Sukses

Salah Pilih Kacamata Hitam Bikin Kesehatan Mata Terancam

Penggunaan kacamata hitam yang tidak sesuai dapat mengancam kesehatan mata. Tahukah Anda akan hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Kacamata hitam merupakan salah satu aksesoris yang cukup banyak digandrungi oleh masyarakat akhir-akhir ini. Apalagi saat berwisata ke pantai atau ke tempat yang terik, kacamata hitam seakan menjadi benda yang tak boleh ketinggalan untuk digunakan.

Banyak jenis kacamata hitam yang dijual bebas di pasaran. Mulai dari kacamata kualitas tinggi yang berharga jutaan rupiah, hingga kacamata kualitas rendah yang dijual dengan harga puluhan ribu saja.

Tahukah Anda mengapa hal ini perlu diperhatikan dengan saksama? Bukan masalah harga, melainkan karena kacamata hitam kualitas rendah tidak benar-benar memberikan perlindungan pada mata Anda!

Fungsi kacamata hitam

Selain untuk mendukung penampilan, kacamata hitam sebenarnya memiliki manfaat untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Seperti diketahui, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat mengganggu kesehatan mata.

Apakah Anda pernah memperhatikan kondisi mata saat keadaan sedang terik atau silau? Pada keadaan tersebut, kelopak mata akan secara otomatis menutup sebagian. Begitu pula dengan pupil mata, yang juga akan mengecil ketika terpapar cahaya silau. Keadaan tersebut merupakan respons fisiologis tubuh untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Nah, di sinilah peran utama kacamata hitam.

Penggunaan kacamata hitam mampu menangkal sinar ultraviolet dengan lebih efektif, sehingga tidak masuk ke dalam mata dan menyebabkan kerusakan. Jadi, dalam keadaan terik, penggunaan kacamata hitam sangat dianjurkan dari sisi medis guna melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet.

1 dari 2 halaman

Semua kacamata hitam sama?

Namun, apakah semua kacamata hitam memiliki fungsi serupa? Tidak! Setiap barang diciptakan berbeda. Ada yang berkualitas tinggi, ada pula yang berkualitas rendah.

Pada kacamata berkualitas tinggi yang harganya mungkin mencapai jutaan rupiah, manfaat yang telah dijabarkan di atas sangat mungkin Anda rasakan. Ini karena kacamata hitam kualitas tinggi yang harganya relatif mahal memiliki desain lensa khusus untuk menangkal sinar ultraviolet.

Sementara itu, pada kacamata hitam kualitas rendah yang umumnya dijual puluhan ribu saja, sulit rasanya untuk mengatakan bahwa benda ini benar-benar mampu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Secara lebih spesifik, beberapa aspek perbedaan mendasar antara kacamata hitam kualitas tinggi dan rendah adalah sebagai berikut:

  • Perlindungan sinar ultraviolet

Kemampuan perlindungan dari sinar ultraviolet sangat penting bagi sebuah kacamata hitam. Pada kacamata hitam kualitas tinggi, benda ini mampu memberikan perlindungan 100% terhadap sinar ultraviolet.

Sedangkan, pada kacamata hitam kualitas rendah, perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang diberikan benda ini tidak mencapai 10%. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kacamata hitam kualitas rendah benar-benar tidak melindungi mata. Kacamata jenis ini hanya digunakan untuk bergaya semata.

  • Kualitas lensa

Kacamata hitam kualitas rendah terlihat memberikan daya pandang yang jelas saat pertama kali digunakan. Namun, setelah menggunakannya sepanjang hari, Anda akan merasakan nyeri pada mata yang diakibatkan oleh kualitas lensa yang rendah. Hal ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman, dan dalam jangka waktu panjang juga dapat mengganggu penglihatan Anda.

  • Ketahanan lensa

Ketahanan lensa pada kacamata hitam kualitas rendah sangat berbeda dari kacamata hitam kualitas tinggi. Ini karena bahan yang digunakan untuk membuat lensa kacamata hitam kualitas rendah berbeda jauh dari kacamata hitam kualitas tinggi.

Faktanya, lensa kacamata hitam kualitas tinggi terbuat dari lensa polikarbonat. Lensa yang seperti ini memiliki ketahanan yang paling baik. Sementara itu kacamata hitam kualitas rendah umumnya hanya terbuat dari plastik yang memiliki ketahanan sangat rendah sehingga cepat rusak.

Selain akibat aspek-aspek tersebut, ada pula alasan lain mengapa Anda sebaiknya tidak menggunakan kacamata hitam kualitas rendah. Penelitian mengatakan, “mata telanjang” lebih baik daripada menggunakan kacamata hitam kualitas rendah.

Coba bayangkan, saat Anda berada di pantai dengan kondisi cuaca yang terik, mata akan merespons paparan sinar ultraviolet dengan menutup kelopak mata sebagian sambil mengecilkan pupil. Nah, jika Anda menggunakan kacamata hitam kualitas rendah, mata akan tertipu dengan efek gelap dari kacamata tersebut. Lantas, kelopak mata Anda akan tetap terbuka sementara pupil membesar saat terpapar sinar ultraviolet.

Padahal, kacamata hitam kualitas rendah tidak memberikan perlindungan apa pun, sehingga sinar ultraviolet yang masuk ke mata akan semakin banyak. Alhasil, risiko mata untuk mengalami kerusakan akan semakin meningkat.

Itulah berbagai alasan yang melatari mengapa Anda harus lebih jeli dalam memilih kacamata hitam untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Satu hal yang perlu diingat, pastikan Anda memilih kacamata hitam yang memiliki kualitas terjamin yang bisa melindungi mata Anda.

(NB/ RVS)

1 Komentar