Sukses

Mengenal Macam-Macam Fobia Aneh yang Ada di Dunia

Fobia terbagi menjadi beberapa macam. Dari yang biasa hingga paling aneh. Jangan-jangan, Anda termasuk orang yang mengalami jenis fobia aneh?

Fobia adalah ketakutan secara berlebihan akan suatu hal. Beberapa jenis fobia yang paling umum ditemukan adalah takut ketinggian, gelap, dan/atau takut darah. Tak terbatas pada itu, ternyata ada juga beberapa orang yang memiliki fobia aneh dan tergolong tidak masuk di akal sehat. Tahukah Anda jenis fobia aneh apa saja yang dimaksud?

1 dari 2 halaman

Macam-macam Fobia yang Terjadi di Dunia

Berikut ini adalah beberapa jenis fobia yang tergolong aneh, namun benar-benar nyata dan dialami oleh beberapa orang di dunia:

1. Plutophobia atau Takut Uang

Alasan pertama orang bekerja keras adalah untuk mendapatkan uang. Baik untuk membeli suatu barang yang diidam-idamkan atau sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saking dianggap penting ataupun sangat berharga, sebagian orang melegalkan beragam cara hanya demi mendapatkan uang.

Namun, di tengah-tengah masyarakat dunia yang menganggap uang adalah segalanya, ternyata ada juga individu yang takut dengan uang ataupun kekayaan. Jenis fobia ini dikenal medis dengan sebutan plutophobia.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Fobia Naik Pesawat

2. Phobophobia atau Takut dengan Fobia yang Dimiliki

Jenis fobia yang satu ini tergolong lebih kompleks. Sebab, orang yang mengalaminya tidak memiliki hal-hal spesifik yang ditakuti. Ia justru memiliki ketakutan bahwa ada sebuah fobia yang dialami oleh dirinya, namun tidak dimengerti dan tidak disadari oleh dirinya sendiri. Rasa takut pada orang yang memiliki fobia memang sulit dimengerti dan cenderung berlebihan.

Hal ini membuat penderita fobia ini sering dijadikan bulan-bulanan oleh lingkungan sekitar karena terbatasnya pemahaman masyarakat akan gangguan cemas yang dialaminya.

3. Geliophobia atau Takut Tertawa

Hampir setiap orang ingin tersenyum dan tertawa bahagia dengan segala sesuatu yang membuat gembira. Di sisi lain, ada juga orang yang takut bila dirinya tertawa.Sebagai penyandang geliophobia, orang-orang ini menarik diri dari hal-hal lucu supaya dia tidak tertawa dan tidak mendengar tawa orang lain. Padahal, mereka hanya mengeluarkan suara cekikikan kecil yang tidak terlalu terdengar.

Artikel Lainnya: Fobia Gelap, Apa Solusinya di Hari Raya Nyepi?

4. Caligynephobia atau Takut dengan Wanita Cantik

Sebagian pria merasa bahagia saat dirinya dikelilingi oleh wanita-wanita cantik. Namun, ada juga, lho, pria yang sama sekali tidak ingin berada di kondisi tersebut. Mereka adalah pria dengan caligynephobia atau venustraphobia.

Orang-orang yang mengalami jenis fobia ini akan merasakan sensasi nyeri dada, mati rasa, bahkan pingsan saat berada di dekat kaum hawa yang mereka anggap sangat menarik secara fisik.

5. Genuphobia atau Takut dengan Lutut

Orang yang mengalami jenis fobia ini tidak suka melihat lutut, baik milik dirinya sendiri maupun orang lain. Hal ini membuat ia akan selalu mengenakan celana atau rok panjang yang menutupi lutut dan berharap orang sekitarnya juga melakukan hal yang sama.

Kalau dia sedang mandi, bagaimana, ya? Apa mungkin orang-orang dengan genuphobia menutupi lututnya dengan sesuatu supaya tidak timbul rasa takut saat dirinya sedang mandi? Tidak ada yang tahu!

6. Nomophobia atau Takut Lepas dengan Ponselnya

Sepertinya ketakutan jenis ini banyak terjadi pada kaum milenial masa kini. Nomophobia mengakibatkan seseorang tidak bisa hidup tanpa ponsel atau gawai miliknya. Jenis fobia ini bermunculan seiring berkembangnya zaman, karena semakin tingginya tingkat ketergantungan masyarakat pada ponsel pintar ataupun gawai jenis lainnya.

Artikel Lainnya: 5 Fobia Ini Bisa Gambarkan Kepribadian Anda

7. Eleutherophobia atau Takut akan Kebebasan

Orang yang takut dengan kebebasan pada dasarnya tidak dapat melakukan apa pun tanpa menerima perintah dari orang lain. Dengan kata lain, individu tersebut memiliki tingkat inisiatif yang rendah. Mereka juga lebih memilih untuk menyelesaikan tanggung jawabnya ketimbang mendapatkan kebebasan waktu. Bila mendapatkan kebebasan, individu ini cenderung mengalami detak jantung yang tidak beraturan, berkeringat, dan gemetar.

8. Kathisophobia atau Takut Duduk

Aneh tapi nyata. Ya, kathisophobia membuat penderitanya benar-benar takut untuk melakukan posisi duduk. Orang-orang yang mengalami jenis fobia ini mungkin akan menghabiskan waktu sehari-hari dengan berdiri atau rebahan.

9. Aquaphobia atau Takut Air

Aquaphobia adalah ketakutan spesifik terhadap sumber air apa pun. Hal ini dapat mencakup kolam renang, danau, laut, atau bahkan bathtub yang sebenarnya sama sekali tidak bahaya. Aquaphobia sering disalahartikan dengan fobia lain yang disebut hidrofobia. Meski keduanya melibatkan air, aquaphobia dan hidrofobia tidaklah sama. Hidrofobia itu sendiri adalah keengganan terhadap air yang berkembang pada penderita selama tahap akhir penyakit rabies.

Artikel Lainnya: Heboh Video Balita Ditarik Monyet, si Kecil Bisa Fobia Hewan

10. Allodoxaphobia atau Takut untuk Berpendapat

Ini adalah jenis fobia yang sangat langka. Allodoxaphobia diyakini terkait dengan pengalaman yang kurang baik sebelumnya, di mana penderitanya tidak dapat mengekspresikan pendapat mereka dengan benar atau mengalami penolakan.

Itu dia beberapa jenis fobia aneh yang ada di dunia. Apakah Anda pernah melihat atau bahkan berteman dengan salah satu orang yang mengalami jenis fobia aneh tersebut? Jangan dijadikan bulan-bulanan, ya!

Bila Anda berada di sekitar orang yang mengalami fobia dan sedang kambuh, sebaiknya jangan jadikan lelucon. Sebab, fobia sebenarnya juga menyiksa penderitanya.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memberikan bantuan pada mereka yang mengalami penyakit fobia dengan membawanya ke psikiater. Sebagai langkah awal, Anda juga bisa bertanya pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar