HomeInfo SehatTHTBenarkah Gangguan Pendengaran Bisa Picu Vertigo?
THT

Benarkah Gangguan Pendengaran Bisa Picu Vertigo?

dr. Andika Widyatama, 22 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vertigo bisa dipicu oleh berbagai hal. Apakah gangguan pendengaran adalah salah satunya? Ini dia fakta medis selengkapnya.

Benarkah Gangguan Pendengaran Bisa Picu Vertigo?

Vertigo merupakan keadaan ketika Anda merasa pusing berputar atau lingkungan di sekitar seakan berputar. Jika sudah terjadi, keadaan tersebut bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman, karena setiap orang yang mengalaminya akan mengalami gangguan keseimbangan.

Saat vertigo menyerang, orang yang mengalaminya tak hanya merasakan pusing berputar. Mereka umumunya juga merasakan gejala penyerta, seperti mual, muntah, gangguan fungsi pendengaran, telinga berdenging, gangguan fungsi penglihatan, kesulitan berbicara, penurunan kesadaran, kelemahan pada tungkai, dan nistagmus alias pergerakan mata yang cepat dari ke kiri ke kanan atau ke atas ke bawah secara tidak sadar.

Faktanya, vertigo hanyalah sebuah gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Dengan kata lain, terdapat berbagai macam penyakit yang dapat menimbulkan gejala vertigo. Lantas, benarkah gangguan pendengaran adalah salah satu penyakit yang dimaksud?

Gangguan Pendengaran dan Vertigo

Vertigo dibagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo sentral dan vertigo perifer.

Vertigo sentral

Vertigo sentral adalah keluhan yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem saraf pusat atau otak, seperti trauma kepala, tumor otak, migrain, dan stroke.

Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah keluhan yang disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga bagian dalam, misalnya peradangan labirin telinga (labirinitis), benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), peradangan saraf telinga dalam (vestibular neuritis), atau penyakit meniere.

Di antara keduanya, vertigo sentral umumnya memiliki tingkat keparahan yang lebih berat dibandingkan dengan vertigo perifer. Hal ini khususnya terjadi jika penyakit yang mendasari gejala vertigo tidak segera diatasi.

Gangguan Fungsi Pendengaran

Bagaimana dengan gangguan pendengaran? Apakah termasuk penyebab vertigo? Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, gejala vertigo dapat disertai gangguan fungsi pendengaran. Kondisi itu terjadi karena salah satu penyebab vertigo adalah gangguan pada telinga bagian dalam, yang juga berhubungan dengan fungsi pendengaran.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita, salah satu penyebab dari vertigo adalah masalah pada telinga bagian dalam. Nah, beberapa kondisi yang rentan memicu vertigo adalah sebagai berikut:

  • BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). Kondisi ini terjadi ketika partikel kalsium kecil (kanalit) menumpuk pada kanal telinga bagian dalam, yang seharusnya memiliki tugas mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh yang berhubungan dengan gravitasi, sehingga mengatur keseimbangan tubuh.
  • Penyakit Meniere. Kelainan ini terjadi akibat menumpuknya cairan dan perubahan tekanan dalam telinga, yang selain memicu vertigo juga dapat menyebabkan telinga berdenging serta menurunnya pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirinitis. Kondisi ini terkait dengan infeksi virus, yang menyebabkan peradangan sekitar saraf yang bekerja mengatur keseimbangan tubuh.

Artikel lainnya: Gejala Vertigo Bisa Diatasi dengan Meditasi?

Penanganan Vertigo Harus Sesuai dengan Penyebabnya

Sebagai penilaian awal, vertigo yang disertai gangguan pendengaran memang dapat dicurigai sebagai gejala dari adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa keadaan tersebut juga berhubungan dengan gangguan di otak atau sistem saraf pusat, sehingga perlu ditelusuri lebih lanjut melalui pemeriksaan dokter.

Pada dasarnya, penanganan vertigo harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Contoh, pada vertigo disertai gangguan pendengaran yang disebabkan oleh peradangan labirin telinga (labirinitis), yang harus diobati adalah peradangannya.

Pengobatan biasanya akan diberikan tergantung penyebab peradangan, apakah ada infeksi bakteri atau virus. Jika terdapat infeksi bakteri, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan golongan antibiotik.

Nah, sekarang sudah jelas bahwa gangguan pendengaran bukanlah pemicu vertigo. Sebab, gangguan pendengaran hanyalah gejala yang dapat menyertai keluhan vertigo. Terlepas dari itu, jika Anda mengalami vertigo dengan atau tanpa adanya gangguan pendengaran, segeralah berobat ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat. Semakin dini dideteksi dan diobati, kemungkinan untuk kembali pulih akan semakin besar.

(NB/ RVS)