejala yang berkaitan dengan keberadaan tumor otak, segera periksakan diri ke dokter.

Konsultasi kepada dokter seputar gejala tumor otak atau masalah kesehatan lebih mudah melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

1 Komentar

  • Tri

    Dok,,saya sering sakit kepala tegang sampe ke kuping berdenging kurang fokus klo LG ngbrol hilang keseimbangan kalo jalan badan lemes mual