Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Gemar Mengunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Gemar Mengunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Tak disangka, kebiasaan mengunyah permen karet ternyata memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Simak manfaat mengunyah permen karet di sini.

Apa Anda hobi mengunyah permen karet? Berbahagialah, karena nyatanya kebiasaan ini bisa mendatangkan beragam manfaat untuk tubuh!

Permen karet umumnya terbuat dari bahan karet yang dilengkapi dengan pemanis dari gula tebu atau jagung, atau non-gula seperti xylitol dan aspartam.

Karena tidak mengandung zat berbahaya, Anda sebenarnya boleh-boleh saja sering mengunyah permen karet. Hal ini pun dapat memberi manfaat kesehatan, beberapa penelitian pun sudah menyebutkannya.

Penasaran apa saja manfaat mengunyah permen karet? Yuk, simak di bawah ini!

1 dari 6 halaman

1. Membantu Melancarkan BAB

Sebuah studi menyebutkan, mengunyah permen karet dapat memberikan pengaruh pada usus. Studi ini menyimpulkan, mengunyah permen karet dapat menstimulasi pergerakan usus dengan cara meningkatkan produksi cairan lambung.

Untuk itu, mengunyah permen karet tampaknya memiliki manfaat untuk masalah-masalah pergerakan usus, salah satunya konstipasi.

2. Meningkatkan Memori

Studi menemukan, mengunyah permen karet saat bekerja dapat meningkatkan berbagai aspek, seperti fungsi otak, kewaspadaan, memori, pemahaman, dan pembuatan keputusan.

Orang yang mengunyah permen karet saat ujian mengerjakan 24 persen lebih baik dalam tes memori jangka pendek, dan 36 persen dalam tes memori jangka panjang.  

Namun, bagaimana permen karet meningkatkan memori belum diketahui secara menyeluruh. Satu teori menyebutkan, hal ini berkaitan dengan aliran darah yang meningkat ke otak akibat mengunyah permen karet.

Sementara, studi lain menyebutkan mengunyah permen karet dapat menurunkan stres dan meningkatkan kewaspadaan.

2 dari 6 halaman

3. Mengurangi Stres

Pada mahasiswa, mengunyah permen karet selama dua minggu terbukti menurunkan tingkat stres, terutama yang berhubungan dengan beban akademik.

Temuan ini dapat berhubungan dengan aktivitas mengunyah yang telah terbukti menurunkan hormon stres seperti kortisol.

Artikel lainnya: Sering Mengunyah Permen Karet, Adakah Bahayanya?

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Beberapa studi menemukan, mengunyah permen karet saat mengerjakan tugas pada awalnya merupakan distraksi. Namun, dalam periode yang panjang, kegiatan ini ternyata dapat meningkatkan fokus.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan National Library of Medicine, Amerika Serikat, mengunyah permen karet memberikan keuntungan dari segi performa. Peningkatan performa ini ditemukan bertahan selama 15-20 menit pertama.

3 dari 6 halaman

5. Menurunkan Berat Badan dan Nafsu Makan

Mengunyah permen karet dapat membantu Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, lho. Karena, permen karet bersifat rendah kalori. Jadi, tidak akan mengganggu diet sehingga Anda pun tidak perlu merasa “berdosa”.

Sebuah studi kecil menemukan, mengunyah permen karet setelah makan siang menurunkan rasa lapar dan kebiasaan ngemil di kemudian hari hingga 10 persen.

Permen karet diketahui juga dapat meningkatkan laju metabolisme. Para sukarelawan membakar 19 persen kalori lebih banyak dibandingkan kelompok yang tidak mengunyah permen karet.

Akan tetapi, studi ini perlu diteliti lebih lanjut. Perlu diteliti lagi apakah hal tersebut dapat membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Mengunyah permen karet bebas gula dapat melindungi gigi, sehingga terbebas dari gigi berlubang.

Permen karet bebas gula lebih baik dibanding yang mengandung gula. Tahukah Anda? Gula dalam permen karet memberi “makanan” bagi bakteri jahat di dalam mulut penyebab gigi rusak dan bau mulut!

Karena itu, sebaiknya kunyah permen karet yang mengandung xylitol, karena lebih efektif mencegah kerusakan gigi. Suatu studi menunjukkan, permen karet yang mengandung xylitol dapat mengurangi bakteri jahat di dalam mulut hingga 75 persen.

Artikel lainnya: Bahaya Makan Permen Karet bagi Pengguna Behel

4 dari 6 halaman

7. Mencegah Bau Mulut

Kelebihan lain dari mengunyah permen karet adalah mencegah bau mulut.  Makan permen karet setelah makanan pokok dapat meningkatkan produksi air liur.

Air liur berguna untuk membasuh sisa makanan penyebab bakteri di dalam mulut. Faktanya, mulut kering akibat produksi air liur yang berkurang sangat berkaitan dengan bau mulut.

8. Mencegah Infeksi Telinga Tengah pada Anak

Terdapat sebuah studi mengenai pencegahan infeksi telinga tengah pada anak-anak dengan cara mengunyah permen karet.

Telinga tengah merupakan bagian yang terhubung dengan kerongkongan belakang hidung. Membuka atau menutupnya saluran ini berkaitan dengan proses mengunyah.

Meskipun diperlukan studi lebih lanjut, namun mengunyah permen karet tampak memiliki potensi manfaat dalam penyakit ini.

5 dari 6 halaman

9. Membantu Upaya Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukanlah perkara mudah. Kondisi ketergantungan sangat menyulitkan untuk terlepas dari rokok. Nah, ternyata mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu opsi untuk membantu berhenti merokok!

Dalam sebuah ulasan oleh Hartmann-Boyce J. yang dipublikasikan oleh Cochrane Library, Inggris, mengunyah permen karet efektif sebagai salah satu terapi pengganti nikotin atau nicotine replacement therapy (NRT).

Mengunyah permen karet dan NRT lainnya dapat meningkatkan kesuksesan berhenti merokok hingga 50-70 persen.

Cukup banyak, kan, manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan? Yang penting, saat makan permen karet, tetap pastikan kesehatan gigi dan mulut, ya!

Bila ingin konsultasi seputar gigi dan mulut ke dokter lebih cepat, pakai Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar