Sukses

Jus Mengkudu, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Jus mengkudu konon menyimpan banyak khasiat, seperti mengatasi lelah hingga mengurangi tekanan darah. Ingin tahu manfaat jus mengkudu lainnya? Simak di sini.

Sebagai orang Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing dengan buah mengkudu.  Buah yang punya nama lain pace, noni, atau starvation fruit ini sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Namun, aroma menyengat dan rasanya yang pahit kerap membuat orang enggan untuk mengunyahnya langsung. Makanya, selain dalam bentuk kapsul, cara termudah untuk mengonsumsi mengkudu adalah dengan membuatnya menjadi jus. 

Rasa pahitnya akan lebih mudah hilang saat ditenggak langsung ketimbang dikunyah terlebih dulu.

Anda tertarik mencobanya? Yuk, simak dulu beberapa manfaat jus mengkudu berikut ini:

Artikel Lainnya: Pilihan Jus Buah Segar untuk Dukung Program Hamil

1 dari 14 halaman

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam jus mengkudu terdapat kandungan vitamin B dan C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin tersebut dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Dengan imun yang bagus, Anda niscaya akan lebih mudah terhindar dari serangan penyakit.

2 dari 14 halaman

2. Mengatasi Lelah

Buah mengkudu punya mengandung vitamin C yang tinggi.  Kandungan tersebut bermanfaat membantu Anda mengatasi rasa lelah. 

Mengonsumsi jus mengkudu akan membantu tubuh Anda memulihkan kondisi. Anda pun bisa merasa segar lagi dan melakukan aktivitas kembali. 

3 dari 14 halaman

3. Mempercepat Penyembuhan

Seperti yang disinggung sebelumnya, buah mengkudu punya kandungan vitamin C. Tak hanya membantu mengatasi lelah, vitamin C juga punya manfaat lain.

Vitamin ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Itu sebabnya, jus mengkudu cocok diminum Anda yang sedang dalam kondisi sakit. 

Artikel Lainnya: Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan yang Tak Terduga

4 dari 14 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah noni juga mengandung zat aktif yang disebut antrakuinon. Zat ini konon dapat memicu pembentukan kolagen yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

Dengan begitu, meminum jus mengkudu juga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. 

5 dari 14 halaman

5. Memperbaiki Sel Kulit

Manfaat jus mengkudu yang kelima masih terkait dengan kulit. Buah mengkudu juga memiliki asam lemak esensial, zat peroxironine, dan vitamin C yang tinggi. 

Karena kandungan tersebut, jus mengkudu dapat membantu Anda merawat kulit. Sebab, salah satu khasiat jus mengkudu adalah dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

6 dari 14 halaman

6. Menangkal Radikal Bebas

Mungkin Anda tidak sadar tubuh telah banyak terpapar radikal bebas atau zat karsinogenik. Zat-zat tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Jus mengkudu bisa menjadi solusi mengatasinya karena mengandung antioksidan. Agar manfaatnya optimal, minumlah sumber antioksidan ini secara rutin dan sesuai anjuran.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik, Jus Cold-Pressed atau Jus Biasa?

7 dari 14 halaman

7. Bantu Mengurangi Lemak Tubuh

Khasiat jus mengkudu yang berikutnya, yaitu dipercaya bisa mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Tidak heran, banyak orang yang mengonsumsi jus buah ini sebagai upaya meraih berat badan ideal. 

Konsumsi jus mengkudu secara rutin disertai gaya hidup sehat lain, seperti rajin berolahraga, agar hasilnya optimal.

8 dari 14 halaman

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah mengkudu digadang-gadang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini mungkin disebabkan oleh efek antioksidan di dalam buah berwarna kehijauan tersebut.

Meminum jus mengkudu bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Tentunya Anda perlu juga menerapkan gaya hidup sehat. 

9 dari 14 halaman

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terdapat beberapa kandungan dalam buah mengkudu yang dianggap dapat meningkatkan sensitivitas insulin. 

Dengan demikian, buah ini pun diyakini bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

10 dari 14 halaman

10. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat jus mengkudu yang kesepuluh adalah mampu menjaga kesehatan hati. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisinya 

Buah mengkudu dianggap memiliki sifat liver protector, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan hati.

11 dari 14 halaman

11. Mengandung Kalium yang Tinggi

Kadar kalium tubuh bisa turun drastis apabila Anda sedang diare, muntah-muntah, atau dehidrasi. Agar kondisi tak semakin parah, jus buah noni adalah solusinya. 

Sebab, buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi. 

12 dari 14 halaman

12. Mengurangi Kejang Otot

Manfaat jus mengkudu selanjutnya berkaitan dengan kerja otot. Kandungan elektrolit di dalam buah mengkudu dapat membantu memicu efek relaksasi pada otot. 

Hal itu punya manfaat untuk mengurangi risiko kejang otot. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari keluhan masalah otot yang mengganggu aktivitas. 

Artikel Lainnya: Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

13 dari 14 halaman

13. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat just mengkudu yang selanjutnya, yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini berkaitan dengan efeknya terhadap angiotensin converting enzyme (ACE) dan reseptor angiotensin yang mengatur tekanan darah.

Karena itu, jus buah mengkudu bisa menjadi alternatif alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tertarik dengan segudang manfaat jus mengkudu bagi kesehatan? Jika ya, tidak ada salahnya jika Anda ingin coba mengonsumsinya. 

Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi buah tersebut. Selain itu, Anda yang sedang mengonsumsi obat terkait gangguan darah juga perlu berkonsultasi kepada dokter sebelum minum jus mengkudu. 

Jika masih ragu untuk mengonsumsi jus buah mengkudu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar