Kehamilan

Ingin Hamil Anak Laki-laki? Kalender Masa Subur Bisa Membantu

dr. Dyah Novita Anggraini, 02 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kalender masa subur memiliki banyak manfaat bagi pasangan suami istri. Salah satunya jika Anda menginginkan hamil anak laki-laki.

Ingin Hamil Anak Laki-laki? Kalender Masa Subur Bisa Membantu

Kalender masa subur adalah tanggalan yang digunakan untuk mencatat siklus menstruasi selama beberapa bulan, sehingga penggunanya bisa menentukan masa subur dan ovulasi.

Selain dapat membantu mengetahui kapan masa subur dan tak subur, kalender masa subur juga bisa membantu Anda yang menginginkan kehamilan anak laki-laki? Perlu diketahui, kesempatan untuk hamil anak laki-laki dan perempuan sama besarnya, yaitu 50:50. 

Ibu membawa kromosom X yang nantinya akan bertemu dengan kromosom yang dibawa oleh sperma ayah ketika membuahi sel telur. Kromosom pada sperma ayah inilah yang menentukan apakah kelak bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Jika kromosom yang diberikan sperma ayah adalah kromosom Y, maka bayi yang dikandung akan berjenis kelamin laki-laki. Jika yang diberikan adalah kromosom X, maka wanita akan hamil anak perempuan.

Jenis kromosom yang berhasil membuahi sel telur bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yang salah satunya adalah waktu berhubungan seksual.

Bagaimana Kalender Masa Subur Membantu Hamil Anak Laki-Laki?

Ovulasi terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya, plus minus 1 hari. Nah, di sinilah peran kalender masa subur untuk membantu Anda mengetahui kapan waktu ovulasi.

Melalui kalender masa subur, Anda bisa menandai tanggal hari pertama haid dan durasi haid setiap bulannya. Setelah tercatat di kalender masa subur Anda dapat lebih mudah memprediksi perkiraan masa ovulasi. 

Lantas, bagaimana jika haid tidak teratur? Terkadang terdapat kendala di dalam perhitungan masa subur pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. 

Namun, jangan khawatir, karena saat ini terdapat alat deteksi ovulasi yang dijual di pasaran. Selain menggunakan alat tersebut, Anda juga bisa mengetahui masa ovulasi dengan mengukur suhu basal tubuh saat bangun tidur.

Suhu basal pada saat ovulasi awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat Celsius hingga siklus menstruasi berikutnya. Wanita juga bisa mengecek lendir serviks. 

Masa subur ditandai dengan produksi lendir meningkat dengan tekstur lendir yang lebih kental. 

Artikel Lainnya: Fakta Tentang Hamil Kedua yang Penting untuk Dicatat 

Ketahui Masa Subur Wanita setelah Haid agar Hamil Anak Laki-Laki 

Setelah mencatat durasi siklus haid di kalender masa subur, Anda dapat melakukan pengaturan waktu berhubungan seksual dikaitkan dengan waktu terjadinya ovulasi. 

Pada masa ovulasi sperma yang membawa kromosom Y biasanya lebih ringan dan bergerak lebih cepat, tetapi lebih rentan terhadap pH asam dan berumur lebih pendek. 

Inilah mengapa melakukan hubungan seksual yang berdekatan dengan masa ovulasi memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menghasilkan anak laki-laki.

Selain dengan cara di atas, ada beberapa cara lain juga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki, yaitu:

1. Wanita Harus Orgasme

Orgasme yang dialami oleh wanita akan memicu produksi cairan vagina bersifat basa dan membantu sperma kromosom Y bertahan hidup lebih. 

Cara kerjanya dengan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma pembawa kromosom X.

2. Penetrasi Lebih Dalam

Ini bisa dilakukan dengan posisi seks doggy atau woman on top. Penetrasi yang dalam dapat membantu Anda memperoleh anak laki-laki.

Pasalnya, sperma kromosom Y memiliki kecepatan renang yang lebih cepat daripada sperma kromosom X.

Tidak hanya itu, diketahui bahwa lingkungan vagina terluar dekat “pintu masuk” memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yang tidak bersahabat bagi kromosom Y.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Kehamilan Kembar yang Perlu Ibu Tahu

Cara terakhir yang bisa ditempuh untuk mendapatkan bayi laki-laki adalah dengan program bayi tabung atau inseminasi. Sayangnya, program bayi tabung masih tergolong mahal, sehingga tak dapat dijangkau semua kalangan masyarakat.

Menginginkan hamil anak laki-laki sah saja. Menggunakan kalender masa subur dinilai bisa membantu untuk bisa hamil anak laki-laki. Namun demikian tetap perlu diingat bahwa bagaimanapun manusia berusaha, hasilnya mungkin saja tak sesuai dengan harapan.

Baik hamil anak laki-laki maupun perempuan merupakan kejutan manis yang patut disyukuri. Orangtua perlu mencurahkan cinta dengan tulus tanpa membedakan.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter seputar isu kehamilan melalui fitur LiveChat.

(OVI/JKT)

Masa SuburKehamilanAnak Laki

Konsultasi Dokter Terkait