Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur Anda

Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur Anda

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Kenali dan waspadai, agar tidak sampai mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Para ahli kesehatan menyarankan orang dewasa untuk tidur 7-8 jam per hari. Namun, sayang, tak banyak orang yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Faktanya, terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang turut mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jika kebiasaan ini tidak segera diperbaiki, Anda akan sering mengalami gangguan mood, penurunan produktivitas, hingga lebih berisiko terkena penyakit.

Lantas, kebiasaan buruk apa saja yang pengaruhi kualitas tidur? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 5 halaman

1. Makan Tepat Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun tengah malam untuk buang air kecil ataupun besar. Hal ini tentunya akan mengganggu tidur, terlebih jika Anda memiliki gangguan pencernaan yang memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Makan berdekatan dengan jam tidur juga bisa meningkatkan berat badan, lho! Pasalnya, sistem pembakaran tubuh akan menurun ketika Anda tidur atau sedang tidak beraktivitas. Alhasil, makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak.

Artikel Lainnya: Pengaruh Mimpi Terhadap Kualitas Tidur

2. Bekerja Hingga Larut Malam

Upayakan untuk menyelesaikan aktivitas atau pekerjaan Anda sedini mungkin. Jika Anda tetap terjaga sampai waktunya tidur, pikiran masih akan berpacu meski tubuh sudah meminta istirahat.

Dokter gangguan tidur dan perwakilan dari American Sleep Association, Neil Kline, menyarankan bila terpaksa bekerja larut malam, luangkan waktu untuk bersantai sejenak sebelum naik ke kasur dan tidur.

2 dari 5 halaman

3. Bermain Gawai Sebelum Tidur

Bermain gawai sebelum tidur biasanya dijadikan alasan untuk menunggu waktu mengantuk. Padahal, bermain gawai sebelum tidur malah bikin Anda tidak mengantuk.

Rangsangan cahaya dari gawai dapat mengganggu irama sirkadian otak, yang berpengaruh terhadap rasa kantuk. Lalu, cahaya dari ponsel atau gawai juga dapat menekan produksi melatonin — hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

4. Membaca di Tempat Tidur

Jangan kaget jika Anda kesulitan untuk tidur setelah membaca buku, terutama dengan posisi tiduran di kasur. Faktanya, melakukan kegiatan, seperti membaca atau menonton TV, di tempat tidur dapat membuat tubuh Anda secara tidak sadar terus terjaga.

Terlebih lagi, jika Anda membaca buku elektronik. Cahaya dari buku elektronik tersebut akan “menipu” tubuh dengan memberikan sinyal bahwa hari masih siang.

Jadi, jika ingin membaca, lebih baik dengan buku biasa. Selain itu, arahkanlah lampu baca ke halaman buku, bukan wajah Anda.

3 dari 5 halaman

5. Kepanasan saat Malam Hari

Merasa kamar tidur Anda lembap atau panas? Jika ya, bisa jadi itulah yang selama ini membuat Anda sulit tidur nyenyak.

Sebagai solusinya, aturlah suhu ruangan saat tidur sehingga membuat Anda merasa nyaman. Pastikan pula suhunya tidak dingin atau panas.

Menurut National Sleep Foundation, suhu kamar yang direkomendasikan secara umum adalah 18 hingga 25 derajat Celsius.

Artikel Lainnya: Benarkah Makanan Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur? Mengapa?

6. Minum Kopi Sebelum Tidur

Kopi mengandung kafein, yang biasanya akan membuat Anda melek dan berenergi. Tidak heran, minum kopi sebelum tidur atau bahkan empat jam sebelumnya dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Fakta menyebut, kafein dalam kopi berada di dalam sistem tubuh lebih lama dari yang Anda kira. Bahkan, setelah enam jam, hanya setengah kafein yang Anda konsumsi lenyap dari tubuh.

Tidak hanya kopi, beberapa minuman lain yang harus dihindari sebelum tidur adalah alkohol, minuman bersoda, dan teh.

4 dari 5 halaman

7. Olahraga Tepat Sebelum Tidur

Olahraga rutin setiap hari memang disarankan, tapi jangan dilakukan sebelum jam tidur. Olahraga sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan tekanan darah. Hal ini membuat tubuh sulit relaks saat mencoba untuk tidur.

Atas dasar itu, cobalah berolahraga pada pagi atau sore hari agar tubuh tetap sehat dan Anda dapat tidur nyenyak di malam hari.

8. Tidur Siang Terlalu Lama

Tidak ada salahnya jika Anda ingin tidur siang. Namun, pastikan durasinya hanya selama 10-30 menit saja. Jika lebih dari itu, tidur malam Anda yang bisa menjadi taruhannya.

Tidur siang berjam-jam akan membuat jam tidur malam Anda mundur. Jika hal ini terjadi berulang, jam tidur malam bisa kacau dan Anda akan kesulitan untuk tidur lebih cepat.

Itu dia beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab kualitas tidur buruk. Hindari dan perbaiki, agar Anda bisa tidur dengan cukup dan berkualitas sehingga kesehatan juga selalu terjaga.

Apabila terkendala untuk melepaskan diri dari kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar