Diet dan Nutrisi

Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

dr. Nabila Viera Yovita, 22 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pemilihan menu sarapan untuk diet tak boleh sembarangan. Simak 18 bahan dan menu sarapan pagi untuk diet sehat yang terbaik berikut ini!

Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

Salah satu rahasia mengurangi berat badan adalah mengonsumsi sarapan sehat. Ditemukan, 96 persen dari populasi tidak pernah mengalami masalah kelebihan berat badan karena menjadikan sarapan sebagai rutinitas sehari-hari.

Tak heran bila sarapan sangat penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Setelah menjadikan sarapan sebagai rutinitas, 79 persen orang mampu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

Apa saja bahan-bahan sehat dalam menu sarapan untuk diet? Berikut ulasannya:

1. Bubuk Protein Organik

Mengonsumsi menu sarapan diet tinggi protein tak hanya akan menguntungkan kesehatan otot, namun juga mengenyangkan karena gula di dalam darah diatur dengan baik.

Anda dapat menggunakan bubuk protein organik untuk membuat smoothie tinggi protein. Selain itu, bisa juga mencampurkannya ke dalam adonan pancake.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Diet untuk Dapatkan Berat Badan Ideal

2. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung nutrisi sehat, seperti kolin yang membakar lemak. Selain sehat, telur juga bisa membantu membakar kalori yang perlu Anda buang.

3. Selai Kacang Alami

Selai kacang alami hanya terbuat dari kacang dan garam. Kacang penuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan genistein, yaitu suatu komponen yang mengurangi mekanisme gen gemuk.

Anda bisa mencampurkannya dengan 1 gelas susu almond, 1 sendok bubuk protein, ½ pisang, dan 1 sendok makan selai kacang untuk membuat smoothie sebagai sarapan pagi diet.

4. Dada Ayam

Dada ayam patut dipertimbangkan untuk menjadi menu sarapan pagi untuk diet sehat. Karena, kadar proteinnya tinggi dan mampu membuat Anda kenyang dan berenergi selama berjam-jam.

5. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan dan sarapan pagi diet. Alpukat mengandung hampir dua puluh vitamin dan mineral dalam tiap porsinya.

Alpukat juga sumber serat dan lemak yang baik. Anda dapat menambahkan potongan alpukat di atas roti panggang. Menu ini sangat baik dijadikan kudapan sarapan untuk diet.

6. Bayam

Bayam rendah akan kalori namun tinggi serat, sehingga mampu memberi rasa kenyang selama beberapa jam. Menu sarapan diet dengan bayam dapat membantu Anda lebih sehat selama menurunkan berat badan.

Bayam juga mengandung omega-3 dan folat. Nutrisi ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Penyakit tersebut sering kali diidap oleh orang dengan berat badan berlebih.

Artikel Lainnya: Kiat Memilih Diet yang Cocok untuk Anda

7. Semangka

Semangka sering dianggap kurang menyehatkan karena tinggi akan gula. Namun, buah semangka ternyata mampu memperbaiki profil lipid atau lemak secara keseluruhan, serta mengurangi penumpukan lemak, lho!

8. Ubi

Ubi memiliki kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Artinya, menu sarapan diet dengan ubi bisa diserap tubuh lebih lama, sehingga mampu memberi rasa kenyang lebih lama.

Anda dapat memasak ubi serta memadankannya dengan sayuran dan protein lainnya di pagi hari.

9. Pisang

Tak hanya karena kandungan kaliumnya, pisang juga memberi asupan serat dan air. Anda bisa dengan mudah mengombinasikannya ke dalam sereal, roti, maupun oatmeal, bahkan dimakan begitu saja.

Oleskan selai kacang alami untuk membantu membakar lemak dengan ampuh.

10. Apel

Apel merupakan salah satu sumber serat terbaik yang mampu membakar lemak perut. Masukkan potongan apel ke dalam yoghurt maupun granola untuk mendapatkan manfaat lebih.

Menu sarapan pagi untuk diet sehat ini menyegarkan dan enak dikonsumsi sehari-hari.

Artikel Lainnya: Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

11. Oatmeal

Karbohidrat yang sehat? Ada oatmeal! Oatmeal tinggi akan serat dan protein, serta memiliki kadar gula yang rendah.

Oatmeal juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kombinasikan dengan kacang-kacangan dan susu almond untuk sarapan untuk diet yang sehat dan penuh nutrisi.

12. Roti Gandum

Tidak semua roti akan berkontribusi pada kegagalan diet. Konsumsilah roti gandum, dan apabila memungkinkan kombinasikan juga dengan kacang-kacangan dan protein lainnya.

Anda bisa meletakkan alpukat ataupun dada ayam juga di atasnya sebagai menu sarapan diet yang bergizi.

13. Biji Chia

Biji chia akan membentuk suatu gel di dalam perut yang mampu memperlambat pencernaan dan memberi rasa kenyang.

Jadi, kalori yang Anda konsumsi kemudian tidak sebanyak seharusnya. Taburkan biji chia ke oatmeal, yoghurt, maupun smoothie Anda.

14. Jahe

Kandungan antiradangnya bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda.

Gabungkan dengan wortel dan apel misalnya, untuk membuat jus di pagi hari. Anda juga bisa kombinasikan dengan smoothie, pancake, muffin, maupun resep oatmeal.

Artikel Lainnya: Badan Kurus? Anda Juga Perlu Diet!

15. Kayu Manis

Akumulasi lemak perut dapat dikurangi dengan bubuk kayu manis. Anda bisa menambahkannya ke dalam oatmeal, yoghurt, atau kopi panas. Kayu manis juga enak dikonsumsi dengan smoothie atau pancake.

16. Teh Hijau

Kandungan antioksidan di dalamnya sudah jelas membawa manfaat. Selain itu, salah satu kandungannya yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG) mampu membantu menurunkan berat badan, lho!

Konsumsi teh hijau rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

17. Kopi

Raciklah kopi tanpa gula atau dengan gula yang minim. Lebih baik hindari dulu minum kopi yang mengandung banyak krim, sirop, atau gula.

Kopi mampu membakar lemak dan sering kali digunakan untuk meningkatkan metabolisme sebelum melakukan olahraga.

18. Merica Hitam

Piperin adalah komponen kuat yang membuat merica hitam memiliki sensasi panas dan rasa yang khas.

Ternyata, piperin mampu memblokir pembentukan sel lemak baru, sehingga mengurangi ukuran lingkar pinggang, lemak tubuh, dan kadar kolesterol.

Taburkan merica hitam ke atas telur dan/atau roti Anda secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Makanan lezat tersebut cocok sekali dijadikan menu sarapan pagi untuk diet sehat.

Jadikan sarapan sebagai suatu rutinitas untuk membiasakan tubuh Anda dalam pembakaran lemak yang optimal. Konsumsilah menu sarapan untuk diet yang baik agar pengendalian berat badan lebih maksimal.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar diet sehat, konsultasi ke dokter lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa mengetahui berat badan ideal dengan Kalkulator BMI.

(FR/AYU)

NutrisiBerat BadanDietSarapanHari Gizi dan Makanan

Konsultasi Dokter Terkait