Sukses

3 Cara Sederhana Hilangkan Jerawat Membandel

Jerawat membandel Anda bisa diatasi dengan cara-cara sederhana ini. Yuk, coba resepnya di rumah!

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat kadang muncul tak terduga. Meski kecil, mereka tetap bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Bila sedang berjerawat, tentu Anda akan berusaha mencari cara yang paling efektif untuk menghilangkannya.

Untuk mengatasi jerawat, pada umumnya dokter akan memberikan antibiotik ataupun pengobatan topikal tertentu. Namun beberapa cara sederhana ini juga bisa membantu hilangkan jerawat membandel.

  1. Mengoleskan tea tree oil

Tea tree oil didapat dari ekstraksi daun pohon Melaleuca alternifolia, yang banyak terdapat di Australia. Menurut studi yang dimuat di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, disebutkan bahwa mengoleskan gel tea tree oil empat kali sehari terbukti efektif mengurangi derajat keparahan lesi jerawat dan enam kali lebih efektif untuk mengurangi jerawat dibandingkan plasebo.

Tinjauan pustaka lain yang dipublikasikan oleh American Society of Microbiology menyatakan bahwa tea tree oil dapat membantu meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri P. acnes dan S. epidermidis penyebab jerawat.

Tea tree oil juga bisa menjadi alternatif obat jerawat benzoyl peroksida yang sering kali menimbulkan keluhan kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar. Meski dapat mempercepat penyembuhan jerawat, penggunaan tea tree oil pada beberapa orang juga bisa memicu iritasi dan risiko alergi.

  1. Menggunakan teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer di Indonesia. Seperti sudah Anda ketahui, teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of Bioscience and Bioengineering, teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang dapat mengatasi peradangan dan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, teh hijau tinggi akan kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat mengurangi peradangan, mengurangi produksi minyak di kulit, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes penyebab jerawat.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Drugs in Dermatology menunjukkan bahwa responden yang mengoleskan ekstrak teh hijau 2-3% pada kulit mengalami penurunan produksi minyak di kulit secara signifikan. Peradangan jerawat mereka juga tampak berkurang.

  1. Mengaplikasikan gel lidah buaya

Sudah turun temurun lidah buaya digunakan sebagai bahan alami untuk menunjang kesehatan rambut hingga kulit. Kandungan dalam lidah buaya terdiri atas mineral (zat besi, magnesium, selenium), enzim, dan vitamin (B2, B6, E dan C).

Lidah buaya berkhasiat sebagai antiperadangan, antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel. Studi yang dipublikasikan di Indian Journal of Dematology menyebutkan bahwa ketika diaplikasikan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi bakteri, serta mempercepat penyembuhan luka.

Oleh karena itu, tak heran lidah buaya banyak digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan luka bakar. Selain itu, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam sinamat, fenol, dan sulfur yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Meski cara-cara sederhana tersebut dapat membantu penyembuhan jerawat, mengombinasikannya dengan obat-obatan topikal medis juga diperlukan. Namun ada baiknya sebelum mengoleskan produk tertentu (termasuk bahan alami sekalipun), Anda berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis kulit. Dikhawatirkan Anda tidak cocok dengan kandungan dalam bahan alami tersebut sehingga memicu reaksi alergi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar