Sukses

4 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan

Salah satu jenis garam yang istimewa adalah garam Epsom. Pernah mendengarnya? Kalau belum, yuk kenali manfaat garam Epsom untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Meski terlihat seperti garam pada umumnya, garam Epsom tidak digunakan untuk memasak. Garam yang berasal dari Epsom, Surrey, Inggris (atau sering disebut garam Inggris) ini cukup populer sebagai campuran untuk berendam setelah menjalani hari yang panjang. Selebritas seperti Gwyneth Paltrow pun diketahui menyenangi garam ini. Yuk ketahui serangkaian manfaat garam Epsom untuk kesehatan!

Garam Epsom memiliki kandungan yang sangat berbeda dari garam dapur atau garam untuk memasak lainnya. Garam Epsom terdiri dari campuran dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat, serta oksigen. Dari segi rasa, garam ini cenderung pahit, bukan asin seperti garam masak lainnya.

Penggunaan garam Epsom umumnya dengan cara dilarutkan di dalam air bak mandi. Ketika dilarutkan dalam air, garam akan melepaskan ion magnesium dan sulfat yang kemudian akan diserap oleh kulit. Selanjutnya, larutan garam tersebut digunakan untuk berendam.

Serangkaian manfaat garam Epsom

Anda dapat melarutkan dua cangkir garam Epsom di dalam air bak mandi, lalu berendam selama minimal 15 menit. Manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain:

  1. Mengatasi sulit tidur

Garam Epsom dipercaya dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan tidur. Kandungan magnesium dalam garam ini dipercaya dapat merangsang Anda untuk tidur. Magnesium tersebut dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang menimbulkan rasa kantuk, yaitu melatonin. Di samping itu, magnesium dalam garam Epsom juga dapat membantu mengurangi stres, sehingga dapat membuat Anda lebih relaks dan mudah tertidur.

  1. Mengatasi nyeri otot dan sendi

Garam Epsom diketahui juga dapat mengurangi nyeri otot dan kram otot setelah berolahraga. Khasiat ini datang dari magnesium yang dapat membantu tubuh dalam menyerap gula dan asam laktat. Selain itu, magnesium juga dipercaya dapat mengatasi nyeri sendiri yang diakibatkan oleh proses peradangan sendi.

  1. Menebalkan rambut

Kebotakan atau rambut rontok juga dapat diatasi dengan bantuan penggunaan garam Epsom. Mencuci rambut dengan garam ini diketahui dapat membantu menambah volume rambut, sehingga rambut terlihat lebih tebal.

Campurkan garam Epsom dengan kondisioner, usapkan di kepala, dan biarkan selama 20 menit untuk mendapatkan rambut yang lebih bervolume. Tak hanya itu, garam Epsom juga dipercaya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala.

  1. Mengatasi konstipasi

Kandungan magnesium dalam garam mineral dapat menimbulkan mekanisme penarikan air ke dalam rongga usus. Mekanisme tersebut dapat membuat feses lebih lunak dan melancarkan pergerakan usus, sehingga proses defekasi (buang air besar) pun menjadi lebih mudah.

Oleh karena itu, garam Epsom juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi konstipasi. Nah, khusus untuk manfaat ini, biasanya garam ini perlu diminum. Caranya, campurkan 2-6 sendok teh garam ke dalam satu cangkir air, lalu minum.

Meskipun memiliki serangkaian manfaat kesehatan dan popularitasnya menanjak karena banyak selebritas yang menggunakannya, nyatanya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat garam Epsom.

Di sisi lain, juga terdapat efek samping penggunaan garam yang mungkin bisa timbul. Di antaranya adalah diare, nyeri perut, mengantuk, bercak merah, gatal, sesak napas, bibir bengkak, pusing, perubahan irama jantung, kelemahan otot, berkeringat, hingga pingsan. Jika Anda merasakan beberapa efek samping ini, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Meski berkhasiat, tapi beberapa orang mungkin kurang cocok dengan garam ini, misalnya kulit menjadi kering. Namun, jangan patah semangat, karena garam juga bisa dicampurkan dengan minyak kelapa atau minyak esensial lainnya.

Cukup banyak juga, ya, manfaat garam Epsom untuk kesehatan?! Meski tergolong aman, Anda tetap harus menggunakannya secara bijak. Anda pun sebaiknya berada dalam pengawasan dokter jika memiliki kondisi kesehatan seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, diabetes, nyeri perut hebat, konstipasi berat, mual, muntah, perforasi usus, dan radang usus besar.

(RN/ RVS)

107 Komentar

  • wheni eka

    Sint voluptatibus ea et quos laborum incidunt voluptatibus. Deserunt repellat iusto corrupti nostrum ratione alias ea. Beatae consequuntur tempora animi a labore.

  • wheni eka

    Mollitia velit ea ratione qui id. Quia consequuntur molestiae praesentium cum. Voluptatem adipisci et reiciendis et velit eum.

  • wheni eka

    Nesciunt quaerat quas accusamus magni quam. Illo consequatur officia magni est harum reiciendis est. Rerum accusantium a eum optio. Illum tenetur consectetur sit unde repellat quos nostrum.