Sukses

7 Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

Anda sedang diet? Menu sarapan ini baik untuk Anda konsumsi!

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini telah banyak beredar metode diet untuk menurunkan berat badan. Diet mayo, diet keto, diet karbo, dan beberapa jenis diet lainnya memiliki cara serta metode yang berbeda-beda.

Perbandingan karbohidrat, protein, serat, dan asupan lainnya pun berbeda dalam setiap metode diet. Metode diet yang baik adalah metode yang tidak menghilangkan sarapan sebagai nutrisi pokok. Pasalnya, melewatkan sarapan justru dapat menggagalkan diet Anda. 

Untuk itu, Anda mesti tahu menu sarapan apa yang tepat saat sedang menjalani diet. Berikut ini adalah menu sarapan bagi Anda yang sedang menjalani program diet:

  1. Telur rebus

Telur merupakan sumber protein dan lemak yang baik untuk Anda. Protein ini dapat membuat Anda kenyang dengan kalori yang cukup. Tak hanya itu, telur juga dapat membantu mencegah Anda makan berlebihan saat sarapan.

  1. Roti gandum dan selai kacang

Mengonsumsi roti gandum dan selai kacang dianggap dapat mengenyangkan, tapi tidak membuat berat badan Anda naik. Selembar roti gandum yang dioles dengan selai kacang merupakan menu sarapan yang lezat,  bergizi, tapi tidak tinggi kalori.

  1. Oatmeal atau granola

Oatmeal dan granola memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat Anda cepat kenyang, tapi bertahan cukup lama di dalam lambung. Hal ini mencegah Anda lapar di siang hari sehingga makan lebih sedikit. Biji-bijian ini juga baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kolesterol.

  1. Susu low-fat (rendah lemak)

Anda yang gemar sarapan segelas susu? Jangan khawatir. Walaupun sedang diet, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi susu, asalkan yang rendah lemak (low-fat).

  1. Yoghurt

Selain susu, yoghurt pun dapat menjadi pilihan. Pilihlah yoghurt dengan kalori yang rendah (bisa dilihat di label). Selain mengenyangkan, yoghurt juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jika pencernaan atau BAB Anda lancar maka berat badan pun akan lebih stabil.

  1. Buah-buahan

Mengonsumsi potongan buah akan membuat lambung terisi penuh. Selain kenyang, mengonsumsi buah juga dapat mengurangi kadar kolesterol serta mengeluarkan zat-zat berbahaya dan racun dari dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi pisang, apel, alpukat, atau pir.

Hindari konsumsi jus buah karena selain ada tambahan gula dan susu. Bentuk cair buah tidak membuat perut kenyang cukup lama, malah Anda akan cepat lapar dan makan lebih banyak di siang hari.

  1. Ubi

Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat dengan serat tinggi. Ubi dapat menurunkan berat badan karena mengandung serat dan air yang cukup tinggi.

Yang terutama, saat diet, Anda harus menghindari makanan yang tinggi gula, makanan siap saji, makanan yang digoreng, dan makanan tidak sehat lainnya. Ketimbang membeli, lebih baik Anda menyiapkan sendiri sarapan di rumah. Selain lebih sehat, Anda dapat memastikan kalori yang dikonsumsi setiap harinya.

Selain sarapan dan menjaga pola makan, olahraga rutin juga diperlukan dalam setiap program diet yang dijalani. Lakukan olahraga rutin minimal lima hari dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Dengan kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin maka memiliki berat badan ideal bukan impian lagi.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar