THT

Air Minum Mengandung Mineral Picu Radang Tenggorokan?

Krisna Octavianus Dwiputra, 22 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak sekali penyebab radang tenggorokan. Tapi, apakah benar air minum mengandung mineral picu penyakit ini?

Air Minum Mengandung Mineral Picu Radang Tenggorokan?

Salah satu cairan yang sangat disarankan untuk diminum sehari-hari adalah air putih. Namun, beberapa orang beranggapan kalau air minum yang mengandung mineral dapat memicu radang tenggorokan. Benarkah demikian?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa radang tenggorokan merupakan kondisi ketika tenggorokan Anda mengalami peradangan atau iritasi. Penyebab radang biasanya karena infeksi bakteri atau virus.

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, jenis bakteri yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara itu, jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air.

 

Apakah Air Mineral Picu Radang Tenggorokan?

Menurut penjelasan dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, sebenarnya air putih banyak juga yang mengandung mineral. “Air-air yang dari pegunungan, misalnya, biasanya banyak mengandung mineral. Tapi, itu bukan sesuatu yang memicu radang tenggorokan. Biasanya sifat air yang memengaruhi radang tenggorokan," ujar dr. Nabila.

Sifat air yang dimaksud adalah minuman-minuman manis. Menurutnya, minuman manis bisa membuat kondisi radang tenggorokan Anda semakin parah.

"Misalnya, konsumsi minuman manis. Jika sedang radang tenggorokan, mengonsumsi yang bersifat manis itu bisa memperparah gejala. Tenggorokan bisa gatal dan nantinya akan gampang batuk. Bahkan, bagi beberapa orang, teh manis juga bisa langsung memicu batuk," ujar dr. Nabila.

Di sisi lain, minuman yang bisa menyebabkan radang tenggorokan adalah jenis alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan mampu membuat kering area tenggorokan dan dapat memicu radang tenggorokan.

Artikel Lainnya: Awas, Minuman Manis Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah

 

Jangan Lupa Banyak Minum

Sementara itu, dr. Nabila Viera menyarankan Anda yang sedang menderita radang tenggorokan untuk banyak mengonsumsi air putih. Jika sehari-hari saja disarankan sekitar 2 liter atau 8 gelas, maka ketika sakit radang tenggorokan jangan sampai di bawah itu.

Pasalnya jika kurang, Anda akan mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi akan membuat tenggorokan Anda kering dan memperberat kondisi radang tenggorokan Anda.

"Minum air putih yang banyak. Sebenarnya, saat radang tenggorokan tetap minum seperti hari-hari biasa, 2 liter per hari," ucap dr. Nabila Viera lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air jahe hangat, kencur, dan berkumur air garam untuk meredakan radang tenggorokan. Selain minuman, perhatikan juga makanan yang hendak Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan dapat makin mengiritasi tenggorokan, seperti roti kering, makanan ringan seperti keripik kentang dan popcorn, sayuran mentah, serta buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

Jadi, tak ada masalah bila Anda minum air yang mengandung mineral karena tidak memicu radang tenggorokan. Bila Anda sedang radang tenggorokan, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar kondisi radang tidak semakin berat. Hindari pula makanan-makanan yang dapat membuat radang Anda semakin menjadi.

[HNS/ RVS]

minuman manisInfeksi bakteritenggorokanradangAir Putihair minumvirusRadang Tenggorokan