Sukses

Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?

Saat radang tenggorokan melanda, Anda diharuskan untuk tidak mengonsumsi asupan tertentu. Apakah kopi salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Rasa sakit dan susah menelan saat mengalami radang tenggorokan tentu saja sangat menyiksa. Untuk Anda yang doyan kopi, mungkin akan bertanya-tanya. Apakah boleh minum kopi saat radang tenggorokan, atau justru dapat memperparahnya?

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika mengalami radang tenggorokan. Contohnya adalah makanan yang renyah, makanan manis, dan makanan panas. Itu karena mereka dapat memperparah gejala radang tenggorokan, seperti demam dan batuk.

Bagaimana dengan kopi?

Dilansir Livestrong, jika Anda membutuhkan kafein dan tenggorokan terasa seperti terbakar, Anda dapat meredakan sakit tenggorokan dengan minum kopi es. Suhu dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah Anda yang bengkak.

Cairan lain yang mungkin bisa Anda toleransi adalah milkshake, sup, teh, dan minuman bersoda. Minum cairan sebanyak mungkin dapat membantu mencegah dehidrasi.

Efek samping lain ketika Anda mengalami radang tenggorokan adalah tenggorokan yang kering dan gatal. Jika ini masalahnya, Anda lebih baik menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat tenggorokan terasa lebih kering. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan soda, justru bisa mengeringkan mulut Anda.

Anda mungkin ingin mencoba minum sedikit kopi untuk mengetahui apakah tenggorokan Anda terasa kering setelah meminumnya. Hal itu sah-sah saja untuk dicoba karena gejala radang tenggorokan setiap orang bervariasi.

Ketahui juga bahwa kafein meningkatkan kemungkinan Anda mengalami dehidrasi karena ini adalah diuretik alami. Untuk itulah, Anda sebaiknya membatasi asupan kopi 1-2 cangkir per hari saat sedang radang tenggorokan.

Coba minuman lain

Anda merasa tenggorokan Anda makin kering setelah mengonsumsi kopi? Tak perlu khawatir, cobalah minuman lainnya yang tak kalah menyegarkan. Justru minuman-minuman ini bisa menyembuhkan Anda dari penyakit tersebut: 

1. Air putih

Minum air putih setidaknya 2 liter air putih per hari untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, dehidrasi hanya akan membuat tenggorokan semakin kering. “Kalau tenggorokan kering, bisa memparah radang yang terjadi.”

2. Air hangat dengan campuran madu

Ini juga disarankan saat Anda mengalami radang tenggorokan. Menurut dr. Dyan Mega, air hangat yang dicampur madu efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan.

Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi malam hari. “Tapi Anda harus meminum madu yang asli, jangan sampai yang menggunakan pemanis buatan,” saran dr. Dyan Mega.

3. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara tradisional untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Ambil setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

Menurut dr. Dyan Mega, air garam berfungsi sebagai peluruh kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan. Selain itu, air garam juga dapat mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel.

Anda boleh-boleh saja mengonsumsi kopi saat sedang radang tenggorokan. Tapi perhatikan gejala radang tenggorokan Anda. Jika tenggorokan terasa kering, lebih baik tidak mengonsumsi kopi dulu dan ganti dengan cairan lain yang lebih bermanfaat untuk mempercepat pemulihan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar