Sukses

Cara Sehat dan Jitu Memperbaiki Hari yang Buruk

Anda mengalami hari yang buruk dan bikin stres? Jangan khawatir, ada cara sehat dan jitu untuk memperbaikinya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami hari yang sangat buruk, entah di kantor atau di perjalanan. Kadang, hari yang buruk itu membuat Anda tidak produktif, kesal sendiri, dan akhirnya hari itu bertambah buruk. Daripada terus berkeluh kesah, lebih baik cari tahu cara sehat dan jitu untuk menenangkan diri agar hari Anda kembali menyenangkan.

Cobalah kiat sederhana dan efektif ini untuk mengembalikan mood Anda dengan cepat, seperti dilansir Livestrong dan sumber lainnya.

  1. Kontrol pernapasan

Ketika Anda stres, sistem saraf otonom akan menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, jantung berdetak kencang, produksi keringat berlebih, mulut dan tenggorokan menjadi kering, dan napas berubah cepat, pendek, serta tidak teratur. Namun, Anda dapat mengambil alih kekacauan tersebut dengan mengontrol pernapasan.

“Tarik napas selama 4 detik, tahan selama 4 detik, dan buang napas selama 4 detik. Begitu Anda merasa sudah tenang, biarkan ritme napasmu kembali ke ritme yang normal dan alami,” kata Sharon Cleere, seorang penulis dan guru meditasi.

Hal yang sama disampaikan oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. “Saat Anda mulai merasa stres, coba tarik napas panjang supaya tenang. Jauhkan diri Anda sejenak dari hal-hal yang membuat stres.”

  1. Ucapkan mantra positif

Tak dimungkiri, mengalami hari yang buruk dan berusaha tetap tenang adalah hal yang sulit. Akan tetapi, ketika berada dalam situasi penuh tekanan, berpikir negatif justru akan membuat Anda makin lelah.

Cobalah untuk mengucapkan mantra positif yang dapat membuat Anda kembali bahagia dan percaya diri. Menurut Creele, mantra adalah pikiran yang Anda ciptakan dengan maksud tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

“Pikiran yang positif akan berdampak pada bagaimana Anda merespons suatu masalah,” ungkap dr. Nadia. Sebaliknya jika Anda negatif, masalah akan tampak semakin rumit, dan Anda pun bisa makin pusing dan bingung. Meski sulit untuk berpikir positif saat dilanda stres, banyak hal baik yang Anda dapatkan dengan menerapkan hal tersebut daripada jika Anda berpikir negatif, kan?

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Berolahraga

Jika hari sudah telanjur buruk, mungkin olahraga adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Anda hanya ingin malas-malasan di kasur dan membenamkan diri ke dalam selimut.

Sebenarnya sah-sah saja menenangkan diri dengan cara tidur. Tapi jangan terlalu lama, dan cobalah untuk bergerak aktif setelah sesi “malas” selesai agar pikiran Anda bisa lebih tenang.

Menurut dr. Nadia, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks. “Karena saat Anda olahraga, tubuh melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang memberi Anda dorongan untuk bahagia,” jelasnya.

Anda mungkin bisa melakukan olahraga aerobik, kardio, atau yoga, apa pun yang Anda sukai. Setengah jam berolahraga sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran Anda segar kembali. Anda pun jadi bisa melihat masalah dengan lebih jernih, tanpa dibebani oleh emosi negatif.

  1. Menikmati keindahan alam

Berjalan kaki atau bermeditasi di taman saat Anda mengalami hari yang buruk cukup efektif untuk mengusir kegalauan. Menurut sebuah studi tahun 2018 yang dipublikasikan di Behavioral Sciences, menikmati alam dan keindahannya bisa meredakan kecemasan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan.

Sebuah penelitian pada 2015 yang dimuat di Journal of Environmental Research and Public Health menunjukkan bahwa hanya dengan melihat pohon dan tanaman hijau, suasana hati Anda dapat melambung sehingga perasaan stress pun berkurang.

“Aneh memang kedengarannya, tapi pohon-pohon memberikan energi yang sangat positif. Jika Anda merasa sedih, marah, atau stres, hanya dengan berada di sekitar atau duduk dekat pohon akan membuat Anda merasa lebih seimbang secara instan,” kata Cali Estes, Ph.D., seorang terapis kesehatan mental.

Mengalami hari yang buruk bukanlah akhir dari segalanya. Justru ada banyak pelajaran dari sana, yang akan membuat Anda lebih baik untuk hari-hari berikutnya. Sugesti diri itu penting. Saat Anda merasa marah dan lelah, ucapkan mantra yang bisa membantu Anda bangkit kembali. Lalu, alihkan perasaan Anda pada hal-hal yang lebih positif dan menyenangkan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar