Sukses

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Jakun

Jakun alias Adam’s apple merupakan tonjolan di leher yang khas pada pria. Apa, sih, fungsinya? Ketahui lima fakta menarik ini!

Klikdokter.com, Jakarta Jakun, atau juga dikenal dengan istilah Adam’s apple, merupakan suatu tonjolan yang terdapat pada leher. Tonjolan tersebut merupakan bagian dari kartilago (tulang rawan) tiroid, yaitu jaringan ikat yang lebih fleksibel dibandingkan tulang. Jakun tersebut umumnya mulai tampak pada saat pubertas dan cenderung lebih prominen pada pria. Bukan cuma “hiasan” khas pria, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai jakun.

  1. Bagian dari tulang rawan yang melindungi laring

Pada saat pubertas berlangsung, laring mengalami pertumbuhan dan mendorong jakun ke arah luar. Laring, beserta bagian tubuh lainnya seperti mulut dan saluran di hidung, berfungsi untuk memproduksi suara. Selain itu, laring juga berfungsi untuk melindungi saluran napas saat seseorang menelan. Laring yang lebih besar umumnya memproduksi suara yang lebih dalam, karena terdapat lebih banyak ruang untuk resonansi getaran.

Kartilago yang terdapat di sekeliling laring melindunginya dari kemungkinan terjadinya cedera. Seiring dengan bertumbuhnya laring, kartilago tersebut, terutama jakun, terdorong ke luar. Namun, jakun sendiri tidak memiliki fungsi spesifik secara tersendiri.

  1. Wanita juga memiliki jakun

Pria dan wanita sama-sama memiliki jakun, tetapi umumnya bagian tubuh ini cenderung lebih prominen pada pria dibandingkan wanita. Hal ini dikarenakan pria mengalami pertumbuhan laring menjadi lebih besar pada saat pubertas.

Sebelum masa pubertas, umumnya laki-laki dan perempuan memiliki ukuran laring yang cenderung setara. Akan tetapi, pertumbuhan laring umumnya lebih cepat pada laki-laki, dan ukuran akhir laring pada saat dewasa juga lebih besar pada pria dibandingkan pada wanita.

Laring yang lebih besar dapat menjelaskan mengapa pria umumnya memiliki suara yang lebih dalam dan keras. Meski demikian, perubahan hormonal juga dapat memengaruhi cara berkembangnya jakun. Alhasil, sebagian pria dapat memiliki laring yang kecil dengan suara yang lebih tinggi, dan sebagian wanita juga dapat memiliki laring yang besar dengan suara yang lebih rendah.

  1. Ukuran berpengaruh?

Ukuran dari jakun tidak memengaruhi status kesehatan seseorang. Namun, ukuran tersebut dapat menjadi masalah jika misalnya Anda yang seorang wanita merasa jakunnya terlalu menonjol, atau sebaliknya, seorang pria merasa jakunnya terlalu kecil.

Walaupun jakun tidak memiliki fungsi spesifik dari segi medis (seperti halnya tulang rawan pada telinga atau hidung), laring atau pita suara berfungsi untuk memproduksi suara saat seseorang berbicara, tertawa, berbisik, menyanyi, atau berteriak.

Memiliki jakun tidak berarti bahwa seseorang akan dapat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut dengan lebih baik, melainkan hanya mengindikasikan bahwa laring orang tersebut sedikit lebih besar dari segi ukuran.

  1. Kondisi kesehatan yang berdampak pada jakun

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di sekitar laring. Hal ini dapat membuat jakun tampak lebih besar dari biasanya.

Beberapa kondisi yang dimaksud antara lain laringitis atau peradangan dari laring, faringitis atau peradangan dari bagian belakang tenggorok, kanker laring, dan kanker tiroid. Penanganannya bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi masing-masing orang.

Bagaimana, menarik, ya, fakta medis seputar jakun atau Adam’s apple? Kesimpulannya, jakun merupakan suatu tonjolan dari kartilago tiroid yang fungsinya adalah melindungi laring. Ukuran jakun bisa berbeda-beda, tergantung dari pola pertumbuhan laring pada saat pubertas, tetapi umumnya jakun pada pria lebih besar daripada wanita. Perubahan di area sekitarnya akibat kondisi kesehatan tertentu dapat membuat jakun tampak lebih besar, serta dapat mengindikasikan adanya kondisi kesehatan tertentu.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar