Sukses

5 Tips Jitu Atasi Hidung Tersumbat

Pilek maupun kondisi lain seperti alergi dan sinusitis akut membuat hidung tersumbat. Atasi hidung mampet dengan tips berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hidung meler akibat pilek atau flu sering kali disertai hidung tersumbat. Selain itu, bagi Anda yang memiliki sinusitis akut atau alergi, hidung tersumbang juga tak jarang dialami. Kalau hidung mampet, rasanya tentu tak nyaman. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melegakan hidung mampet.

Saat hidung tersumbat, bernapas (apalagi saat tidur) bisa menjadi tantangan berat. Ikuti tips di bawah ini untuk mengatasi hidung mampet yang Anda alami.

1. Beri pijatan di hidung dan pipi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar ingus lebih mudah dikeluarkan adalah dengan memberikan pijatan lembut di area sinus. Dengan memijatnya, hal itu akan meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di dalamnya.

Lakukan pijatan dengan jari telunjuk, lalu pijat bagian tepi hidung selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah dikeluarkan.

2. Berikan kompres hangat pada hidung

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, cobalah untuk menaruh kompres hangat pada bagian dahi dan hidung.

“Ya, kompres hangat merupakan cara yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus Anda,” jelas dr. Alvin.

Selain melegakan hidung dan membuat lendir lebih mudah dikeluarkan, kompres hangat dapat membuat Anda lebih relaks.

Dikutip dari Reader’s Digest, Anda juga bisa membuat kompres hangat dengan jahe. Caranya, rebus beberapa irisan jahe, lalu rendam waslap dalam air rebusan itu, kemudian aplikasikan pada hidung yang mampet. Dengan merendam waslap dalam air rebusan jahe panas, efek hangat dari waslap cenderung akan lebih lama dan dapat menyingkirkan hidung tersumbat.

3. Hirup uap rebusan herbal

Cara selanjutnya adalah menghirup uap panas dari rebusan herbal yang memiliki aroma khas, seperti thyme dan mint.

Pertama-tama, sediakan mangkuk. Masukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin (atau tiga kantong teh pepermin) ke dalam mangkuk. Kemudian, seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung Anda terasa lebih baik.

Thyme itu sendiri bersifat antibakteri, sedangkan min merupakan dekongestan alami yang dapat melegakan saluran pernapasan—kombinasi keduanya ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat.

Jika thyme tak tersedia, dr. Alvin menyarankan untuk mengganti bahan tersebut dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

4. Konsumsi sup hangat

Saat menyantap sup hangat, umumnya posisi kepala cenderung condong ke depan agar dekat dengan mangkuk sup. Nah, banyak peneliti yang percaya bahwa ini bisa membuat lendir mudah keluar. Uap yang keluar dari sup pun bisa membantu melancarkannya.

Tak cuma itu, dr. Alvin pun mengatakan bahwa semangkuk sup hangat dapat memberikan efek sugesti emosi yang positif, sehingga tubuh lebih relaks, pikiran pun lebih tenang. Jika konsumsi sup tak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan secangkir teh hangat yang dicampurkan madu, ataupun campuran air jahe dan madu.

5. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengencerkan lendir kental yang menempel di belakang tenggorokan. Selain itu, bila hidung tersumbat juga disertai dengan gejala nyeri tenggorokan atau batuk, larutan garam dapat membantu menghilangkan kuman dan membantu meredakan gejala tersebut.

Sesudah Anda mencoba salah satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasi hidung tersumbat, pastikan Anda tidak terlalu kencang untuk mengeluarkan ingus dari hidung. Sebab, jika dipaksakan, hidung akan terasa sakit dan bisa menyebabkan infeksi (ingus mengeluarkan darah). Perhatikan juga warna lendir dan gejala lain yang muncul. Jika lendir berwarna kuning kehijauan dan timbul demam, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

(RN/ RVS)

2 Komentar

  • Rangkayo Mudo

    Autem nihil aliquid minima commodi eum facere. Labore autem sint pariatur vero minima. Dignissimos omnis possimus sint at quo molestias quo sit.

  • Rangkayo Mudo

    Sapiente repudiandae ratione est ea accusantium voluptatem consectetur porro. Deserunt sunt qui rem quo consequatur eius eius. Tempora reiciendis aspernatur harum adipisci eos.