Diet dan Nutrisi

7 Makanan Ini Lebih Kaya Kalsium daripada Susu

Ayu Maharani, 03 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin penuhi kebutuhan kalsium namun tidak bisa konsumsi susu? Ini dia asupan yang bisa kamu pilih sebagai alternatifnya!

7 Makanan Ini Lebih Kaya Kalsium daripada Susu

Sebagian besar masyarakat mengenal susu sebagai satu-satunya sumber kalsium untuk menyehatkan tulang dan gigi. Padahal, masih banyak makanan maupun minuman lain yang juga mengandung kalsium, bahkan tinggi dari susu.

Nah, bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi susu karena alasan tertentu, berikut adalah alternatif pilihan sumber kalsium lain yang bisa kamu jadikan pilihan:

Ikan salmon

Dalam 6 ons ikan salmon segar terkandung sekitar 340 miligram kalsium. Bila kamu ingin mendapatkan lebih banyak kalsium, ikan salmon kalengan disinyalir mengandung 10 miligram lebih banyak ketimbang salmon segar.

Ikan sarden

Sulit menemukan ikan salmon? Kalau begitu, kamu bisa mengonsumsi ikan sarden. Sebab, dalam 3 ons ikan sarden mengandung 370 miligram kalsium. Selain itu, sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Kacang almond

Almond dapat menjadi sumber kalsium yang baik untuk kamu. Dalam ¾ cangkir kacang almond mengandung sekitar 320 miligram kalsium. Itulah mengapa, orang-orang yang intoleransi laktosa lebih memilih mengonsumsi susu almond untuk mendapatkan pasokan kalsium.

Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti sawi, bok choi, lobak hijau, kubis, dan kangkung juga mengandung kalsium. Dalam 2 cangkir lobak hijau terkandung sekitar 394 miligram kalsium. Sedangkan, 2 cangkir kubis mengandung 188 miligram.

Namun, menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, kamu sebaiknya menghindari bayam jika ingin memaksimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh:

“Itu karena makanan yang mengandung oxalic acid seperti bayam dapat mengikat kalsium, sehingga mengganggu penyerapannya di dalam tubuh,” dr. Sara menjelaskan.

Jus jeruk

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah sakit sekaligus menguatkan tulang dan gigi, rutin mengonsumsi jus jeruk bisa jadi solusinya. Dalam 8 ons jus jeruk, terkandung 350 miligram kalsium.

Tahu

Secangkir tahu akan memberimu 861 miligram kalsium! Tinggi sekali, bukan? Bila kamu ingin mendapatkan lauk makan siang atau malam yang lezat sekaligus tinggi kalsium, masaklah tumis tahu beserta sayuran hijau. Kamu yang berusia 19 tahun hingga di atas 71 tahun pun dapat memenuhi 1.000 miligram kebutuhan kalsium per hari hanya dengan mengonsumsi campuran kedua jenis makanan tersebut.

Oatmeal

Dalam setengah cangkir oatmeal, terkandung 200 miligram kalsium. Bila kamu ingin menyantap sarapan sehat yang lezat, penuh serat, vitamin, dan kalsium, sajikan oatmeal dengan campuran susu almond. Lalu, tambahkan pisang untuk memperkaya rasa dan memberi tambahan potasium di menu sarapanmu.

Itulah beberapa asupan yang bisa kamu pilih sebagai alternatif susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu yang butuh pasokan kalsium lebih tinggi, konsumsi makanan di atas dapat dikombinasikan dengan suplemen kalsium. Namun sebelum itu, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui dosis suplemen yang paling tepat untuk melengkapi makanan yang kamu konsumsi guna memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari.

Kamu juga bisa konsultasi seputar kebutuhan kalsium tubuh kamu atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(NB/ RVS)

sayuran hijauIkansusuOatmealtahumakanankalsiumKacang almond

Konsultasi Dokter Terkait