Sukses

Tanda Awal dari Penyakit Parkinson, Apa Saja?

Penyakit Parkinson merupakan suatu kondisi kesehatan yang menyerang sistem persarafan. Apa saja tanda dan gejala awal penyakit ini?

Klikdokter.com, Jakarta Parkinson merupakan suatu kelainan pada sistem persarafan yang menyerang sekitar 1 persen dari orang yang berusia 65 tahun atau lebih. Tanda dan gejala sakit Parkinson pada umumnya timbul secara perlahan selama bertahun-tahun.

Umumnya, tanda dan gejala awal dari kondisi ini dapat sangat ringan dan terlewatkan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja keluhan yang dapat timbul pada tahap awal penderita Parkinson.

Apa saja tanda dan gejala awal dari penyakit ini? Berikut adalah sebagian dari keluhan yang dapat dialami oleh seseorang dengan penyakit Parkinson:

  1. Tremor

Banyak tenaga kesehatan sepakat bahwa tremor merupakan salah satu tanda khas penyakit Parkinson. Tremor merupakan terdapatnya gemetar yang persisten pada tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Tremor yang timbul pada penyakit Parkinson merupakan “resting tremor”, yang berarti tremor akan berhenti saat seseorang menggerakkan bagian tubuh tersebut.

  1. Kesulitan berjalan

Perubahan pada acara berjalan seseorang juga merupakan salah satu tanda awal penyakit Parkinson. Seseorang dengan kondisi ini biasanya berjalan dengan sangat pelan atau kaki seolah diseret pada saat berjalan.

  1. Tulisan tangan yang kecil dan sempit

Mikrografia, atau tulisan tangan yang sangat kecil dan sempit, merupakan salah satu tanda dari beberapa kelainan sistem persarafan, seperti penyakit Parkinson.

  1. Kehilangan kemampuan menghidu

Hiposmia, atau penurunan kemampuan menghidu, dapat dialami oleh 70-90 persen dari individu dengan penyakit Parkinson. Individu dengan kondisi ini dapat mengalami kesulitan untuk mendeteksi dan membedakan aroma.

  1. Gangguan tidur

Penyakit Parkinson dapat sangat memengaruhi kemampuan seseorang untuk tertidur nyenyak. Individu dengan penyakit Parkinson dapat mengalami berbagai gangguan tidur, termasuk insomnia, rasa lelah yang berlebih pada siang hari, tertidur secara tiba-tiba, dan sebagainya.

  1. Gangguan keseimbangan

Penyakit Parkinson secara spesifik menyerang area basal ganglia di otak, yang mengendalikan keseimbangan dan fleksibilitas. Jadi, adanya kerusakan pada area tersebut dapat mengganggu keseimbangan seseorang.

  1. Pergerakan lambat

Individu dengan penyakit Parkinson juga dapat mengalami kelambatan dalam bergerak, yang dikenal dengan istilah bradykinesia. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa hal, termasuk kekakuan pada lengan dan tungkai.

  1. Kesulitan membuat ekspresi wajah

Individu dengan penyakit Parkinson sering kali mengalami penurunan kemampuan untuk membuat ekspresi wajah, yang dikenal dengan istilah facial masking.

  1. Perubahan vokal

Perubahan pada volume dan nada bicara seseorang juga merupakan salah satu tanda awal dari penyakit Parkinson. Perubahan vokal dapat mencakup berbicara dengan intonasi yang lebih lembut, atau mulai berbicara dengan volume yang standar namun semakin menjadi pelan seiring dengan berlanjutnya pembicaraan.

  1. Postur bungkuk

Individu dengan penyakit Parkinson dapat menyadari terdapatnya beberapa perubahan postur akibat beberapa gejala yang dialaminya, seperti kekakuan pada otot. Individu dengan penyakit Parkinson umumnya akan cenderung membungkukkan badan ke depan.

Terdapat berbagai tanda dan gejala awal yang dapat timbul pada penderita Parkinson. Antara lain, tremor, kesulitan berjalan, serta tulisan tangan yang kecil dan sempit. Mengenali tanda dan gejala awal dari kondisi kesehatan yang satu ini merupakan hal yang penting, agar dapat mendukung deteksi dan penanganan dini. Segera periksakan diri ke dokter, bila Anda, keluarga, atau orang terdekat mengalami tanda awal Parkinson.

[HNS/ RVS]

12 Komentar

  • RizKya Sukma Dewie Yusha

    Non sapiente iste ea reiciendis. Temporibus facilis nostrum aspernatur. Fugiat voluptatem maxime et sit tempora ut. Voluptates et aperiam beatae nostrum nemo consequatur nemo.

  • RizKya Sukma Dewie Yusha

    Et dolores voluptas laudantium in eos. Alias velit autem quisquam. Sunt id explicabo eaque et voluptatem nobis et. Sed itaque et aliquam illo sed. Enim et dicta quas alias in.

  • RizKya Sukma Dewie Yusha

    Beatae nihil reiciendis deserunt necessitatibus temporibus. Nihil quasi officia repellendus nihil laborum iste ducimus eaque. Inventore sunt perspiciatis tenetur at voluptas unde et nam.