Sukses

Tak Mesti Bisa Balet, Miliki Postur Indah dengan Olahraga Barre

Postur indah yang dimiliki penari balet bisa Anda dapatkan dengan barre. Yuk, kenali olahraga yang satu ini!

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki postur indah nan ideal adalah dambaan setiap wanita. Sebagian wanita mencoba mewujudkannya dengan mengikuti kelas aerobik, yoga atau balet. Tapi saat ini, mewujudkan postur idaman tersebut tidak hanya bisa dicapai dengan balet. Olahraga barre saat ini juga menjadi pilihan banyak wanita untuk mendapatkan postur indah yang mereka dambakan.

Olahraga barre ditemukan oleh Lotte Berk, seorang penari Jerman yang tinggal di London. Setelah mengalami cedera punggung, ia memiliki ide untuk merancang gerakan latihan berbasis tarian yang dapat membantunya pulih. Tak lama setelah sembuh, Berk membagikan metodenya kepada banyak orang dan tercetuslah nama “Lotte Berk Method”. Kini, metode itu dikenal luas sebagai barre.

Barre mengombinasikan gerakan balet, yoga, pilates, serta kardio di dalamnya. Olahraga ini memanfaatkan exercise ball kecil dan resistance band yang terbuat dari karet, juga barbel berat rendah untuk membantu mengencangkan otot dan membakar kalori. Seperti halnya balet, saat latihan barre, Anda akan menggunakan ballet barre, yakni pegangan tangan yang ada di setiap sisi ruangan.

Fokus dari latihan barre adalah kesejajaran sumbu tubuh (proper body alignment), keseimbangan, dan keterlibatan otot perut. Karena itu, barre bukanlah olahraga yang dapat dilakukan dengan tergesa-gesa. Barre juga menargetkan otot lengan, paha, maupun bokong.

Tak perlu mengenakan tutu atau sepatu khusus balet, cukup gunakan baju olahraga biasa Anda saat barre. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan legging dan atasan yang melekat pada tubuh agar pelatih dapat menilai gerakan yang Anda lakukan dan memperbaikinya sepanjang kelas berlangsung. Dianjurkan pula untuk memakai kaus kaki yang tidak licin.

Apaka barre hanya untuk mereka yang biasa menari?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah: tidak. Umumnya, orang-orang yang mencoba barre adalah mereka yang sudah menjajal berbagai kelas fitness yang bervariasi (misalnya: yoga, Zumba, dan lainnya). Namun, tak sedikit juga dari mereka yang baru memulai olahraga.

Apabila target Anda adalah memperbaiki postur dan keseimbangan, meningkatkan kekuatan otot perut, menjadi lebih lentur, bahkan sekadar mencari tantangan baru, Anda harus mencoba barre. Barre sangat ramah untuk pemula, dan gerakannya dapat disesuaikan sesuai kemampuan.

Jika Anda merasa nyaman dan kuat, Anda bisa meningkatkan intensitas latihan dengan menggunakan dumbbell 0.5 kg dan melakukan gerakan yang lebih menantang. Bila Anda memiliki cukup banyak pengalaman olahraga dan mencari tantangan baru untuk diri sendiri, Anda dapat mencari kelas barre tingkat lanjut.

Apakah barre aman jika saya memiliki kondisi kesehatan tertentu?

Barre baik untuk sendi karena tergolong olahraga low-impact. Anda yang memiliki artritis atau masalah sendi lainnya bisa mencoba olahraga ini. Dengan barre, Anda dapat membangun otot yang lebih kuat, sehingga menambah tunjangan terhadap sendi serta mengurangi nyeri.

Namun, jika Anda mencari olahraga untuk membantu mengontrol diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, maupun penyakit jantung, Anda dapat memilih olahraga yang lebih. Misalnya, latihan kardio yang dapat lebih meningkatkan detak jantung Anda.

Jika Anda hamil, kelas barre merupakan pilihan yang tepat. Itu karena saat barre, Anda membakar kalori dan menjaga otot tetap kuat tanpa menaruh beban lebih pada tubuh. Tapi Anda mungkin perlu mengubah beberapa gerakan saat kehamilan semakin tua.

Dengan segala keuntungan yang didapat dari barre, Anda pastinya langsung tertarik untuk mencobanya bersama teman-teman. Untuk Anda yang belum terbiasa berolahraga maupun sudah banyak pengalaman olahraga, bisa menjajal kelas barre di tempat fitness terdekat. Jadi tak perlu pergi ke kelas balet untuk bisa memiliki postur indah ala balerina, kan?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar