Sukses

Mick Jagger Jalani Operasi Katup Jantung

The Rolling Stones harus menunda tur Amerika Utara mereka. Sebab, sang vokalis Mick Jagger harus menjalani operasi katup jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Mick Jagger, vokalis band rock The Rolling Stones dikabarkan harus menjalani operasi katup jantung di tengah agenda turnya. Jagger yang kini berusia 75 tahun membutuhkan penggantian katup jantung. Operasi tersebut memaksa ia berserta rekan-rekannya dalam The Rolling Stones untuk menunda tur Amerika Utara mereka.

Setelah sempat banyak beredar spekulasi mengenai alasan ditundanya tur The Rolling Stones, pihak manajemen band akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa ditundanya tur karena Jagger harus menjalani operasi penggantian katup jantung.

Bahkan, hal itu sudah dikonfirmasi sendiri oleh pelantun "Honky Tonk Women" melalui akun instagram dan twitter pribadinya.

"Saya benar-benar benci telah mengecewakan Anda semua seperti ini. Saya merasa hancur karena harus menunda tur, tetapi saya akan bekerja sangat keras untuk kembali ke atas panggung sesegera mungkin," kata Jagger.

Melansir dari Daily Mail, Jagger akan menjalani operasi sekaligus pemulihan di rumah sakit Presbyterian New York, Amerika Serikat. Nantinya, pria yang terkenal enerjik di atas panggung itu akan menjalani prosedur invasif minimal yang memungkinkannya menghindari operasi besar.

Artinya, dokter akan memperbaiki katup jantung yang rusak menggunakan kateter, sehingga arteri utama bisa diakses tanpa harus dilakukan pembedahan pada tubuh area dada. 

1 dari 3 halaman

Mengenal operasi katup jantung

Melansir dari Mayo Clinic, bedah katup jantung dilakukan untuk mengobati penyakit jantung. Operasi ini biasanya dilakukan guna menyelesaikan masalah salah satu dari empat katup di jantung Anda agar darah dapat mengalir ke arah yang benar.

Setiap katup tersebut memiliki kelopak yang seharusnya dapat membuka dan menutup selama jantung berdetak. Ketika hal tersebut tidak terjadi, aliran darah melalui jantung dan tubuh pun akan terganggu.

"Selama menjalani operasi katup jantung, dokter akan memperbaiki atau mengganti katup yang terkena. Tindakan ini masih dianggap aman, termasuk pada bedah jantung terbuka dan bedah jantung minimal invasif," kata Marc Gillinov, MD, ketua Departemen Thoracic and Cardiovascular Surgery in the Sydell and Arnold Miller Family Heart & Vascular Institute at Cleveland Clinic.

Menurut Dr. Gillinov, waktu operasi bisa berjalan selama satu jam. Akan tetapi, operasi katup jantung juga tetap ada risikonya. Berbagai risiko operasi katup jantung yang mungkin terjadi adalah:

  • Pendarahan
  • Serangan jantung
  • Infeksi
  • Disfungsi katup pada katup pengganti
  • Detak jantung tak teratur
  • Stroke

Semua komplikasi ini berpotensi fatal. Namun, jika Anda menjalani operasi di rumah sakit dan ditangani dokter yang berpengalaman, risikonya biasanya cukup rendah dan tak perlu dikhawatirkan.

2 dari 3 halaman

Pemulihan setelah operasi katup jantung

Umumnya, orang yang menjalani proses operasi katup jantung butuh sekitar dua minggu untuk fase pemulihan dengan prosedur berbasis kateter. Sementara itu, butuh waktu 3 hingga 4 minggu bila pemulihan dilakukan dengan operasi berbasis robotik, dan enam hingga delapan minggu bila menggunakan prosedur jantung terbuka.

Hanya saja, menurut Dr. Gillinov, setelah menjalani operasi katup jantung, biasanya orang dapat langsung beraktivitsas ringan seperti jalan-jalan.

Hal ini juga diamini oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter. Ia menyatakan bahwa proses pemulihan operasi katup jantung berkisar antara 4-8 minggu dan 4-6 minggu pasca operasi. Setelahnya, dibutuhkan kontrol ke dokter yang merawat secara rutin untuk melihat perkembangan pemulihan.

"Masa pemulihan pasca operasi katup jantung normalnya 4-8 minggu dan bisa lebih singkat bila metode operasinya minimal invasif (bukan operasi terbuka). Setelah 4-6 minggu pasca operasi, kontrol ke dokter yang merawat perlu dilakukan untuk mengetahui apakah jantung sudah mampu untuk mendukung aktivitas yang biasa Anda lakukan, bahkan untuk berolahraga," jelas dr. Fiona.

Meski harus menjalani operasi katup jantung, semangat Mick Jagger untuk melanjutkan turnya tak lantas pupus. Operasi tersebut sudah sukses dilakukan pada Jumat (5/3) atau tanggal 4 April waktu setempat. Kini Jagger diminta untuk total istirahat untuk memulihkan diri. Semoga kesehatan jantung Jagger cepat pulih dan bisa kembali beraksi di atas panggung bersama The Rolling Stones.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar