Kesehatan Umum

Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?

Klikdokter, 23 Agt 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Sebagian pelaku diet memilih makan buah sebelum tidur agar kenyang tanpa takut gemuk. Adakah efek samping kebiasaan tersebut bagi tubuh?

Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?

Sebagian besar pelaku diet terbiasa makan buah sebelum tidur sebagai pengganti makan berat di malam hari. Sebab, selain rasanya segar, buah juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan bisa lebih mengenyangkan ketimbang sayur-sayuran.

Sayangnya, pamor makan buah untuk diet sempat “tercoreng” akibat info yang menyebut makan buah di malam hari justru dapat memberikan efek negatif bagi tubuh. Bagaimana medis menanggapi hal tersebut? Yuk, ketahui faktanya di bawah ini.

Adakah Manfaat dan Risiko Makan Buah Sebelum Tidur?

Kebanyakan Makan Buah, Apa Bahayanya? (RossHelen/Shutterstock)

Makan buah sebelum tidur boleh-boleh saja. Namun, waktu konsumsinya harus diperhatikan.

Artikel lainnya: Mitos dan Fakta Seputar Cara Makan Buah

Soalnya, sebelum tidur, lambung harus melalui proses pengosongan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan masalah pencernaan, seperti gangguan asam lambung yang mungkin dapat mengganggu kualitas tidur kamu. 

Misalnya, bila kamu terbiasa tidur jam 10 malam, kamu harus makan buah sekitar jam 6-7 malam. Sebab, lambung butuh waktu setidaknya 3-4 jam untuk mencerna dan melakukan pengosongan.

Nah, jika kamu mengonsumsi banyak buah pukul 21.30, lalu kamu tidur pukul 22.00, buah-buahan yang ada di dalam perut kamu belum tercerna sempurna sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan.

Dalam posisi berbaring, asam lambung akan naik ke kerongkongan sehingga menciptakan rasa nyeri dan sensasi terbakar. Bukan manfaat sehat yang didapat, justru nyeri perut dan gangguan tidur yang kamu rasakan.

Meski begitu, beberapa buah dapat dikonsumsi sebelum tidur dengan tujuan memperoleh kualitas tidur yang baik. Beberapa buah memiliki efek melatonin-promoting yang dapat membantu kamu tidur lebih lelap dan berkualitas. 

Pilihan Buah yang Bisa Dimakan Sebelum Tidur

Mau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini

Selain waktu makan, sebaiknya perhatikan jenis buah yang kamu konsumsi di malam hari, terutama yang mengandung banyak gula. 

Beberapa buah tinggi gula dapat memicu perasaan kembung. Buah yang dimaksud, antara lain mangga, pir, anggur kering, dan apel.

Agar manfaat makan buah sebelum tidur bisa diperoleh, pilihlah buah yang dapat membantu tidur kamu jadi lebih pulas di bawah ini:

1. Ceri

Ceri dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk tidur karena secara alami mengandung melatonin. Mengonsumsi buah ceri secara langsung atau dibuat jus dapat membantu tidur lebih berkualitas.

Artikel lainnya: Inilah Batasan Makan Buah Sesuai Anjuran Medis

2. Pisang

Pisang adalah buah yang disukai banyak orang. Meski umumnya dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan, pisang ternyata bermanfaat dikonsumsi sebelum tidur. 

Soalnya, pisang mengandung banyak magnesium yang dapat membuat tubuh lebih relaks. Tak heran, kamu dapat tidur lebih mudah usai makan buah pisang sebelum tidur.

3. Kiwi

Menurut penelitian yang dimuat Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, makan buah kiwi di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Peneliti menemukan orang yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur tertidur lebih cepat, lebih lama, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

4. Alpukat

Kekurangan magnesium dapat membuat kamu mengalami insomnia dan terjaga saat tidur di malam hari. Alpukat kaya magnesium yang dikenal sebagai mineral yang bermanfaat untuk mendukung kualitas tidur. 

Makan alpukat sebelum tidur dapat membuat kamu terlelap lebih nyenyak dan bangun dengan perasaan lebih segar.

Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan makan buah sebelum tidur. Namun, kamu harus memperhatikan jeda waktu antara konsumsi buah dengan jam tidur kamu. 

Jenis buah yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan, terutama bagi kamu yang memiliki perut sensitif. #JagaSehatmu dengan memilih buah yang aman untuk pencernaan dan rendah gula sehingga bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Apabila kamu punya masalah pencernaan lainnya, tanyakan langsung melalui fitur konsultasi dokter online di KlikDokter. Ikuti terus informasi seputar kesehatan terkini dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

(ADT/JKT)

Referensi:

Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Diakses 2022. Effect of kiwifruit consumption on sleep quality in adults with sleep problems. 

buah

Konsultasi Dokter Terkait