Sukses

Bolehkah Menggunakan Sheet Mask Setiap Hari?

Masker jenis sheet mask kini tengah naik daun dan dijual dengan berbagai motif yang lucu. Tapi, bolehkah digunakan setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Sheet mask merupakan masker berupa lembaran tipis yang terbuat dari kertas atau serat alami. Bentuk masker lembaran ini telah disesuaikan dengan ukuran serta bentuk wajah, yakni mempertimbangkan lubang pada bagian mata, hidung dan mulut. Karena praktis, perawatan wajah ini tengah digemari wanita.

Tata cara penggunaan sheet mask di kulit wajah

Kaya akan esens dan serum yang mudah diserap oleh wajah, sheet mask memang berkhasiat untuk membuat kulit wajah lebih cantik. Esens dan serum tersebut akan mengikat air ke dalam kulit, sehingga membuat kulit lebih terhidrasi dan terlihat segar. Fungsi lain dari masker ini juga dapat mencerahkan kulit.

Agar dapat memberikan hasil yang optimal, jenis masker ini sebaiknya digunakan setelah membersihkan wajah lalu penggunaan toner. Lubang pada masker dapat menjadi panduan Anda untuk meletakkan masker secara merata pada wajah.

Secara umum, masker ini digunakan selama kurang lebih 15 menit. Namun, Anda dapat memperhatikan durasi yang dianjurkan pada kemasan produk. Biasanya, saat menggunakan sheet mask Anda akan menemukan sisa esens pada kemasan.

Cairan ini bisa Anda aplikasikan pada leher, tangan atau kaki untuk mendapatkan manfaat yang sama pada kulit di area tersebut.

Jika penggunaan masker sudah sampai pada batas waktu yang disarankan, lepas masker dari wajah dan tepuk-tepuk sisa esens yang tertinggal hingga meresap. Kemudian, gunakan pelembap untuk mengunci manfaat yang telah diberikan.

Selain karena berbagai manfaat yang bisa diperoleh, sheet mask semakin populer karena memiliki berbagai keunggulan dibanding jenis masker lainnya.

Masker jenis ini mudah digunakan, praktis, cocok untuk kebanyakan tipe kulit dan harganya cukup ekonomis. Meski demikian, sheet mask hanya dijual dalam yaitu satu ukuran yang belum tentu cocok untuk menjangkau wajah setiap orang. Tapi, seberapa seringkah masker ini boleh digunakan?

Bolehkah digunakan setiap hari?

Menggunakan sheet mask setiap hari sebenarnya dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, membantu mendorong bahan-bahan produk kecantikan masuk lebih dalam ke kulit, dan membantu relaksasi.

Jika memiliki tipe kulit sensitif, sheet mask merupakan pilihan yang baik karena memiliki lebih sedikit pengawet, sehingga kemungkinan menyebabkan iritasi lebih kecil.

Jadi, pada dasarnya tidak masalah jika Anda ingin menggunakan sheet mask setiap hari, asal bukan masker yang berfungsi untuk anti penuaan. Selain itu, pastikan juga karakter kulit Anda bukanlah tipe kulit yang mudah berjerawat.

Sebab, perawatan wajah yang berfungsi menunda penuaan mengandung bahan asam glikolik yang berperan dalam eksfoliasi atau pengelupasan kulit, sehingga bila digunakan setiap hari dapat menyebabkan iritasi kulit.

Bagi Anda dengan tipe kulit yang mudah berjerawat, penggunaan sheet mask setiap hari dapat memicu pertumbuhan jerawat akibat sifat masker yang oklusif dan menutup pori-pori kulit. Dengan demikian, penggunaan sheet mask boleh dilakukan hanya satu kali dalam seminggu.

Masker wajah memang pilihan perawatan kecantikan yang ditargetkan untuk kulit wajah. Namun, penggunaannya tergantung pada kebutuhan masing-masing jenis kulit.

Jadi penggunaan sheet mask setiap hari boleh saja, namun bergantung pada kandungan dan jenis kulit yang Anda miliki. Sebelum membeli atau menggunakannya, biasakan untuk membaca label pada kemasan produk untuk mengetahui apakah aman bagi kulit Anda dan boleh digunakan setiap hari.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar