Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi10 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan Tubuh

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 23 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Garam epsom adalah salah satu jenis garam yang memiliki beragam khasiat. Apa saja manfaat garam epsom untuk kesehatan? Mari simak di sini!

10 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan Tubuh

Garam epsom adalah salah satu jenis garam yang kini juga cukup populer. Meski terlihat sama seperti garam pada umumnya, garam ini tidak digunakan untuk memasak. 

Garam yang berasal dari Epsom, Inggris, ini biasa dipakai sebagai campuran air berendam. Manfaat garam epsom dipercaya membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Kandungan garam epsom berbeda dari garam dapur atau garam memasak lainnya. Garam ini terdiri dari campuran dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat dan oksigen. Rasanya pun cenderung pahit, bukan asin.

Selain dilarutkan di bak mandi, beberapa orang melarutkannya di dalam segelas air dan mengonsumsinya. Namun, tidak semua orang boleh mengonsumsi garam epsom, contohnya pengidap penyakit ginjal atau penyakit jantung, wanita hamil, dan anak-anak.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pun belum sepenuhnya menyetujui konsumsi garam epsom. Jadi, tidak ada pedoman resmi mengenai dosis atau cara mengonsumsinya. 

Secara umum, berikut beberapa manfaat garam epsom untuk kesehatan:

1. Mengatasi Sulit Tidur

Garam epsom dipercaya dapat membantu mengatasi kondisi sulit tidur. Kandungan magnesium di dalam garam ini dipercaya dapat merangsang tubuh untuk cepat terlelap.

Magnesium garam epsom dinilai dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin. Magnesium juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat tubuh lebih relaks dan mudah tertidur.

2. Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Kebiasaan Sehari-hari yang Memicu Nyeri Otot

Khasiat garam epsom diketahui juga dapat mengurangi nyeri dan kram otot setelah berolahraga. Khasiat ini datang dari magnesium yang dapat membantu tubuh menyerap gula dan asam laktat. 

Magnesium juga dianggap dapat mengatasi nyeri sendi yang diakibatkan oleh proses peradangan sendi.

Artikel lainnya: Cara Merendam Kaki dengan Air Garam Agar Efektif Atasi Pegal

3. Menebalkan Rambut

Kebotakan atau rambut rontok juga dapat diatasi dengan bantuan garam epsom. Mencuci rambut dengan garam epsom diketahui dapat membantu menambah volume rambut sehingga tampak lebih tebal.

Tak hanya itu, manfaat garam epsom juga dipercaya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala.

Campurkan garam epsom dengan kondisioner. Usapkan di rambut dan biarkan selama 20 menit untuk mendapatkan rambut yang lebih bervolume. 

4. Mengatasi Sembelit

Kandungan magnesium di dalam garam mineral dapat menarik air ke dalam rongga usus. Mekanisme tersebut dapat membuat feses lunak dan melancarkan pergerakan usus, sehingga proses defekasi (buang air besar) menjadi lebih mudah.

Oleh karena itu, garam epsom juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi sembelit. Nah, khusus untuk manfaat ini, biasanya garam epsom perlu diminum. 

Caranya, campurkan 2-6 sendok teh garam epsom ke dalam 1 cangkir air, lalu diminum. Namun, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter dulu sebelumnya, ya.

5. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Setelah berjemur atau bermain di pantai seharian, kulit dapat terbakar akibat paparan sinar matahari. Sifat antiinflamasi di dalam garam epsom bermanfaat meredakan radang dan kemerahan di kulit. 

Campurkan 2 sendok makan garam epsom dengan 1 cangkir air. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke botol semprot kosong. Semprotkan larutan garam epsom ke kulit yang terbakar.

6. Membersihkan Rambut

Jangan Asal! Ini Cara Menyisir yang Benar untuk Mencegah Rambut Rusak (WHYFRAME/Shutterstock)

Garam epsom juga dapat membersihkan rambut dari sisa-sisa zat produk seperti hairspray dan minyak berlebih. 

Campurkan 1 cangkir garam epsom dan jus lemon ke dalam 1 galon air. Tutup dan diamkan campuran selama 24 jam sebelum digunakan. Oleskan ke rambut dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian cucilah seperti biasa. 

Artikel lainnya: Merendam Kaki dengan Air Garam Ternyata Punya Banyak Manfaat

7. Mengatasi Gatal Akibat Serangga

Garam epsom juga mampu mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan ½ cangkir air panas dan ½ cangkir garam epsom ke dalam botol semprot. 

Semprotkan larutan garam epsom tersebut ke kulit yang mengalami gatal.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berendam di bak mandi dengan garam epsom dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena bermanfaat memperlancar aliran darah. 

Selain itu, manfaat garam epsom untuk kesehatan adalah meningkatkan kualitas tidur yang akan membantu tubuh meningkatkan sistem imun. 

9. Meredakan Stres

Stres Traumatis

Magnesium pada garam epsom berkontribusi pada sintesis (perpaduan) dan metabolisme neurotransmitter

Neurotransmitter adalah bahan kimia yang mengangkut sinyal antarneuron atau sel saraf. Pembawa pesan kimia ini memengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk tidur, suasana hati, dan konsentrasi.

Menurut penelitian tahun 2017 di jurnal Nutrients, memiliki kadar magnesium yang rendah dapat membahayakan kualitas tidur dan kemampuan seseorang untuk mengatasi stres. 

Mandi garam epsom dapat membantu kulit menyerap magnesium. Cara ini membantu menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi. 

Artikel lainnya: Sederet Manfaat Mandi atau Berendam dengan Garam Epsom Saat Hamil

10. Meningkatkan Performa Fisik

Beberapa orang mengonsumsi magnesium sebelum berolahraga. Sebab, hal ini dapat membantu menghilangkan asam laktat yang menumpuk di otot selama latihan dan meningkatkan kinerja otot.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2015, para peneliti menemukan konsumsi suplemen magnesium jangka pendek dikaitkan dengan peningkatan kinerja bench-press pada tiga belas atlet. 

Konsumsi magnesium setelah berolahraga diteliti dapat mempersingkat waktu pemulihan dan mencegah nyeri otot.

Meski tergolong aman, kamu harus menggunakan garam epsom secara bijak. 

Ada efek samping garam epsom yang mungkin timbul, antara lain diare, nyeri perut, mengantuk, bercak merah, gatal, sesak napas, bibir bengkak, pusing, perubahan irama jantung, kelemahan otot, berkeringat, hingga pingsan. 

Jika kamu mengalami efek samping tersebut, sebaiknya hentikan penggunaan garam epsom dan segera periksakan diri ke dokter.  

Artikel lainnya: Kudis Bisa Diobati dengan Air Garam, Mitos atau Fakta?

Orang dengan penyakit jantung, diabetes, nyeri perut hebat, konstipasi berat, mual, muntah, perforasi usus, dan radang usus besar harus berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan garam epsom. 

Konsultasi kini lebih mudah dan cepat lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Buat janji untuk pemeriksaan kesehatan juga bisa lebih praktis!

(FR/JKT)

garamGaram epsom

Konsultasi Dokter Terkait