Sukses

Benarkah Es Batu Bisa Sembuhkan Asam Urat?

Sebagian orang menganggap es batu bisa menyembuhkan nyeri pada asam urat. Baca faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Oleskan es batu ke area yang nyeri selama 10 menit. Setelah itu, nyeri asam urat akan menghilang perlahan-lahan. Itulah kira-kira cara mengatasi nyeri asam urat yang sering dipraktikkan oleh banyak orang. Tapi, apa benar es batu efektif untuk menyembuhkan asam urat?

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, es batu tidak dapat menyembuhkan nyeri asam urat. “Kompres es berguna hanya untuk membantu meredakan nyeri asam urat, bukan untuk menghilangkan nyeri atau menyembuhkan asam urat,” katanya.  

Saat mengompres, perhatikan caranya agar bisa lebih maksimal dalam meminimalkan nyeri. Bungkus potongan-potongan es batu dalam handuk tipis kemudian letakkan  pada sendi yang nyeri selama 20 hingga 30 menit. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Lalu, bolehkah menggunakan kompres hangat untuk meredakan nyeri asam urat? dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter mengatakan bahwa kompres hangat lebih tepat digunakan pada nyeri sendi tanpa gejala peradangan, sementara kompres dingin lebih baik digunakan pada sendi dengan tanda peradangan.

“Jika Anda mengalami nyeri sendi yang disertai gejala peradangan, seperti pada penyakit rematik dan asam urat, pilihlah kompres dingin untuk mengurangi gejala. Bila Anda terkena nyeri sendi tanpa gejala peradangan, seperti pada pengapuran sendi, bisa pakai kompres hangat,” jelas dr. Reza.

Ditambahkan oleh dr. Astrid bahwa asam urat tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, tetapi hanya dapat dikendalikan. Menurutnya pengelolaan asam urat dapat dilakukan dengan penggunaan obat-obatan dan perbaikan gaya hidup.

1 dari 2 halaman

Tips mengendalikan asam urat

Kekambuhan asam urat bisa sangat mengganggu hari-hari Anda. Jika dokter memberikan Anda obat jangka panjang, hindari menambah atau mengurangi dosisnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Itu dapat membuat kadar asam urat dalam darah naik turun, lalu memicu peradangan. Selain memperhatikan penggunaan obat, Anda perlu menerapkan kiat-kiat dari WebMD berikut ini agar asam urat tidak kumat:

  • Perhatikan apa yang Anda konsumsi

Batasilah konsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti daging merah, makanan laut, makanan tinggi lemak, alkohol, dan asupan yang mengandung tinggi gula. Secara umum, para ahli merekomendasikan diet jantung sehat untuk orang dengan asam urat, yakni banyak sayur dan gandum utuh dan kurangi makanan olahan.

  • Olahraga teratur dan jaga berat badan tetap ideal

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh Anda akan memiliki asam urat lebih banyak. Turunnya berat badan akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, hindari melakukan diet sembarangan karena berat badan yang turun terlalu cepat bisa menaikkan kadar asam urat.

  • Kontrol masalah kesehatan Anda yang lain

Asam urat berhubungan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Jika Anda memiliki satu atau dua dari penyakit tersebut, lakukan pengobatan dengan baik.

  • Minum cairan lebih banyak

Kecukupan cairan dalam tubuh berguna untuk menurunkan kadar asam urat. Pastikan Anda minum setidaknya 8 gelas per hari.

  • Bicarakan dengan dokter jika ingin memodifikasi obat

Aspirin, diuretik untuk tekanan darah tinggi, dan obat-obatan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ bisa memicu asam urat. Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan obat alternatif.

Penyakit asam urat dapat dikontrol dengan langkah-langkah yang diuraikan di atas. Jika telanjur kambuh, Anda bisa menggunakan kompres es batu untuk mengurangi nyeri, selain dengan obat-obatan. Istirahatkan juga bagian yang nyeri agar cepat pulih. Bila tak membaik dalam beberapa hari, konsultasikan kepada dokter. Sebagian besar serangan asam urat akan membaik dalam beberapa minggu, bahkan tanpa penanganan khusus.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar