Sukses

10 Alasan Mengapa Anda Mengalami Tangan Gemetar

Setiap orang, pada usia berapa pun, bisa mengalami tangan gemetar. Berikut ini adalah alasan tangan Anda sering gemetaran.

Klikdokter.com, Jakarta Tangan tiba-tiba gemetaran, mungkin dianggap biasa, apalagi jika Anda sedang dalam keadaan gugup. Namun, hal ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu jika Anda sering mengalami tangan gemetar yang tak terkendali, yang sampai mengganggu aktivitas Anda. Ini harus mendapatkan perhatian serius.

Gemetar yang dialami di tangan disebut dengan tremor. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, tremor adalah pergerakan atau kontraksi otot yang menimbulkan osilasi atau getaran ritmis tanpa ada unsur kesengajaan.

"Keadaan ini sering terjadi di bagian tangan, meski tak menutup kemungkinan untuk juga terjadi di berbagai bagian tubuh lainnya seperti lengan, kepala, wajah, kaki, bahkan suara," ujar dr. Astrid.

Selain karena gugup, tremor juga sering muncul sebagai efek samping dari penggunaan obat tertentu. Anda sebaiknya segera memeriksakannya jika keluhan tangan gemetar sudah sangat mengganggu.

Beberapa penyebab tangan sering gemetar

Berikut di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa tangan Anda sering gemetar.

1. Penyakit Parkinson

Pada kondisi ini, tangan yang gemetar diakibatkan karena sel-sel otak yang memerintahkan otot-otot untuk bergerak mengalami kerusakan. Getaran biasanya dimulai di satu sisi, tetapi seiring waktu dapat menyebar ke tangan yang lain. Penyakit ini juga menjadikan pergerakan lebih lambat, terdapat masalah keseimbangan, atau lengan dan kaki menegang.

Perawatan utama untuk tremor penyakit Parkinson adalah pengobatan. Terkadang, operasi juga diperlukan untuk kontrol otot yang lebih baik. Petinju legendaris dengan julukan “The Greatest”, Muhammad Ali, adalah satu dari sekian banyak orang yang menderita penyakit ini.

2. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis atau sklerosis kompleks adalah kondisi rusaknya protein (mielin) yang menyelimuti serabut saraf. Penyakit yang diderita aktris Amerika Serikat Selma Blair ini akan menimbulkan gejala tangan gemetar di tangan atau bagian tubuh lainnya.

3. Hipertiroidisme

Tangan yang gemetar bisa jadi merupakan tanda Anda mengalami hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif. Ini berarti kelenjar tiroid bekerja terlalu keras dan meningkatkan detak jantung Anda.

4. Terlalu banyak kafein

Diketahui sebagai stimulan, kafein adalah bahan kimia alami yang membantu Anda terjaga, sekaligus juga bisa bikin tangan gemetaran jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Tak cuma kopi, kafein juga bisa ditemukan dalam obat sakit kepala yang dijual bebas, cokelat, minuman berenergi, dan minuman bersoda.

5. Kecanduan alkohol

Jika Anda kecanduan alkohol, gejala tangan gemetar bisa terjadi ketika Anda berhenti mengonsumsinya. Ini bisa terjadi setelah “absen” selama 10 jam setelah minuman terakhir, dan bisa berlangsung selama beberapa minggu. Beberapa program detoksifikasi dengan obat-obatan yang dipantau dokter bisa membantu mengatasi alcohol withdrawal (sindrom putus alkohol).

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Kurang tidur

Ibarat mobil yang tak akan bisa jalan tanpa bahan bakar, Anda pun tak akan bisa mengandalkan otak untuk bekerja dengan baik tanpa tidur. Ketika Anda kurang tidur, otak bisa secara keliru memerintah tangan untuk gemetar. Ini bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas tidur Anda.

7. Gula darah rendah

Saraf dan otot membutuhkan tenaga dari gula darah. Jika keduanya tak mendapatkan cukup gula akibat gula darah rendah atau hipoglikemia, tangan akan gemetar. Segera tingkatkan gula darah untuk mengatasinya dengan konsumsi 15-20 gram gula. Misalnya lewat seperempat cangkir kismis kering atau segelas susu kedelai.

8. Stres

Saat sedang stres, saraf menjadi terlalu “bersemangat”—tangan menjadi gemetar dan jantung berdetak kencang. Atasi dan hilangkan stres dengan meditasi, melakukan teknik pernapasan tertentu, atau me-time dengan melakukan hobi atau perawatan diri.

9. Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Defisiensi vitamin B12 bisa menyebabkan tangan Anda gemetar atau membuat lengan dan kaki Anda terasa kebas.

10. Gangguan di otak

Jika Anda mengalami stroke atau cedera otak traumatis, otot-otot di tangan Anda bisa gemetaran. Jauhi kafein, nikotin, atau apa pun yang membuat gejala lebih buruk.

“Kebiasaan dan gaya hidup tak sehat seperti membiarkan perut kosong (lapar dan terlambat makan), merokok, terlalu banyak minum kopi, serta kelelahan kurang istirahat juga bisa mengakibatkan tremor,” tambah dr. Astrid.

Jika tangan gemetar tiba-tiba dalam waktu singkat atau disertai gejala lain, segera periksakan diri ke dokter. Beberapa tes mungkin diperlukan untuk mendeteksi adanya gangguan yang mendasari kejadian tangan yang sering gemetar.

(RN/ RVS)

47 Komentar

  • A ducimus earum distinctio magni. Sequi fugit deleniti eaque et velit vitae. Doloribus ut maiores non sint. Impedit eum nisi quisquam magnam et soluta alias.

  • Sed dolor ut iusto vel atque. Expedita consequatur eum maiores consequatur. Nam eum vero est iusto voluptatibus et minus. Deserunt velit mollitia ut est dolore corporis saepe.

  • Muhammad Fauzan Raspati

    Vel voluptatum cumque consequuntur iusto molestias. Eos quam a et tempore dolores. Vel non quos quam eum deserunt. Et doloribus et nihil a cupiditate dolor temporibus.