Sukses

Bosan Air Putih? Coba 4 Alternatif Pengusir Dehidrasi Ini

Untuk terhindar dari dehidrasi, Anda harus minum air putih. Tapi jika Anda sedang bosan, ini alternatif lain agar tetap terhidrasi.

Klikdokter.com, Jakarta Minum air putih sangat penting untuk menghindarkan diri dari dehidrasi. Tapi mungkin saja Anda bosan dengan air putih yang tidak memiliki rasa, dan butuh hal yang baru sambil tetap terhidrasi. Ada beberapa alternatif yang bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda selain air putih.

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa Anda perlu asupan air putih dalam sehari setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas. Jika di bawah itu, Anda terancam mengalami dehidrasi. Salah satu masalah kesehatan jika Anda mengalami dehidrasi adalah badan bisa lemas.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, air merupakan salah satu komponen penting penyusun tubuh. Sebanyak 60 persen tubuh orang dewasa terdiri dari cairan. Pada anak kecil, air memenuhi 75 persen dari komponen penyusun tubuhnya. “Tak heran, ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, badan akan menjadi lemas,” ujarnya.

Jika badan sudah lemas, Anda tentu akan kesulitan melakukan aktivitas fisik. Bahkan, kalau dehidrasinya sudah sampai tingkat berat, Anda bisa mengalami kram otot, kebingungan, sampai gagal ginjal. Namun, orang kerap menyepelekan kondisi ini. Mungkin ada faktor malas atau bosan juga dengan air putih yang rasanya begitu-begitu saja alias datar.

1 dari 2 halaman

Cari alternatif lain untuk tetap terhidrasi

Jika air putih membosankan bagi Anda, cobalah cari alternatif lain untuk membuat kondisi tubuh tetap terjaga. Tapi yang pasti, pilihlah cairan yang juga baik bagi tubuh. Berikut beberapa asupan cairan yang bisa Anda coba, seperti dilansir Livestrong dan sumber lainnya:

1. Air kelapa

Air kelapa sudah lama dimanfaatkan sebagai pelepas dahaga yang baik. Banyak juga air kelapa yang kini dijadikan minuman kemasan. Setiap 8 ons air kelapa yang diambil langsung dari kelapa ternyata menghasilkan jumlah elektrolit yang signifikan, termasuk 250 miligram sodium, 45 miligram fosfor, 600 miligram kalium, dan 60 miligram magnesium.

Cobalah untuk minum yang langsung dari kelapa, bukan kemasan. Air kelapa bermanfaat melembapkan tubuh sekaligus memberikan nutrisi bermanfaat lainnya, seperti vitamin, antioksidan, dan asam amino.

2. Teh

Teh adalah minuman bebas kalori dan mengandung antioksidan, agen yang memerangi radikal bebas di tubuh Anda. Antioksidan dalam teh meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menetralkan sel-sel kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mencegah pembentukan gumpalan darah.

Namun, teh tetap memiliki kekurangan. Di dalam teh mengandung kafein dalam jumlah yang signifikan. Kafein bertindak sebagai diuretik sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Cobalah teh tanpa kafein untuk membantu melembabkan tubuh Anda. Juga, batasi gula ketika hendak meminum teh.

3. Infused water

Infused water selalu menjadi favorit bagi mereka yang bosan dengan air putih. Seperti yang sudah Anda tahu, infused water adalah air putih dengan tambahan irisan buah-buahan, rempah-rempah, atau sayuran. Meski hampir sama seperti air putih, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter mengatakan bahwa istilah “infused water” terkadang dapat menarik minat orang untuk lebih banyak minum air.

“Hal ini sangat penting, karena masih banyak orang yang malas minum air. Dengan penyajian infused water yang lebih menarik, rasa yang lebih bervariasi, dan tetap rendah kalori, diharapkan orang-orang akan lebih tertarik untuk minum air dalam jumlah cukup setiap hari,” ujar dr. Karin.

4. Semangka

Ya, buah ini terkenal mengandung banyak air. Semangka bisa memuaskan dahaga Anda sekaligus membantu mengisi kembali cairan tubuh. “Sekitar 92% kandungan semangka adalah air,” lapor Julie Garden-Robinson, Spesialis Makanan dan Gizi di Layanan Penyuluhan North Dakota University, Amerika Serikat.

Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan tiamin, yang tidak ditemukan secara alami dalam air minum. Selain itu, buah ini memiliki antioksidan yang kuat, seperti likopen dan beta-karoten, yang membantu memerangi radikal bebas. Anda bisa memakan semangka dalam irisan atau mencairkannya untuk minuman yang menyegarkan.

Itu adalah beberapa alternatif yang bisa Anda coba jika sedang bosan dengan air putih dan tak ingin dehidrasi. Keempat cairan tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda per hari. Pada kondisi normal, WHO merekomendasikan pria dewasa untuk minum setidaknya 2.5-2.6 liter cairan atau setara 8 gelas air putih setiap hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan sekitar 2.3 liter cairan atau setara 7 gelas air setiap hari.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar