Sukses

Sakit Radang Tenggorokan, Bolehkah Konsumsi Makanan Manis?

Saat sedang sakit radang tenggorokan, Anda kerap tidak dibolehkan mengonsumsi makanan manis. Bagaimana fakta medisnya?

Klikdokter.com, Jakarta Radang tenggorokan adalah penyakit yang umum terjadi. Tenggorokan gatal, kering, dan terkadang perih adalah gejala yang sering dialami. Saat tenggorokan sedang sakit seperti ini, konsumsi makanan manis sering kali tak diperbolehkan karena katanya bisa bikin sakit tenggorokan makin parah. Benarkah demikian?

Saat Anda terkena radang, tenggorokan akan sakit dan sulit untuk menelan. Agar bisa lekas sembuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat. Tak hanya demi mengurangi rasa sakit, tapi juga mempercepat proses pemulihan. Bagaimana dengan makanan yang manis-manis?

Bolehkah makan yang manis-manis saat sedang radang tenggorokan?

Gula adalah makanan yang bersifat asam di dalam tubuh yang menyebabkan ketidakseimbangan asam basa tubuh. Jenis gula yang paling buruk adalah gula putih halus dan gula yang tersembunyi dalam kue, biskuit, puding, permen, dan lain-lain.

Patogen (bahan yang menimbulkan infeksi) menyukai lingkungan asam dan berkembang dengan ketidakseimbangan asam basa dalam tubuh. Karena keasaman menyebabkan peradangan, individu dengan kecenderungan keasaman berlebih rentan terhadap semua jenis iritasi, seperti iritasi tenggorokan, kulit, nyeri dan nyeri sendi, dan sebagainya. Oleh karena itu, pada kasus ini makanan manis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis makanan yang harus dihindari saat radang tenggorokan

Saat sedang radang tenggorokan, baiknya Anda “libur” dulu dari beberapa jenis makanan ini:

  • Buah dan jus jeruk. Meski dikira berkhasiat karena tinggi vitamin C, tapi Anda sebaiknya menghindarinya. Konsumsinya bisa bikin sakit tenggorokan makin parah karena sifatnya yang asam, sehingga dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.
  • Susu. Siapa bilang secangkir susu hangat bisa meredakan radang tenggorokan? Sebaliknya, minum susu saat tenggorokan meradang justru bisa bikin sakit makin menyiksa.
  • Kopi. Ngopi mungkin bisa melegakan tenggorokan, tapi itu hanya sementara. Efeknya kemudian dapat menyebabkan tenggorokan jadi gatal dan sakit. Kandungan kafein pada kopi juga diketahui bisa memperparah rasa sakit di tenggorokan.
  • Jus tomat dan saus. Sifat asam dari tomat bisa menjadikannya pilihan yang buruk bila Anda sedang radang tenggorokan.
1 dari 2 halaman

Beberapa jenis makanan manis boleh dikonsumsi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan manis diketahui bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Lantas, apakah ini artinya semua makanan manis dilarang saat sedang radang tenggorokan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa konsumsi makanan manis di bawah ini:

  • Jus delima. Penelitian menunjukkan bahwa jus ini dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan.
  • Pisang. Buah yang manis, bertekstur lembut, dan menyehatkan ini baik aman untuk dikonsumsi saat sedang sakit tenggorokan.
  • Madu. Madu bisa memberikan kenyamanan pada tenggorokan, sekaligus menenangkannya. Peneliti menemukan bahwa pemanis alami ini efektif untuk memerangi infeksi dan menyembuhkan luka.
  • Smoothie dan yoghurt. Teksturnya yang lembut baik untuk dikonsumsi untuk menenangkan tenggorokan, sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Tips untuk mengatasi sakit radang tenggorokan

Lakukan tips di bawah ini untuk meredakan dan mengatasi radang tenggorokan.

  1. Cukupi asupan cairan. Minum banyak air atau minuman yang tidak mengandung alkohol dapat mencegah dehidrasi, yang bisa membuat tenggorokan terasa lebih sakit.
  2. Berkumur. Berkumur dan membilas tenggorokan dengan air garam hangat dapat mengurangi peradangan. Campurkan garam dan air hangat dalam rasio yang tepat.
  3. Konsumsi makanan dan minuman yang memberi rasa nyaman di tenggorokan. Hindari makanan dan minuman panas yang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan tambahan.
  4. Obat batuk atau permen pelega tenggorokan. Obat batuk atau permen pereda sakit tenggorokan juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.
  5. Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen dan asetaminofen dapat mengurangi gejala.
  6. Menjaga kelembapan ruangan. Udara kering bisa membuat sakit tenggorokan terasa lebih buruk. Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara.

Kesimpulannya, Anda tetap bisa konsumsi makanan manis saat sedang sakit radang tenggorokan. Namun, tak semua makanan manis aman karena justru dapat memperparah gejala radang tenggorokan. Amannya, konsultasikan dengan dokter agar pengobatan radang tenggorokan bisa optimal.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar