Sukses

Penyebab Jari Bengkak yang Jarang Diketahui

Jari bengkak sering dianggap sebagai hal sepele. Padahal, kondisi itu bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. Kenali penyebab jari bengkak di sini!

Jari bengkak merupakan keadaan yang sering dianggap sepele. Pasalnya, kondisi tersebut umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus. Namun, jangan salah, jari bengkak juga dapat disebabkan oleh penyakit berbahaya, lho!

Ada beragam gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan jari bengkak. Di bawah ini adalah berbagai penyebab jari bengkak yang perlu diwaspadai:

1 dari 5 halaman

1. Cedera

Salah satu penyebab jari bengkak yang paling sering adalah cedera. Jika Anda baru saja mengalami kecelakaan atau terjatuh, maka bisa jadi pembengkakan jari adalah salah satu keluhan yang paling awal terjadi.

Ligamen yang sobek, terkilir, luka pada tendon, dislokasi, atau patah tulang adalah beberapa jenis cedera yang dapat menjadi penyebabnya. 

Kompres es, imobilisasi, dan meminum obat penghilang nyeri adalah penanganan awal untuk cedera. Namun, keluhan ini perlu mendapatkan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter.

2. Infeksi Kulit

Infeksi pada kulit bisa menyebabkan jari terlihat lebih bengkak. Selulitis adalah infeksi kulit yang dapat menyebabkan keluhan nyeri dan kemerahan. 

Infeksi kulit yang menyebabkan jari bengkak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya bila tidak diobati lebih awal.

3. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang dapat terjadi pada berbagai sendi tubuh, seperti lutut dan jari tangan. Peradangan sendi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. 

Dengan kata lain, jika peradangan terjadi di sendi sekitar jari, maka keluhan jari bengkak sangat mungkin terjadi. Pemberian obat antinyeri adalah penanganan awal untuk gangguan sendi ini.

Artikel lainnya: Jari Bengkak Sehabis Makan Garam? Ini Alasannya

2 dari 5 halaman

4. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis masuk kategori penyakit autoimun yang menyasar bagian persendian. Akibatnya, muncullah peradangan yang bisa terjadi di sendi, jaringan di sekitar sendi. Organ tubuh lain juga bisa terkena, misalnya saja kulit dan paru-paru. 

Seseorang dengan keluhan ini dapat mengeluhkan perubahan bentuk sendi pada jari tangan dan nyeri pada berbagai sendi yang simetris. 

5. Penyakit Ginjal

Ginjal membuang limbah dan cairan ekstra dari dalam tubuh. Salah satu tanda pertama ada sesuatu yang salah pada ginjal adalah bengkak di jari tangan, kaki, dan di sekitar mata. 

Hal ini terjadi bila gangguan ginjal sudah berat, sehingga pengeluaran air oleh ginjal tidak berjalan dengan baik.

6. Gout

Gout adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi. Terdapat beberapa kasus disertai kadar asam urat yang tinggi, walaupun tidak selalu.

Kemungkinan, pembengkakan disebabkan peradangan pada sendi. Hal itu yang menyebabkan sendi terasa sakit. Biasanya, keadaan tersebut muncul saat kristal asam urat menumpuk di persendian. Kemudian, sel darah putih menyerangnya sebagai bagian mekanisme pertahanan. 

Artikel lainnya: Penyebab Vagina Bengkak Setelah Bercinta

3 dari 5 halaman

7. Penyakit Raynaud

Kondisi langka ini memengaruhi pembuluh darah di jari tangan dan kaki. Penyakit Raynaud menyebabkan pembuluh darah di bagian tubuh tersebut menyempit, khususnya saat penderita merasa kedinginan atau stres.

Sebagai akibat dari proses penyempitan pembuluh darah, pasokan darah ke jari akan terhambat. Alhasil, jari akan terasa sakit, “membeku”, dan berubah warna menjadi putih atau biru. 

Lantas, saat pembuluh darah terbuka dan jari kembali mendapatkan pasokan darah, jari-jari akan terasa berdenyut. Pada beberapa kasus, bisa mengalami pembengkakan.

8. Scleroderma

Scleroderma merupakan penyakit langka yang ditandai terjadinya pengerasan kulit dan jaringan “penghubung”. Tangan akan menjadi kaku dan jari-jari menjadi bengkak seperti sosis. 

Selain pada jari, kulit pada berbagai bagian tubuh juga akan mengalami pengerasan dan menyebabkan sensasi rasa kencang pada kulit.

9. Retensi Cairan

Penumpukan cairan dapat terjadi sebagai tanda dari berbagai penyakit, misalkan gangguan hati, ginjal, atau jantung. 

Cairan tubuh yang tidak terdistribusi dengan sempurna dapat menumpuk di jaringan atau sendi. Jika penumpukan cairan terjadi di sendi jari, maka bukan tidak mungkin keluhan jari bengkak akan terjadi.

4 dari 5 halaman

10. Kehamilan

Jari bengkak juga bisa terjadi selama kehamilan. Hal ini biasanya menjadi keluhan para wanita hamil menjelang waktu persalinan tiba. 

Pembengkakan juga merupakan keluhan yang umum ditemui pada awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil dan perubahan fisiologis tekanan dalam pembuluh darah.

11. Filariasis

Filariasis adalah infeksi yang disebabkan cacing filaria. Penyakit ini dapat menular melalui perantara berbagai jenis nyamuk. Saat terinfeksi, penderita akan mengalami pembengkakan pada tungkai bawah kaki. 

Tujuan utama pengobatan adalah membunuh parasit yang berkembang dalam tubuh penderita.

12. Clubbing Finger

Clubbing finger atau dikenal dengan jari tabuh adalah suatu kelainan yang membuat jari terlihat membulat dan membesar. Biasanya temuan ini berhubungan dengan gangguan jantung dan paru. Jari tabuh terjadi karena kekurangan oksigen yang dialami tubuh dalam waktu yang lama.

Sebaiknya, jangan lagi menganggap sepele jari bengkak. Berkonsultasilah lebih lanjut kepada dokter bila jari bengkak tak kunjung membaik dalam waktu beberapa hari. Pakai Live Chat dari KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar