Sukses

Ingin Hamil Anak Laki-laki? Kalender Masa Subur Bisa Membantu

Kalender masa subur memiliki banyak manfaat bagi pasangan suami istri. Salah satunya jika Anda menginginkan hamil anak laki-laki.

Klikdokter.com, Jakarta Kalender masa subur adalah tanggalan yang digunakan untuk mencatat siklus menstruasi selama beberapa bulan, sehingga penggunanya bisa menentukan masa subur dan ovulasi. Selain dapat membantu mengetahui kapan masa subur dan tak subur bagi yang ingin hamil maupun tidak, kalender masa subur juga bisa membantu Anda yang menginginkan kehamilan anak laki-laki?

Meski sebetulnya jenis kelamin bukanlah masalah utama, tapi banyak orang tua yang punya preferensi sendiri. Misalnya menginginkan anak laki-laki sebagai anak pertama atau mungkin saja ingin semua anaknya laki-laki. Nah, jika Anda demikian, kalender masa subur bisa membantu.

Perlu untuk diketahui bahwa kesempatan untuk hamil anak laki-laki dan perempuan sama besarnya, yaitu 50:50. Ibu membawa kromosom X, yang nantinya akan bertemu dengan kromosom yang dibawa oleh sperma ayah ketika membuahi sel telur. Kromosom pada sperma ayah inilah yang menentukan apakah kelak bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Jika kromosom yang diberikan sperma ayah adalah kromosom Y, maka bayi yang dikandung akan berjenis kelamin laki-laki. Jika yang diberikan adalah kromosom X, maka wanita akan hamil anak perempuan. Jenis kromosom yang berhasil membuahi sel telur bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yang salah satunya adalah waktu berhubungan seksual.

Peran kalender masa subur untuk bisa hamil anak laki-laki

Melakukan pengaturan waktu berhubungan seksual dikaitkan dengan waktu terjadinya ovulasi. Sperma yang membawa kromosom Y biasanya lebih ringan dan bergerak lebih cepat, tetapi lebih rentan terhadap pH asam dan berumur lebih pendek. Inilah mengapa melakukan hubungan seksual yang berdekatan dengan masa ovulasi memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menghasilkan anak laki-laki.

Ovulasi terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya plus minus 1 hari. Nah, di sinilah peran kalender masa subur untuk membantu Anda mengetahui kapan waktu ovulasi.

Lantas, bagaimana jika haid tidak teratur?

Memang terkadang perhitungan masa subur dan ovulasi ini menemui kendala pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Namun, jangan khawatir, karena saat ini terdapat alat deteksi ovulasi yang dijual di pasaran. Selain menggunakan alat tersebut, Anda juga bisa mengetahui masa ovulasi dengan mengukur suhu basal tubuh saat bangun tidur. Suhu basal pada saat ovulasi awalnya akan menurun, kemudian meningkat dan menetap pada suhu 37 derajat Celcius hingga siklus menstruasi berikutnya. Anda juga bisa mengecek lendir serviks, dengan tanda produksi lendir meningkat dengan tekstur yang lebih kental.

1 dari 2 halaman

Cara alami lainnya untuk bisa hamil anak laki-laki

Selain dengan cara di atas, ada beberapa cara lain juga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki, yaitu:

  • Wanita harus orgasme

Orgasme yang dialami oleh wanita akan memicu produksi cairan vagina bersifat basa, yang bisa membantu sperma kromosom Y bertahan hidup lebih. Cara kerjanya adalah dengan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi sperma pembawa kromosom X.

  • Penetrasi lebih dalam

Ini bisa dilakukan dengan posisi seks doggy atau woman on top. Penetrasi yang dalam dapat membantu Anda memperoleh anak laki-laki. Pasalnya, sperma kromosom Y miliki kecepatan renang yang lebih cepat daripada sperma kromosom X.

Tak hanya itu, diketahui bahwa lingkungan vagina terluar dekat “pintu masuk” memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yang tidak bersahabat bagi kromosom Y.

Cara terakhir yang bisa ditempuh untuk mendapatkan bayi laki-laki adalah dengan program bayi tabung atau inseminasi. Sayangnya, program bayi tabung masih tergolong mahal, sehingga tak dapat dijangkau semua kalangan masyarakat.

Menginginkan hamil anak laki-laki sah saja. Menggunakan kalender masa subur dinilai bisa membantu untuk bisa hamil anak laki-laki. Namun demikian tetap perlu diingat bahwa bagaimanapun manusia berusaha, hasilnya mungkin saja tak sesuai dengan harapan. Baik hamil anak laki-laki maupun perempuan, itu merupakan kejutan manis yang patut disyukuri dan mencurahkan cinta dengan tulus tanpa membedakan.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar