Sukses

Warna Lensa Kacamata Hitam Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata?

Faktanya, warna lensa kacamata hitam tak selalu hitam. Tentang perbedaan warna ini, adakah pengaruhnya pada kesehatan mata?

Klikdokter.com, Jakarta Tak hanya berfungsi untuk melindungi mata dari sinar matahari, kacamata hitam juga bisa menunjang penampilan Anda. Jika Anda ke toko kacamata atau melihat-lihat produk secara online, ada banyak sekali pilihan. Tak hanya model dan ukuran, tetapi juga warna lensa yang tak melulu hitam. Nah, apakah warna lensa kacamata hitam atau kacamata berlensa warna gelap ini berpengaruh pada kesehatan mata?

Penggunaan kacamata hitam sangat direkomendasikan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Faktanya, berbagai warna lensa pada kacamata hitam dibuat dengan alasan—setiap warna lensa kacamata hitam memiliki fungsinya masing-masing bagi penglihatan, sehingga bisa digunakan pada aktivitas yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa warna lensa kacamata hitam atau kacamata berlensa warna gelap yang beredar di pasaran:

  • Abu-abu

Lensa kacamata yang berwarna abu-abu memungkinkan mata untuk melihat warna objek yang dilihat dalam bentuk paling persis aslinya. Di samping itu, lensa berwarna abu-abu juga dapat mengurangi silaunya cahaya.

Kacamata dengan lensa berwarna abu-abu ini bisa Anda gunakan saat mengendarai mobil, karena warnanya tidak berpengaruh apa-apa saat melihat dan membedakan rambu-rambu lalu lintas.

  • Cokelat

Selain hitam, mungkin cokelat adalah warna lensa paling populer. Warna lensa ini diketahui dapat mengurangi silaunya cahaya dan memblokir paparan sinar biru. Hal ini mampu memberikan efek terang pada penglihatan ketika sebenarnya kondisi cahaya sedang redup.

Selain itu, kemampuan memblokir sinar biru tersebut membuat lensa warna cokelat juga mampu meningkatkan ketajaman penglihatan. Kacamata hitam dengan lensa warna cokelat bisa digunakan saat Anda berkegiatan di luar ruangan seperti olahraga air dan bersepeda. Warna lensa ini juga baik untuk Anda yang suka berlama-lama di depan laptop atau komputer, untuk melindungi mata dari sinar biru.

  • Hijau

Kacamata dengan lensa warna hijau memiliki kemampuan untuk menyaring sebagian sinar biru sekaligus mengurangi silau cahaya. Selain itu, lensa warna hijau mampu meningkatkan ketajaman dan kontras pada objek yang dilihat, serta mengurangi kelelahan mata saat terpapar cahaya yang terang. Lensa warna hijau diketahui cocok untuk Anda yang sedang melakukan kegiatan yang butuh tingkat akurasi tinggi seperti tenis atau golf.

  • Kuning atau jingga

Mungkin orang-orang yang menggunakan kacamata hitam dengan warna lensa kuning atau jingga terlihat sedikit aneh. Namun, warna tersebut dipercaya dapat meningkatkan kontras pada kondisi berkabut, buram, atau dalam kondisi penerangan yang minim.

Kemudian, meskipun menimbulkan distorsi warna pada objek yang terlihat, tertapi lensa warna kuning atau jingga dapat membuat objek tampak lebih tajam, baik di dalam maupun di luar ruangan. Warna lensa kuning atau jingga dianjurkan untuk kegiatan olahraga di dalam ruangan.

  • Merah

Meskipun terlihat ngejreng, kacamata berlensa gelap dengan warna merah dapat meningkatkan kontras dan ketajaman objek yang dilihat. Selain itu, warna lensa ini dipercaya dapat membuat mata lebih relaks dan nyaman dibandingkan warna lensa lainnya dalam penggunaan waktu lama.

Kacamata berlensa gelap warna merah diketahui paling cocok untuk digunakan orang-orang yang menatap layar komputer atau laptop dalam durasi lama. Lensa warna ini juga mampu memblokir sinar biru dipancarkan perangkat tersebut.

Tips memilih kacamata hitam

Untuk memperoleh fungsi perlindungan mata yang maksimal, pilihlah kacamata hitam yang sesuai dengan anjuran berikut:

  • Ukuran bingkai kacamata pas dengan area mata dan bentuknya menyesuaikan bentuk wajah
  • Memiliki kemampuan memblokir paparan 99-100 persen sinar UVA dan UVB
  • Memiliki kemampuan menyaring cahaya sebesar 75-90 persen
  • Memiliki warna lensa yang sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas

Pemilihan warna lensa kacamata hitam sebaiknya tidak asal-asalan, tetapi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, karena ada pengaruhnya terhadap kesehatan mata. Pilihlah kacamata hitam atau kacamata berlensa warna gelap lainnya yang dapat melindungi mata sekaligus menunjang penampilan. Jika masih bingung, konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis mata.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar