Sukses

Susu Full Cream dan Susu Skim, Apa Bedanya?

Meski tampak mirip, susu full cream dan susu skim ternyata memiliki banyak perbedaan. Tahukah Anda apa saja bedanya?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah minum susu. Minuman sehat tersebut memang dapat diandalkan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari siapa saja, dari bayi baru lahir hingga orang lanjut usia.

Fakta menyebut bahwa susu mengandung berbagai gizi yang dapat menunjang fungsi tubuh, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin D, kalsium, fosfor, magnesium, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai kandungan tersebut, susu terbukti dapat menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, menurunkan risiko stroke, menurunkan risiko kanker payudara dan kolon, serta mencegah gigi berlubang.

Jadi, sudahkah Anda rutin minum susu? Jika ya, susu jenis apa yang Anda konsumsi? Apakah susu full cream atau susu skim? Tahukah Anda apa perbedaan dari kedua jenis susu tersebut?

Perbedaan susu full cream dan susu skim

Susu full cream dan susu skim adalah jenis susu yang digolongkan berdasarkan kadar lemak yang ada di dalamnya. Susu full cream memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu skim.

Faktanya, kandungan lemak yang ada pada susu full cream adalah sekitar 3,25%. Selain itu, susu full cream juga memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu skim, yaitu sekitar 150 kkal (kilo kalori) per sajian. Sedangkan, susu skim hanya memiliki kandungan lemak sekitar 0–0,5%.

Lantas, apakah susu full cream bisa meningkatkan risiko penyakit jantung karena mengandung banyak lemak? Tidak! Beberapa penelitian membuktikan bahwa lemak jenuh dalam susu tidak berkontribusi pada terjadinya penyakit jantung.

Lebih dari itu, meski terdapat perbedaan kadar lemak pada susu full cream dan susu skim, keduanya tetap memiliki kandungan gizi hampir serupa. Pada prinsipnya, susu full cream dan susu skim kaya akan manfaat kesehatan. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih untuk mengonsumsi susu full cream ataupun susu skim. Contohnya, susu skim mungkin akan lebih cocok dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan, karena kandungan lemak di dalamnya lebih rendah. Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan, karena susu skim memiliki kandungan gula yang tergolong tinggi.

Nah, itulah sedikit perbedaan antara susu full cream dan susu skim. Mana yang akhirnya menjadi susu favorit Anda? Apakah susu full cream ataukah susu skim? Apa pun pilihan Anda, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi salah satunya, karena mereka memiliki kandungan gizi yang serupa.

Satu hal penting yang perlu Anda ingat, jangan pernah mengonsumsi susu terlalu berlebihan, baik itu susu full cream ataupun susu skim. Hal ini karena susu full cream tinggi akan kandungan lemak, sementara susu skim tinggi kandungan gula. Jika ditanya mana yang terbaik di antara keduanya, Anda sendirilah yang menentukan dan menyesuaikan dengan tujuan awal minum susu secara rutin.

(NB/ RVS)

111 Komentar

  • Anna yulia

    Omnis rerum nisi ea enim consequatur. Praesentium vero officiis mollitia. Debitis maxime eius sed quo eius aut omnis dolorum. Perspiciatis harum ex pariatur sunt architecto.

  • Anna yulia

    Voluptates in ullam quia. Doloremque eius est veritatis maiores accusamus dolor ipsam. In culpa illum magni possimus vel velit qui recusandae.

  • Anna yulia

    Earum facere explicabo et quam. Sit nihil dolore porro. Repellendus corrupti modi est laudantium.