Sukses

4 Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Malas Ke Dokter Gigi

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi penting untuk memantau kesehatan gigi dan mulut.

Klikdokter.com, Jakarta Jadwal yang sibuk sering kali menjadi kendala bagi seseorang untuk memeriksakan gigi secara rutin. Atau bisa juga karena takut dengan dokter gigi. Padahal dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, masalah pada gigi dan mulut dapat terdeteksi sedini mungkin dan segera teratasi dengan maksimal.

The American Dental Association merekomendasikan setiap orang untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setiap tahun. Jika Anda sudah memiliki masalah gigi dan mulut, mungkin harus lebih dari itu.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi:

  1. Gigi menjadi bersih

Aktivitas menggosok gigi sebanyak dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi terkadang itu saja tidak cukup, masih saja ada area kecil di mulut yang terlewatkan. Karena itu, Anda harus membersihkannya secara benar dengan teknik yang tepat.

Ketika plak yang menumpuk tidak dibersihkan dengan baik, maka akan berubah lebih padat menjadi karang gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan tanpa bantuan seorang dokter gigi. Dengan berkunjung ke dokter gigi, dokter akan membersihkan plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Selain itu, dokter juga akan menunjukkan cara yang tepat dalam menyikat gigi.

  1. Deteksi kerusakan gigi secara dini

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah untuk menghindari masalah-masalah gigi. Misalnya saja gigi berlubang atau gigi sensitif.

Sekilas, keluhan gigi berlubang mungkin terlihat kecil dan tidak seberapa. Tapi jika dibiarkan begitu saja, tetap akan berbahaya untuk kesehatan gigi maupun organ tubuh lain. Untuk itu, pemeriksaan gigi secara rutin dapat membantu Anda dalam mendiagnosis dan melakukan perawatan gigi secara cepat.

  1. Komplikasi penyakit gusi dapat dihindari

Penumpukan plak dan karang gigi tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi saja, tetapi juga dapat memicu penyakit gusi. Hal ini terjadi ketika penumpukan karang gigi berujung infeksi, yakni saat gusi terhubung ke gigi sehingga membuat perlekatan antara gigi dan gusi lepas.

Bila hal ini dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan, penyakit gusi akan bertambah parah hingga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang yang menahan gigi, dan gigi bisa saja lepas dari tempatnya. Menurut sebuah studi, penyakit gusi diduga berkontribusi terhadap penyakit jantung atau stroke. Dengan mengatasi penyakit gusi secara dini, maka Anda dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut.

  1. Deteksi kanker mulut

Seperti kanker lainnya, kanker mulut adalah penyakit yang sangat serius. Di stadium awal, kanker mulut tidak menunjukkan tanda dan gejala yang gamblang sehingga orang sering kali tidak menyadarinya. Parahnya, kanker mulut ini dapat secara cepat berkembang dan mengancam jiwa.

Dengan teratur memeriksakan diri ke dokter gigi, adanya kanker mulut dapat terdiagnosis sejak dini. Dokter akan melakukan skrining kanker mulut selama kunjungan rutin. Kanker mulut diketahui dapat menyebar dengan cepat, tapi dapat mudah dilawan jika sudah dideteksi selagi tahap awal.

Itulah beberapa alasan pentingnya memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi. Lakukanlah setidaknya dua kali dalam setahun. Dan yang tidak kalah penting, selalu terapkan juga praktik kebersihan gigi dan mulut yang baik di rumah.

[RS/ RVS]

2 Komentar

  • Commodi amet aut dolor fuga cupiditate deserunt quod eligendi. Placeat in sapiente dolores sed. Vitae et sit saepe sit dolor ab modi error.

  • Rofiyatun Hasanah

    Ut omnis in qui rerum. Optio dolores dolorum dolor eius porro. Velit repellat quisquam dolore recusandae tempora. Vel eius ducimus laboriosam et non reiciendis voluptatum.