Kesehatan Umum

5 Cara Tepat Atasi Migrain Tanpa Obat

dr. Valda Garcia, 02 Apr 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak melulu butuh obat, migrain alias sakit kepala sebelah juga bisa diatasi dengan cara alami yang relatif mudah dan sederhana.

5 Cara Tepat Atasi Migrain Tanpa Obat

Migrain adalah jenis sakit kepala yang hanya menyerang salah satu sisi kepala. Keluhan ini umumnya disertai dengan mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya. Ketika terjadi, sebagian besar orang yang mengalaminya cenderung memilih obat sebagai solusi yang paling utama. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga mengandalkan obat saat terjadi serangan migrain?

Bagi Anda yang sering mengalami migrain namun tak ingin bergantung pada obat, keluhan tersebut dapat diatasi dengan melakukan cara-cara alami, lho! Ya, migrain dapat diatasi tanpa perlu konsumsi obat-obatan tertentu.

Cara alami atasi migrain

Pada dasarnya, terapi migrain digolongkan menjadi dua: terapi abortif yang bertujuan untuk menangani gejala secara langsung, dan terapi profilaksis atau pencegahan. Pasien dengan migrain berulang biasanya membutuhkan kedua jenis terapi tersebut.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan terapi yang dimaksud, yaitu:

  1. Menghindari faktor pemicu

Terdapat berbagai hal yang dapat memicu munculnya migrain, seperti kurang istirahat, terlalu lelah, stres, serta konsumsi makanan dan penggunaan obat tertentu. Makanan yang dapat memicu migrain, termasuk keju, alkohol, kacang dan asupan yang mengandung kafein.

Oleh karena itu, supaya Anda tidak mengalami migrain, hindari atau batasi sama sekali semua hal yang bisa memicu terjadinya keluhan terkait. Khusus untuk pil KB, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut pada dokter untuk mengganti dengan jenis lain yang tidak menimbulkan keluhan migrain.

  1. Menjaga sleep hygiene

Berdasarkan American Migraine Foundation, salah satu cara untuk mengatasi migrain adalah dengan menjaga kualitas tidur, yaitu dengan memperhatikan sleep hygiene. Hal ini dapat diterapkan dengan menjaga waktu tidur dan waktu bangun secara teratur setiap harinya.

Selain itu, hindari melakukan aktivitas yang dapat menstimulasi pikiran di sekitar tempat tidur. Sebab, aktivitas seperti menggunakan gawai atau membaca di sekitar tempat tidur dapat memberi stimulasi berlebihan pada otak, sehingga sulit untuk beristirahat pada malam hari.

  1. Cukupi cairan tubuh

Jika terjadi dehidrasi, aliran darah dan oksigen ke otak akan berkurang sehingga menyebabkan timbulnya migrain. Karenanya, agar tidak berakhir mengalami kondisi tersebut, Anda wajib memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 2 liter air putih setiap hari.

Apabila dehidrasi dan migrain sudah telanjur terjadi, Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat. Jika dirasa benar-benar perlu, konsumsi minuman yang mengandung elektrolit juga boleh dilakukan.

  1. Konsumsi vitamin

Vitamin dipercaya dapat membantu mencegah dan mengatasi migrain. Berbagai penelitian mengatakan bahwa konsumsi vitamin B2, yang dikenal dengan riboflavin, dapat mengatasi migrain. Faktanya, riboflavin cepat dikeluarkan oleh tubuh sehingga dapat dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari. Selain itu, magnesium juga memiliki peranan dalam mengatasi migrain, khususnya pada migrain yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

  1. Lakukan terapi biofeedback atau cognitive behavioral therapy

Mengatasi migrain tanpa obat juga dapat dirasakan dengan melakukan terapi biofeedback maupun cognitive-behavioral therapy. Kedua jenis terapi tersebut bertujuan untuk membuat kondisi tubuh lebih relaks, melatih kesadaran dalam mengatasi rasa sakit dan stres berlebihan dengan mengubah perilaku, pikiran dan perasaan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan pencegahan supaya penyakit tidak benar-benar terjadi. Akan tetapi, ketika proses pencegahan menuai kegagalan, selalu awali upaya kesembuhan dengan menggunakan terapi tanpa obat, tak terkecuali untuk kasus migrain atau sakit kepala sebelah. Namun jika migrain yang Anda alami tidak kunjung hilang, segera periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

(NB/ RVS)

MigrainobatvitaminkepalaCairan tubuhSakit Kepala SebelahAtasi Migrain Tanpa ObatSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait